Thursday, May 2, 2019

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari


Tantangan terbesar  selepas lahiran adalah begadang. Meskipun kata Bang Roma Begadang jangan begadang tapi apa daya karena begadang merupakan perjuangan selanjutnya menjadi seorang Ibu. Katanya ga sah kalau ga ngerasain begadang di malam hari akibat bayi rewel. 


Upsss, tapi kalau lama kelamaan, Ibu bisa pening karena berbagai aktivitas lainnya menunggu di pagi dan siang hari. Kalau malamnya tidak cukup tidur, biasanya pagi hari Ibu roaming bahkan sebagian memilih tidur karena saking ngantuknya. Alhasil kerjaan rumah lainnya jadi terbengkalai. Padahal dalam agama yang saya imani, ada keberkahan di waktu pagi. Sayang banget kan kalau keberkahan dipake tidur.

Lalu, sebenernya ada ga sih Tips agar nak bayi bisa lelap di malam hari? Biar Ibu pun bisa ikutan sleeping beauty gitu. Jawabannya ternyata ada dan itu bisa diupayakan.

Sebelumnya, perlu menjadi perhatian setiap bayi itu adalah unik. Ada yang tiduuur terus, melek hanya karena lapar bahkan sampai susah dibangunkan. Ada yang susah tidurnya, setiap sejam sekali bangun. Artinya jangan sampai saling judge atau sampai menyalahkan Ibunya ketika si bayi rewel atau sulit tidur. Kasian kan, Ibu baru melahirkan harus banyak-banyak disupport.



Nah, Alhamdulillah 25 April 2019 kemaren Aku dapet pencerahaan soal bobo bayi di acara Mooimom. Disampaikan oleh Dr. Ridha Kurnia Tejasari, SpA, M.Kes. dari Brawijaya Hospital & Clinic. Dan berikut aku sarikan beberapa Tipsnya ya :

Habit (Perkenalkan Rutinitas)

Bayi baru lahir biasanya masih belum beradaptasi dengan lingkungan. Yg biasanya dalam rahim hangat, gelap dan nyaman digunakan untuk tidur. Kini, Ia dihadapkan dengan dunia yang luas dan terang benderang.

Oleh karenanya, wajar bila Ia masih rewel di malam hari. Ada pula yang menyatakan karena tali pusarnya yang belum copot sehingga menyebabkan Ia rewel karena kesakitan. Seminggu setelah puput tali pusar, ada yang tetap rewel dan ada yang tidak. Bersyukur jika tidak rewel, jika sebaliknya, itu yang mesti diupayakan.

Maka habit atau kebiasaan itu yang perlu diterapkan. Buat pola rutinitas, pagi bangun, malam tidur.

Yang Perlu Dihindari Dari Pola Tidur Bayi




  • Rutinitas tidur bayi yang tidak konsisten
  • Mengambil sahabat tidurnya seperti bantal kesayangan, boneka, dot, yang membuat Ia ketergantungan
  • Menggendong setiap kali bayi menangis
  • Terburu-buru membawa bayi tidur
  • Pola tidur Ibu terganggu setelah bekerja
  • Membebaskan pola tidur bayi
  • Berharap Bayi Baru Lahir tidur lama

Bantu Kenali Siang dan Malam


Bantu kenali mana siang mana malam. Ketika siang buka jendela lebar-lebar agar cahaya matahari bisa masuk dan ajak Ia bermain. Baik keliling komplek untuk berjemur di pagi hari atau ajak mengobrol meskipun responnya cuma "hao hao hakeng" saja.

Sedangkan ketika malam, persiapkan setelah isya, ia dalam keadaan nyaman untuk tidur, mulai dari pakaiannya yang hangat namun ga bikin gerah. Susui dengan kenyang. Lalu matikan lampu kamar. Atau jika takut banyak nyamuk bisa disiasati dengan kelambu atau lampu kamar yang remang.

Jangan lupa senandungkan lagu atau bacakan ayat-ayat penghantar tidur ya...

Sesuaikan suhu dan cahaya ruang


Nah, ini dia. Bayi akan merasa tidak tenang, gelisah ketika Ia kegerahan atau kedinginan. Oleh karena itu menyesuaikan suhu ruang penting untuk bayi bobo nyenyak. Sering kali Saya merasakan sendiri, rewelnya anak karena kegerahan atau kedinginan.

Mungkin jika gerah gampang sekali terdeteksinya dengan munculnya keringat banyak dikeningnya. Namun ketika kedinginan biasanya Saya salah duga, awalnya dikira lapar, Saya susui, tetap saja rewel, ditimang-timang tetap nangis, dicek popoknya bersih, setelah Saya mentok, baru kepikiran apa dia dingin? Akhirnya saya selimuti dan tak lama Ia pun terlelap sendiri, haha bayi oh bayi...

Dan seperti Saya bahas sebelumnya, cahaya pun mempengaruhi lho. Kalau Nafisa, bayi ini ga bakal merem selama lampu kamar masih menyala. Maka mematikan lampu adalah awal mula mimpi indah bagi Kita semua (Ibu dan Bayi).

