Friday, December 15, 2017

My Resolution My Dream


Barangsiapa yang harinya ini lebih baik dari hari kemarin maka ia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang hari ini sama dengan kamarin maka dia adalah orang yang rugi.. ~Hadist

Berbicara tentang resolusi, erat kaitannya dengan apa dan siapa saya. Dan kini, saya menjalani 2 peran yaitu sebagai Blogger dan IRT. Dulu sempet sih jadi penulis buku. Karena beberapa hal akhirnya mengundurkan diri dari status itu.

Sebagai Blogger yang masih jauh panggang dari api, saya selalu improve diri mengenai creative writing dengan menjadikan siapapun sebagai guru. Dengan cara membaca blog para blogger hits yang sudah kilar-kilir mancanegara. Perannya sudah tidak diragukan lagi atau bahkan menjadikan teman sendiri sebagai guru sejati. Entah mereka sadar atau tidak, diam-diam saya mencuri ilmu dari mereka melalui obrolan atau chit-chatnya.



Powerfull Blog


Saya juga terkadang ikut workshop pelatihan blogger. Pernah beberapa kali diundang event-event besar yang melibatkan blogger sebagai peserta terhormat. Mulai dari diberi goodiebag tumbler sampai diberi fee 7 digit. Namun ngeblog sejatinya bukan tentang materi melainkan untuk berbagi. Hal tersebut yang kadang menjadikan saya lupa akan niatan awal ngeblog. Sehingga seringnya saya stagnan nulis jika dibayar saja, sedangkan ketika tidak ada bayaran? Dadah-dadah lambaikan tangan, say goodbye dengan laptop. Huffffth...

Lalu maksudnya? Ya, saya ingin konsisten ngeblog, tanpa atau dengan bayaran. Serius lho konsisten itu berat bagi saya yang dasarnya pemalas akut. Maunya nyanyi : today i don’t feel like doing anything, i just want to lay in my bed sembari gogoleran mantengin timeline instagram. Surga banget, haha.. Please, jangan ditiru!

Ngomong-ngomong, resolusi itu apa ya? Menurut KBBI, Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis. Simple-nya yang sedang saya lakukan adalah kebulatan tekad untuk mencapai segala apa yang telah dituliskan dan diputuskan untuk transformasi tahun 2018 yang lebih baik.

Hidup tanpa mimpi bagaikan sayur kurang garam, anyep.

Apa yang kita capai berbanding lurus dengan usaha yang dilakukan. Saya jadi teringat dan ingin menjadikan apa yang terjadi di tahun 2016 terulang bahkan lebih baik di tahun 2018. Ya, tahun 2016 merupakan puncaknya saya bersemangat ngeblog dengan konsisten. Seminggu bisa sampai 5 sampai 7 postingan yang publish. Email pun banjir dengan kerjasama brand, undangan event, bahkan undangan trip meskipun baru skala lokal. Dari ngeblog saya bisa dapat Samsung keluaran terbaru dan diundang dengan sangat exclusive. Sebagian menganggap hal tersebut sesuatu yang remeh, namun bagi saya “something special” ketika sesuatu barang, hadiah, bahkan networking bisa ditukar dengan sebuah tulisan di blog. Iya, orangnya memang gampang senengan.

Wujud Mimpi Yang Dituliskan. Jalan-jalan dibiayai kantor, next keliling dunia hasil ngeblog, aamiin

Resolusi kedua sebagai blogger yaitu pengen banget travelling hasil dari ngeblog. Terkadang saya pokcay (molohok sabari ngacay = bengong sembari ngiler) ketika melihat para travel blogger yang membentangkan sayapnya menjangkau tempat-tempat eksotis di Indonesia bahkan mancanegara.

Apalagi jika sudah melihat yang terpilih Kerala Blog, Kemenpar, Jelajah Gizi itu, bukan lagi Blogger main-main. Saya yakin dibalik hasil yang mereka dapatkan ada konsistensi, fokus dan serius yang mereka lakukan. Tinggal jalani saja prosesnya. Dan piknik merupakan sebuah kebutuhan sebagai Mom Blogger seperti saya. Sebuah kepuasan tersendiri jika bisa menjelajah dunia hasil ngeblog.

