Thursday, December 27, 2018

Mainan Yang Cocok Untuk Tumbuh Kembang Anak Dibawah 6 Bulan

Nafisa and her doll

Artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang stimulasi motorik dan bonding anak Balita. Di artikel disebutkan bahwa kedekatan bersama si kecil adalah bagian dari stimulasi motorik anak. Namun, ketika ditanya, adakah mainan yang pas dan cocok untuk anak bayi di bawah 6 bulan? Jawabannya ada. Dan berikut ini diantaranya :




Gambar Hitam Putih


Saat usianya baru terlahir ke dunia, penglihatan bayi cenderung belum sempurna. Biasanya usia 0-1 bulan, bayi hanya melihat hitam dan putih dengan jarak pandang 10-25cm. Untuk merangsang kemampuan melihatnya, Ibu bisa berikan kertas bergambar atau berwarna hitam putih. Gerakan gambar tersebut dan perhatikan apakah mata si bayi mengikutinya... Karena bayi cenderung akan tertarik dengan gambar tersebut.


Spider Doll


Spider doll Atau boneka laba-laba yang cenderung menggantung akan lebih disukai bayi 1-4 bulan karena posisinya yang langsung terjuntai di atas. Hal ini mendukung penglihatan dan gerakan bayi yang hanya bisa terlentang. Bisa juga dengan semua boneka-boneka yang sifatnya tergantung.


Cermin Anti Pecah

Di usia 3-4 bulan, penglihatannya sudah mulai membaik. Ketika ia diajak untuk melihat bayangannya sendiri, ia akan menganggap bayangannya adalah teman baginya. Lihat reaksi si kecil. Jika ia suka melihat bayangannya sendiri, berikanlah cermin anti pecah untuk mainannya.


Bola

Meskipun si kecil belum bisa bermain bola seperti pada umumnya. Namun, bola bisa diberikan kepada si Kecil di usianya yang masih di bawah 6 bulan. Ia bisa memegang, melempar dan meraihnya dengan merangkak. Banyak pula bola mainan yang diperuntukkan bayi, seperti bola yang ada bunyinya, sehingga ketika ia meraihnya muncul bunyi. Dan hal tersebut dapat melatih kemampuan logikanya akan sebab-akibat.



Buku Bayi

pict from : honeywillow.wordpress.com

 

Mengenalkan buku pada bayi seringkali dianggap hal yang sia-sia. Namun ternyata banyak fakta mengatakan bahwa pengenalan buku di usia dini akan merangsangnya menjadi imajiner, suka dengan buku, melatih dan memperbanyak kosa katanya dan manfaat lainnya yang bisa dirasakan.

Ada banyak buku yang khusus didesign untuk bayi. Seperti buku aktivitas baik hardcover maupun kain, buku kata pertamaku, pengenalan binantang, tumbuhan, tubuh dan lainnya. Yang sifatnya minim huruf, banyak gambar.


Mainan Lunak

Mainan lunak atau dikenal dengan squishy yang akhir-akhir ini sedang booming bisa juga lho jadi mainan anak dibawah 6 bulan. Bentuknya yang lucu dan kenyal bisa merangsang kemampuan motorik kasarnya. Anakpun akan senang ketika ia memegang bahkan membantingnya. Karena lunak dan tidak keras jadi anti pecah.

Nah, itu dia mainan yang bisa diberikan pada anak dibawah 6 bulan. Para Ibu bisa mencobanya di rumah. Sambil mengajak bermain dan belajar demi mempererat bondingnya bersama Ayah atau Ibu. Selamat bermain dengan sang buah hati...

No comments:

Post a Comment