Sunday, December 31, 2017

6 Tips Liburan ke Semarang Ala Backpacker

Source : Kompas
Apakah Anda pernah melancong atau tinggal sementara di Semarang? Pastinya, saat berada di sana, banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan. Mulai dari menemukan teman-teman baru, berbagai tempat keren, hingga kekhasan cita rasa kuliner. Tentu hal-hal itu menyisakan kerinduan mendalam saat jauh dari Semarang.

Untuk mengobati rasa rindu, cobalah mengunjungi Semarang di akhir pekan. Bujet Anda terbatas? Jangan khawatir, solusi traveling ala backpacker berikut ini bisa meminimalkan pengeluaran selama di kota atlas.

1.        Pilih TransSemarang untuk Keliling Kota


TransSemarang merupakan kendaraan publik yang berbasis Bus Rapid Transit (BRT). Meski tidak mempunya jalur khusus seperti TransJakarta, moda transportasi tersebut sangat nyaman. Bus ber-AC ini memiliki enam koridor dengan 8 halte transit dan 12 terminal keberangkatan. Tarifnya pun sangat murah; Anda cukup mengeluarkan biaya Rp3.500 untuk satu rute perjalanan.

 

2. Mulai dengan Mengunjungi Tempat Wisata yang Satu Arah


Secara administrasi, Semarang terdiri dari dua wilayah, yaitu kota dan kabupaten. Bentang alam kawasan kota didominasi dataran rendah, sungai, dan pesisir. Sementara itu, Kabupaten Semarang berupa perbukitan, lembah, dan pegunungan. Nah, untuk menghemat biaya, awali dengan mengunjungi objek wisata di perkotaan. Semisal, dimulai dari Kota Lama, Lawang Sewu, Pantai Marina, lalu ke Puri Maerokoco.

Hari berikutnya, Anda bisa menyusun rencana perjalanan ke Kabupaten Semarang. Objek wisata di kawasan ini bertema alam pegunungan. Karena jarak antartempat rekreasi cukup jauh, sebaiknya menyewa kendaraan pribadi untuk traveling.

 

3.  Cari Akomodasi di Sekitar Stasiun Poncol atau Universitas Diponegoro


Meskipun tergolong kota metropolitan, Anda masih bisa menemukan penginapan murah di Semarang. Sebagai referensi, pilihlah penginapan yang berlokasi di sekitar Stasiun Poncol. Di sana terdapat hotel, motel, serta hostel dengan tarif terjangkau.

Pun bisa menginap di kawasan Universitas Diponegoro. Anda dapat bermalam di homestay, guest house, hotel, ataupun indekos. Selain menawarkan akomodasi murah, area ini juga mudah dijangkau kendaraan umum. Selain itu, hotel budget murah Airy juga bisa menjadi pilihan akomodasi untuk Anda di Semarang loh.


 4.  Mau Belanja Murah? Pelajari Bahasa Daerah

Belanja di destinasi wisata menjadi tradisi wajib bagi travelers. Jika tak sempat membeli cendera mata di sekitar objek rekreasi, Anda bisa menyambangi Pasar Johar. Kawasan ini tidak hanya lengkap, tetapi juga menawarkan harga murah. Semisal, kerudung pasmina di Matahari Mal Semarang dibanderol minimal Rp70.000 per potong. Kalau di Pasar Johar, harganya menjadi Rp60.000 per tiga potong.

Sebenarnya, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah. Cobalah berbicara dengan bahasa daerah setempat (Semarang) saat menawar barang. Biasanya, penjual bersedia menurunkan harga ketika mengetahui pembelinya orang Semarang.

5. Bersantap di Kawasan Simpang Lima atau Pleburan


Source : dotblogger
Biaya hidup di Semarang relatif murah. Jadi, Anda tak perlu bingung memilih tempat makan yang tepat. Namun, hindari bersantap restoran atau kafe berkelas jika ingin menghemat bujet.

Anda bisa makan di kawasan Simpang Lima Semarang atau area Pleburan. Kedua tempat ini menawarkan berbagai jenis kuliner murah meriah. Semisal, segelas es teh dan sepiring nasi lauk ayam dapat dinikmati dengan biaya minimal Rp9.500 per orang. 

6.   Pastikan Membawa SIM dan STNK


Kota Semarang tergolong disiplin dalam hal menegakkan aturan lalu lintas. Siapa saja yang melanggar akan dikenakan denda tilang. Tentu Anda tidak ingin kehilangan banyak bujet hanya karena hal itu, bukan? Itulah sebabnya, SIM harus dibawa saat bepergian ke Semarang. Pun jika menyewa kendaraan di sana, pastikan memiliki STNK.

Itulah enam tips liburan ke Semarang ala backpacker. Untuk memudahkan perjalanan, persiapkan kebutuhan selama berlibur mulai sekarang. Salah satunya dengan berburu diskon tiket pesawat domestik LionAir supaya biaya traveling lebih ringan. Anda bisa memesannya secara online melalui Airy.

16 comments:

  1. Hampir selalu melintasi Semarang, tapi tak pernah menelusuri tempat tempatnya yang indah. Wah agak susah juga bagi aku untuk pelajari bahasa daerah ya karena bahasa jawa aku kurang jago mba. Apalagi kalau itung2an duit. Hehhee
    makasih ya mba

    ReplyDelete
  2. Asyik nih bahasa daerah sehari-hari bisalah aku. Tapi itung-itungannya itu lho haha..2015 pernah nginep di home stay p4an Semarang. Tapi nggak ada waktu eksplore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget ya mba, padahal Semarang indah memukau :D

      Delete
  3. Belum pernah ke semarang.. tipsnya boleh juga mba untuk diterapkan nanti saat ke semarang!

    ReplyDelete
  4. Aku lumayan seringlah ke Semarang. Bener bgt klo ada bbrp penginapan murah di Semarang. Tinggal pinter2 nyarinya aja sih. Semarang spt rmh ketiga utkku setelah Bdg dan Jkt. Utk hrga makanan, di kota Semarang harganya hampir sama dg Jkt, klo ingin yg lebih murah hrs kedaerah sekitar pasar tradisional yg ada di Semarang atau pun kearah kabupaten Semarang. Klo disekitar Simpang Lima sih agak mahal ya. Atau aku yg blm nemuin yg murah kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah si emak lebih paham. Iya mak, setahuku harus agak blusukan kalau mau yg murah2 di Semarang yak.

      Delete
  5. Aku belum pernah ke Semarang.artikel ini bisa jadi rekomendasiku nanti. Asyik juga kan backpackeran sendiri kesana

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah ke semarang, dan emang pengen juga ke sana.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu namanya aja mbak, blum pernah ke Semarang. Mau nih saya ksana

    ReplyDelete
  8. Bisa utk rekomendasi ke keluarga nih.. Thank's infonya

    ReplyDelete
  9. Waah tipsnya bermanfaat nih. Mau juga deh jadi next family trip. Soalnya kamu belum pernah ke Semarang. Memang kalau pakai airy room tuh nener banget murahnya ya.. sayangnya ha ya untuk dalam negeri.

    ReplyDelete
  10. Belom pernah sama anak nih. Beberapa lokasinya kayaknya menarik nih bisa ngikut menclok juga pan kapan

    ReplyDelete
  11. Hahaha kalau ke Semarang aku masih bisa jowoan, kalau di daerah lain entahlah :D
    Semarang salah satu destinasi yg ingin kukunjungi jg mbak, moga kesampaian ke sana aamiin :D

    ReplyDelete