Next, resolusi selanjutnya yaitu Blog banjir pengunjung. Yang ketika banyak visitor berkunjung ke blog kita artinya apa yang kita tulis bermanfaat untuk banyak orang. Sering sih ada pembaca blog kemudian email saya untuk kebutuhan penelitian di kampusnya, bahkan meminta saran baiknya gimana. Melting banget jika ada pembaca blog yang tidak kita kenal tiba-tiba inbox, huhu terharuuu... Disitu padahal fungsi dan niatan awal ngeblog yaitu untuk berbagi dan menginspirasi. Kadang saya masih suka malas mempraktekan teori SEO. Padahal simple banget, nah keinginannya itu yang kudu diaplikasikan. Mainan kata kunci, jumlah karakter tulisan dan rajin share media sosial. Saling BW (Blogwalking) juga bagus untuk membooster Domain Authority. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil itu benar adanya.

Salah satu visitor yang kemudian menjadi teman

Aku dan Kamu bertemu di dunia mayaBerharap ukhuwah menyemai hikmahBarangsiapa berbagi untuk sesamaKebahagiaan pun datang menjelma 

Tahun baru datang menjelangBagai tamu yang baru datangMasa lalu tinggal sejarahMasa depan semoga lebih berkah 

Intinya saya ingin sekali memaksimalkan blog sebagai wadah untuk berkarya dan produktifitas. Siapa tahu kan ya, ada Penerbit Mayor yang tertarik dengan tulisan saya dan dibukukan. Ngimpi ShineLha, sah-sah saja toh? :D

Rumahku Surgaku

Sebagai IRT yang kerjanya tak jauh-jauh dari dapur, sumur, kasur, memiliki keinginan merubah hal yang stagnan dalam ruang lingkup yang kecil menjadi something big life. Sehingga memberikan space kenyamanan, ketenangan, kesempurnaan cintaaa *lho. Iya betul, karena rumah yang nyaman membangkitkan energi  dan motivasi pencetus kebahagiaan.

Design rumah yang multifungsi -liveeverymom

Selama ini saya cuek dengan rumah. Yah namanya orang males ya, rumah berantakan ya udah ditinggal tidur saja. Anak-anak corat-coret tembok, ya udahlah ya namanya juga anak butuh ruang untuk berkreatifitas. Dapur bocor, ya udah tinggal sedia ember ketika hujan. Benar-benar cuek blass... 

Oleh karena itu my big dream sebagai IRT adalah rombak rumah, tata dengan baik, rajin beres-beres. Iya kalau bukan saya yang beresin mana ada tetangga tiba-tiba nongol nyapu ngepel, kan ngayal ya?. Maunya sih semua perabotan dalam rumah minimalis ala Jepang gitu, serba multifungsi, rapiiih, ga ada kantong kresek, pakaian atau perkakas masak tergantung.

Dan tidak lupa jadikan sabar sebagai sebuah jiwa. Yang dengannya serumit apapun mengurus anak, permasalahan dengan suami dan permasalahan lainnya akan terpecahkan dan berbuah manis.

Perpustakaan Untuk Berbagi

Nah, kalau sudah rapih, ingin sekali membuat perpustakaan dan ruang kerja pribadi. Ceritanya kan ada hook (kelebihan tanah) disamping rumah, cukup luaslah untuk kedua ruang tersebut. Ini impian dari dulu yang belum terealisasi, jauh sebelum saya menikah. Melihat betapa di lingkungan saya itu masih butuh rangkulan untuk melek pentingnya moral dan pendidikan. Di Perigi, Sawangan ini ibarat Bombay-nya India, pusat kriminalitas deh. Banyak kasus kemalingan dan macam-macam tindak kriminal yang sampai diliput di TV.
Fokus saya yaitu merangkul anak-anak sebagai generasi penerus yang jangan sampai meneruskan apa yang dilakukan Ibu-Bapaknya. Sempet sih ngajar ngaji dan mereka bersemangat datang ke Mushola di Perumahan Kita, namun hanya bertahan beberapa bulan saja karea alasan klasik. Sempat juga anak-anak main ke rumah untuk meminjam buku, woaa alangkah bahagianya, apalagi jika sudah ada perpustakaan, bisa jadi tempat ngumpul untuk merangkul mereka agar paham pentingnya akhlak, moral dan harga diri.

