Saturday, January 6, 2018

5 Tempat Wisata Eksotis Di Subang

Bismillah


Holla, tahun baru, semangat baru! Resolusi? Semoga terbarukan dengan tidak melupakan resolusi tahun lalu yang belum tercapai. Bagi yang suka jalan, tempat-tempat eksotis, hits dan kekinian memiliki daya tarik sendiri untuk dijelajahi. Kira-kira apa ya destinasi impianmu tahun ini? Yuk, tulis! Saya sendiri memiliki impian sebelum menyebrang kemanapun, ingin sekali rasanya menjelajah Subang yang belum terjamah.

Ya, tanah kelahiran saya tersebut terletak di Jawa Barat, perbatasan Lembang, Bandung. Jika jalur Pantura, tempatnya persis sebelum Indramayu. Sedangkan perbatasan dengan Bandung ditandai dengan adanya Gunung Tangkuban Perahu. Coba tebak, Gunung Tangkuban Perahu itu milik siapa? Secara letak strategis sebenarnya Gunung tersbut miliknya Subang namun entah kenapa semua pelang yang tertera bertuliskan Bandung, hufffh, saya kudu gimana ya? haha...


Kemudian yang membuat miris selanjutnya ketika ditanya : "Kamu asli mana?", Saya jawab "Subang", Dan tahukah yang bertanya bilang apa? Subang itu sebelah mananya Ciater ya? Hadeuh, justru Ciater-lah bagian dari Subang. Persis seperti orang bule yang tanya Indonesia itu sebelah mananya Bali? -_-"

Meskipun kota kecil, Subang memiliki eksostisme yang memukau. Apa keunggulannya? Yaitu banyaknya Gunung, Lembah, Curug (Air Terjun) dan beberapa pantai. Tidak percaya? Coba dulu yuk melipir ke sini :

1. Ciater


Siapa sih yang belum pernah kesini? Subang dikenal dengan wisata Ciater yang menjanjikan kedamaian, kesejukan dan pemandian air panas. Ciater disebut-sebut sebagai wisata sehat pemandian air panas-nya. Ciyus? Yup! Dan panasnya bukan panas buatan melainkan alami dari belerang. Khasiatnya banyak banget. Terutama untuk kulit. 

Dulu waktu kecil kalau saya budukan (gatel-gatel, koreng dan sebangsanya) mesti sama Ibu-Bapak diajak ke Ciater buat berendem. Nyari spotnya yang agak tinggi di hulu, kalau nggak bisa-bisa yang ada pulang nambah gatel karena ketular sama orang-orang yang budukan airnya ngalir ke tubuh kita. Beneran, saya pernah ngalamin begitu. Pulang bukannya buduk-nya hilang malah nambah garuk-garuk seluruh badan. Maklumlah yang urang pedalaman. suka main blusukan letak (lumpur) di Sawah dan Sungai. Namun, jangan khawatir karena kini Ciater lebih modern dengan fasilitas yang di instal sedemikian rupa.

Selain digunakan sebagai pemandian air panasnya, ciater memiliki tempat-tempat eksotis lainnya, seperti Ciater Highland Resort yang berisi Vila-vila cantik nan sejuk. Pernah bermimpi foto dengan latar Bollywood di US? Coba kesini dulu, sensasinya ya mirip-miriplah. Dari jalan besar tulisan Ciater Highland Resort nampak gagah dengan latar pegunungan dan daun teh. Jangan lupa untuk naik kuda untuk berkeliling. Masuknya gratis namun untuk menikmati wahana lainnya, dikenakan biaya 25k.

Lokasinya persis di Jalan Raya Ciater, Subang, Jawa Barat.

Ketika sudah menginjakan kaki di Ciater, semesta akan memelukmu. Spot-spotnya asri dan menentramkan hadir membawa kebahagiaan. Jangan lupa pula untuk menyicipi jagung bakar dan ketan bakar plus menyeruput teh manis panasnya yang mengepul, letaknya di kiri-kanan jalan raya. Uh, nikmat dan hangatnya membuat badan semakin rileks.


2. Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Upas, Gunung Tangkuban Perahu

Seperti yang telah dibahas di awal, Gunung Tangkuban Perahu merupakan destinasi wajib jika ke Subang. Semacam syarat syah mengunjungi Subang. Haneueul sebenernya karena diakui oleh Bandung namun sudahlah yang penting memang masih milik Indonesia :D. Apa yang bisa dilakukan disini? Selain jalan-jalan menikmati indahnya Gunung Tangkuban Perahu, kita juga bisa menjelajah lebih dalam ke Kawah Upas dan Air Keramat. 