Fasilitas Untuk Kemudahan Mobilitas

Kedua, pengen punya mobil atuhlah. Ada sih di Palembang, tapi suami enggan pakenya karena mobil tua. Pernah juga punya Avanza eh dijual lagi buat usaha, haha... Lho, kan gampang tinggal kredit. Nah itulah, my husband and I ga mau kredit-kreditan, itu kan jatohnya hutang ya? Pengennya cash keras atau cash bertahap. Sebisa mungkin menghindari hutang yang sifatnya konsumtif.
Pengen punya mobil maksudnya buat gaya-gayaan? Bukan! Melainkan untuk keluarga kalau kemana-mana kan enak tinggal greng, ga perlu repot nunggu aplikasi ojek online yang loading nya kadang lama belum lagi nungguin jemputnya. Lagian kan, Kami ini rakyatnya banyak, anak dua, badan pada gendut, naik motor bisa sampai jok belakang dempet-dempetan. Kadang anak-anak teriak : Sempiiiit, mundur dong! Sempiiit, majuan dong! Ya begitulah drama rakyat banyak dengan badan Ibu-Bapaknya segede atlit sumo.

Powerfull Mind

Selanjutnya mau banget kaya akan wawasan. Baik seputar parenting maupun ilmu lainnya. Caranya? Dengan banyak membaca. Kadang, buku banyak namun waktunya itu lho. Excuse? Iya iya! Pengen punya jadwal khusus untuk membaca. Anggaplah seperti me time ya. Serta banyak membaca di majlis ilmu. Dengan begitu stok sabar akan apapun bisa full karena memiliki ilmunya. Melanjutkan S2 juga kalau bisa. Aamiin, semoga malaikat lewat mengamini.
Semua harapan dan impian tersebut tidak akan tercapai jika tidak termanaj dengan baik. Hal berikut yang tidak dilakukan :
  • Tuliskan Semua Target karena mimpi yang hanya tertulis dipikiran saja ibarat kita menulis di atas pasir yang suatu saat ombak akan menghapusnya. Dengan menuliskan di kertas, buku, notes dan semisalnya, mimpi dan target tersebut akan menjadi mood booster tersendiri. Setelah itu pajanglah di kamar, coret satu per satu ketika mimpi itu terwujud, yeaay.
  • Kerjas Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas. Dengan memperhatikan metode untuk mewujudkan K3 tersebut.
  • Konsisten dengan memiliki agenda pribadi untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya Jam sekian sampai sekian ngapain, ada tugas atau deadline apa, agendakan.
  • Tidur dan Bangun lebih awal. Seperti kata Bang Rhoma : Begadang jangan begadang bila tiada artinya.
  • Olahraga teratur dapat membuat pikiran kita fresh sehingga terhindar dari segala pemikiran negatif dan penyakit hati.
  • Berdoa bahwa segala sesuatu, sekeras apapun kita berusaha tidak terelpas dari keridhoan Tuhan Yang Menciptakan.
Resolusi tersebut tidak akan terwujud jika badan dan pikiran tidak fit. Tanpa itu , akan sulit untuk meraihnya. Gimana mau meraihnya, kalau untuk bangun saja susah, iya kan? Apalagi saat sakit. Sakit itu tidak enak, setuju? Untuk itu, tidak ingin berlama-lama dari sakit, biasanya saya mengkonsumsi multivitamin agar tak gampang sakit.

Biar ga gampang capek atau sakit, pemulihannya kudu banget dengan multivitamin-Mineral yang dipercaya. Saya sendiri memilih Theragran-M untuk Multivitamin-Mineral saat pemulihan. Seperti kemaren ketika saya harus kehilangan anak, seminggu lebih saya merasakan demam dan nyeri akibat ASI yang tidak terpakai, payudara bengkak dan badan rasanya ambruk semua. Setelah Dokter memberikan obat pereda nyeri dan pengurang ASI, pemulihannya saya percayakan pada Theragran-M, yang  dipercaya secara kandungan, khasiat dan kehalalannya.