Biasanya jika di Gunung-nya saja, bejubel pengunjung yang datang, apalagi jika hari libur. Nah, Kawah Upas dan Air Keramat-lat sebagai jawaban jika Kamu menginginkan tempat sepi dan sisi lain dari Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung ini juga menjadi legenda tersendiri. Tangkuban Perahu yang artinya Perahu Terbalik, menangkup yang konon katanya akibat tendangan Sangkuriang yang kesal karena syarat Ibunya (Dayang Sumbi) tidak bisa terpenuhi yaitu gagal membuat perahu dalam semalam. Ya, Dayang Sumbi merupakan Ibu dari Sangkuriang. Saking cintanya kepada Ibunya, Ia ingin memperistri Ibunya sendiri. Oleh karena itu untuk menggagalkan rencana anaknya menikahinya, Dayang Sumbi pun memberikan syarat tersebut. Jeng.. jeng... jadilah Gunung yang berbentuk perahu yang terbalik.

Biaya masuknya hanya dikenakan 20ribu saja. Sudah termasuk biaya parkir dan lain sebagainya. Oya, jangan lupa nikmati kulinernya seperti cuanki, bala-bala (bakwan), goreng pisang dan lain-lain. Sebelum membeli, baiknya tanyakan dulu harga agar tidak terjebak dengan tarif liburan.

Lokasi : Jalan Raya Tangkuban Perahu, Subang, Jawa Barat.


3. Curug Cijalu


Curug pertama yang saya singgahi di Subang adalah Curug Cijalu. Curug ini kerap kali disebut sebagai rajanya Curug. Pasalnya mata air yang memancar dari Air Terjun ini memiliki ketinggian 100 meter terletak di tebing batu. 

Dari Jalan Cagak dengan icon Nanas, kita ambil ke arah kanan menuju Wanayasa. Dari situ tinggal ikuti jalan saja, kurang lebih 10km dari Jalan Cagak.  Mudah saja bagi Kita untuk menemui lokasinya karena salah satu tempat wisata terkenal, terpasang tanda dikiri-kanan jalan untuk menuju lokasi.

Apa saja yang dapat dilakukan? Menikmati indahnya hutan pinus dengan alunan gemeicik air terjun, suara kicau burung, kita pun bisa ngebak dan berciparatan dengan kekasih halal *eh, haha iya tempat ini merupakan tempat yang bersejarah. Pasalnya pasca nikah, kita honeymoon-an disini. Pas banget sepi lagi, sayangnya ya masih malu-malu gitu, jadi paling banter pegangan tangan itu pun dalam kondisi darurat saja seperti menyebrangi sungai kecil dan menaiki undakan-undakan batu. Selebihnya ya sibuk dengan pikiran masing-masing, wkwk...

Tempatnya asyik, ada beberapa curug yang terletak disini, salah satunya Curug Cilamaya. Aliran air Curug Cilamaya, Cijalu dan Cikondang itulah yang kemudian menyatu dan membentuk Sungai Cilamaya. Saya sendiri sebagai warga Subang, tidak ada bosannya untuk berkunjung kemari. Setiap ada teman yang main ke Subang, tempat wisata yang saya kenalkan mesti Curug Cijalu. Habis gimana ya, disini pula saya pernah diOspek untuk menjadi Debater (Debat Bahasa Inggris) yang menghabiskan hari demi hari penuh tantangan. So, Curug Cijalu bagai tempat bersejarah tersendiri, sangat berkesan.

Harga Masuknya, terakhir saya kesana cuma 5ribu rupiah. Itu pun hanya parkir saja. Pernah sih dianter teman yang asli sana, gratis tidak bayar sama sekali. Jadi sebenernya Curug ini adalah Curug milik bersama, ga ada HTM-nya, hanya saja warga setempat meminta untuk uang parkir saja. Sah toh? Saaah!


4. Curug Cibareubeuy


Curug yang terletak di belakang gunung dan hutan ini cocok bagi Kamu yang berjiwa penjelajah. Untuk menjamahnya membutuhkan effort yang tinggi, karena kita akan melewati ribuan anak tangga untuk menikmati indahnya Curug Cibareubeuy tersebut. Oleh karena itu, Curug ini pun dijuluki sebagai Curug 1000 tangga. Pernah sih ngitung anak tangganya namun hayati lelah akhirnya just ejoy the travel. Dari Parkiran menuju Curug akan memakan waktu 1 sampai 1,5jam. Worthed-lah dengan pemandangan yang sepadan. 

Ada dua rute menuju Curug Cibareubeuy. Rute hutan dan pesawahan. Rute hutan sangat terjal, ngeri yang belum terbiasa.  Melewati jalan yang naik-turun, berkelok dan terjal. Jika tidak hati-hati akan fatal akibatnya. Disarankan memilih Rute Pesawahan saja. Pemandangannya pun tak kalah menarik dari Rute hutan.

Segala usaha akan terbayarkan ketika kita telah sampai pada Curug-nya. Jangan lupa untuk siap sedia selalu air minum. Dipertengahan jalan Kita akan menemui Curug Pandawa yang kekinian dengan padang menaranya, Kampung Senyum dengan spot Saung Ranggonnya yang asri untuk beristirahat pun orang-orangnya yang sedemikian ramahnya. Lapar? Jangan khawatir, banyak penjual makanan disini. Dan yang paling penting ada juga Mushola yang dibangun disini lho. Wah, asik kan?

HTM-nya hanya 5ribu rupiah untuk parkir motor. Sedangkan mobil 10ribu rupiah. Jika ingin mampir ke Curug Pandawa 5, jangan lupa untuk membeli karcisnya sekalian di awal dengan harga 5ribu rupiah.

Loasi : Cibeusi, Ciater, Subang, Jawa Barat



5. Patimban


Siapa bilang Pantai di Subang hanya Pondok Bali? Sayaaa, haha... Dulu, waktu kecil, saya hanya tahu Pondok Bali. Ternyata, setelah mendengar cerita langsung dari Ibu ada tempat wisata Pantai Di Patimban yang jauh lebih bagus dibanding Pondok Bali. 

Lokasinya di Dusun Patimban, Patimban, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat. Tidak jauh dari Pamanukan. Menujunya dipastikan akan bebas hambatan, karena aksesnya sangat mudah dengan jalan yang sudah beraspal.

Kamu bisa nyebur dan bermain di pinggir pantai, menyaksikan indahnya sunset dan pastinya berfoto ria bersama keluarga. Meskipun tidak sebesar Pantai-Pantai di daerah lainnya. Tidak ada salahnya jika sedang di Subang mampir ke Patimban. Insya Allah, ga bakal nyesel deh.

Harga masuknya? Hanya bayar parkir saja. Ya sekitar 5ribu rupiah paling mahal.

Bagi kamu yang dari Jabodetabek, jangan khawatir. Kamu bisa menuju ke sana menggunakan transportasi Bus maupun kereta.

Jalur Bus

Menuju Terminal Kampung Rambutan, kemudian bisa naik Bus Warga Baru Subang atau Pagaden. Note : Warga Baru Subang turun di terminal akhir Subang , jalur kanan. Sedangkan Warga Baru Pagaden turun di Terminal Pagaden, jalur pantura. 

Disarankan jika ingin ke Curug ataupun Gunung naiklah Warga Baru Subang karena daerah pegunungan dan curug berada. Sementara jika tujuannya Pantai, naiklah Warga Baru Pagaden. Bayarnya? Tenang, langsung ditagih kok sama kernet bus-nya, hihi..

Jalur Kereta

Stasiun pemberangkatan dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Pagaden. Ini sebenernya pake kereta jurusan Jawa sih. Dan kamu bisa transit di Stasiun Pagaden. Setelah itu, tinggal tentukan tujuan. Jika ke Gunung dan Curug bisa naik Bus jurusan Bandung.

Bagaimana? Rutenya tidak membuat bingung kan? Insya Allah, tidak ya? :D
Saya sarankan menggunakan Beli Tiket Kereta Api Promo di Tokopedia dengan alasan bebas macet, cepat dan simple tiketnya bisa dipesan secara online.  

So, happy traveling teman-teman. Kalau mager dengan traveling? Bisa banget melipir di Event Ibukota Cek Promo Tiket Event Murah saja. Yang tentunya ga kalah menarik untuk hiburan....

6 comments:

  1. Saya belum pernah ke Subang Mbak xD Penasaran banget sama wisata Ciater :D Di Malang ada sih pemandian air panas gitu, tapi gak bisa buat nyembuhin gudikan gitu :D

    ReplyDelete
  2. Ciater itu ya 24 jam orang datang terus, nggak ada sepinya..
    btw baru nulis tentang pohon raksasa Baobab yg dibawa dari Subang, nah aku pengen lihat langsung di situ he.. he..

    ReplyDelete
  3. Huaaaa itu mah tempat kabur Mak waktu kuliah. Tangkuban perahu dan Subang huahaha. Subang juga ada perkebunan buah yg menggoda hati bgt loh utk metik2in. Mak sering ke Subang utk ngobrak ngabrik kebon orang hahahaha. Bln ini diundang panen rambutan di Subang dan ngacak ngacak kebon nanas wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Mbak, kalo naik kereta nanti di lokasi bisa naik transportasi umum apa ya?

    ReplyDelete
  5. Dari ke 5 destinasi tsb baru satu yg aku kunjungi yaitu gunung tangkuban perahu. Semoga bisa jalan2 ke yg lainnya

    ReplyDelete
  6. Taunya hanya Ciater sama Tangkuban Perahu aja. Inget jaman piknik ke Tangkuban Perahu. Begitu turun bus, disambut aroma belerang dan penjual aneka jajanan. Strawberry ... Strawberry ... Hahaha. Tapi jaman dulu strawberry nya gak kayak sekarang

    ReplyDelete