Kandungannya terdiri dari Vitamin dan Mineral diantaranya :

Vitamin

  • A  : menjaga kesehatan mata, untuk pertumbuhan tulang dan gigi
  • B1 : pencegaha beri beri dan penyakit gangguan syaraf
  • B2 : berperan penting bagi tubuh dalam produksi energi
  • B3 : sirkulasi darah,kulit sehat,fungsi otak,daya ingatan,pencernaan,menyerap karbohidrat, mengurangi efek ...
  • B5 : seperti mengatasi asma, rambut rontok, alergi, stres dan depresi, gangguan pernapasan dan masalah jantung
  • B6 : nutrisi yang sangat penting bagi fungsi darah, kulit, dan sistem saraf pusat
  • B12  Menjaga kesehatan sistem saraf, kulit dan mata. Membantu proses aktivasi asam folat. Dan Membantu dalam proses sintesis DNA.
  • C : pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh
  • D3 : membangun dan menjaga tulang yang kuat.
  • : sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Mineral
  • Iodium : nutrisi yang sangat penting untuk tiroid, mata, kulit hingga obat luka yang ampuh.
  • Besi : untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel
  • Tembaga II : berperan dalam pembentukan darah dan tulang, produksi pigmen melanin dari kulit dan rambut, pembuatan hormon dan jaringan darah, serta melindungi tubuh dari penyakit jantung
  • Mangan II : memiliki sifat antioksidan dan diperlukan untuk mengaktifkan sejumlah enzim yang memungkinkan tubuh untuk mencerna makanan
  • Zinc membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat juga berfungsi untuk mensintesis DNA. Fungsi lainnya dari zinc adalah untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan saat masa kanak-kanak serta juga berfungsi sebagai zat untuk mempercepat proses penyembuhan luka

Jadi sudah jelas kan fungsi dari Multivamin dan Mineral yang dikandung Theragran-M?
Kegunaannya sendiri tertera pada kemasan yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit. Sebisa mungkin sakit jangan kelamaan, ya..

Produknya sudah terjamin oleh BPOM dan halal MUI. Ga ragu deh untuk meminumnya. Ngeri juga sih dengan beredarnya obat-obatan yang belum tersertifikasi, takut obat palsu. Niat hati untuk menyehatkan tubuh, tahunya malah obat palsu kan zonk ya, duh jangan sampe deh.

Dari kemasannya pun ngademin, warna kesukaan yaitu putih dan biru. Rasanya manis-manis gitu dengan tekstur keras dan bentuk pil yang tidak terlalu besar. Cocoklah yang alergi sama rasa pahit.
So, yuk buat resolusimu menjadi nyata di tahun 2018 dengan lakukan selalu pola hidup sehat dan saat sakit menyerang, jangan lupa untuk minum Theragran-M, Vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan.

Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya. -Jonathan Swift


NB : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

8 comments:

  1. Keliling dunia dengan hasil nulis? Mau bangett... Hehe
    Semoga sukses dengan semua resolusinya ya mbak ^^

    ReplyDelete
  2. Semoga resolusinya tercapai ya Mbak. Dari 2 tahun lalu aku juga pengen punya perpustakaan yang bisa dipinjam bebas untuk anak2 sekalian berbagi buat sekitar tapi masih kepending karena belum punya waktu mengurusnya. Then, semoga Mbak Shine dan keluarga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  3. Tos ah aku termasuk yg cuek jg lah mbk sm urusan rumah. Bocor ya udh tinggal kasih ember. Berantakan ya udh entar klok nggak mager diberesin. Hehe.
    Semoga resolusinya tercapai ya mbk amin

    ReplyDelete
  4. Keren resolusinya, semoga tercapai...

    ReplyDelete
  5. aamiin, semoga tercapai ya, dan semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  6. hi.. hi.. lucu banget sih mbak
    pokcay (molohok sabari ngacai) ketawa2 dengar istilah ini, orang Sunda mah bisaan banget kalau ngebodor ya
    semoga resolusi tahun depan tercapai ya

    ReplyDelete
  7. Wah keren mbak pencapaian yang sudah.di raih di bidang perbloggingan...semoga saya bisa juga spt itu juga..dan semoga resolusi mbak tercapai...aamiin...

    ReplyDelete
  8. Menulis nggak melulu berarti menulis buku kok. Yang penting tetap menuliskan kata-kata kebaikan, apa pun medianya. Semangat terus ya �� *menyemangati diri sendiri juga sih ini:-D

    ReplyDelete