Pastikan perutnya kenyang


Ada 2 alasan bayi terbangun yaitu lapar dan buang air besar. Maka Saya biasanya booster ASI agar Ia kenyang dan tak rewel. Alhamdulillah Nafisa, tidurnya nyenyak banget kalau malam. Dia hanya terbangun 3 kali minta susu sambil tetep merem :D.

Yakin deh, kalau baby tidurnya enak, pagi harinya Ia akan terbangun dengan ceria, ga pake nangis, tau-tau sudah melek saja dan ngoceh sambil senyum-senyum. Kalau sudah begitu, Hati Ibu mana yang ga bahagia melihatnya.

Perlengkapan Tidur Nyaman

Ini sudah pasti ya harus dipastikan betul-betul. Kita saja jika pakaian atau bantalnya ga nyaman susah tidur, yang ada bolak-balik aja ga merem-merem. Beda kalau bahan dan materialnya enak, lembut, ngademin, yang tadinya ga ngantuk juga bisa-bisa langsung pelor (nempel molor), upsss... :D

Untuk bantal, Saya punya solusi dong buat anak bayi biar bobo nyenyak dan nyaman. Iya pas kemaren itu sekaligus peluncuran bantal bayi dari Mooimom. Ada 2 jenis, yang pasti dari keduanya udah oke banget secara bahan, material dan kualitas.

Beirikut kedua Bantal bayi dari Mooimom itu ya :

Head Shaping & Flat Head Prevention Pillow


Head Shaping Pillow

Bantal ini dikhususkan untuk bayi baru lahir. Yaitu usia 0-6bulan. Didesign dengan bahan yang lembut dan berpori sehingga terhindar dari kegerahan. Selain itu, ada bolongan ditengahnya yang membuat bayi baru lahir nyaman menggunakannya. Support kepala dan leher bayi.


Saat Saya pegangpun bahannya halus dan bikin pengen meluk-meluk lalu tidur, untung saja inget kalau Saya sudah jadi Emak-emak :D.

3 Keunggulan Head Shaping Pillow Mooimom :

  • Menjaga kepala tetap bulat (anti peang)
  • Busa yang lembut dan nyaman
  • Bamboo Fiber Breathable dan Anti Bacterial

Flat Head Prevention Pillow



Nah kalau yang ini untuk 0-12 bulan. Pemakaiannya lebih lama, bantalnya pun lebar. Pas untuk bayi yang sudah mulai guling-guling. Bantal tersebut akan menyesuaikan pergerakan kepala bayi. Jadi bayi nyaman saja nengok sana-sini. 


Revalina Estemat sebagai Bintang tamu pun sharing tentang anaknya yang memggunakan bantal ini. Nyaman bergerak karena tidak ada bolongannya sesuai dengan usia anaknya.

Dari kedua bantal tersebut manfaatnya yaitu mencegah kepala bayi jadi peang dan support kepala bayi baru lahir yang lentur.

Dan karena bahannya yang empuk dan halus bisa membuat bayi tidur lebih lelap. Aku sih ga ragu ya kalau produknya Mooimom emang selalu bagus dan berkualitas. Makanya pas ada acara dari Mooimom, Aku excited luar biasa.

Karena Bayi yang nyenyak tidur sudah bisa dipastikan kualitas tidurnya pula. Sehingga bepengaruh terhadap tumbuh kembangnya dan kebahagiaan Ibunya, tentu saja :D.

22 comments:

  1. Akh bayi mah masih banyak tidur ya. Tips yang bermanfaat banget nih buat yang baru jadi ibu ya

    ReplyDelete
  2. Itu dikasih bantal mooimom bisa makin lama deh tidurnya.. hahaha.. ngenalin pola tidur tuh bener banget. Jadi mengenalkan proses siang malam dengan lampu ruang.

    ReplyDelete
  3. Kakak daku kadang memang begadang mbak, maklum ponakanku masih sebulan umurnya. Hemm, boleh nih rekomendasinya

    ReplyDelete
  4. betul banget mba, jangan membebaskan pola tidur bayi.
    rutinitas tidur anak itu perlu dilatih.
    sejak saya mulai kerja sejak cuti melahirkan pola tidur anak saya berantakan, karena dia sering menunggu orang tua nya sebelum tidur, sedangkan ayahnya sering pulang malam, jadi tidurnya bisa larut malam padahal itu tidak baik untuk anak. ini masih jadi pr saya, padahal anak saya sudah 30 bulan

    ReplyDelete
  5. Aku dulu juga ngelatih agar jadwal tidur anak saat bayi juga teratur. Memang tak mudah tapi harus dibiasakan :)

    ReplyDelete
  6. Bantal bayi ini mengingatkan saya ke anak majikan dulu. Sejak lahir sampai usia mau 7 tahun, ia menggunakan bantal sejenis. Ga mau yang lain, bolongnya itu yang ia suka. Hahaha
    Neneknya bilang itu bantal bisa bikin kepala anak bagus.

    ReplyDelete
  7. Wah asiknya kalau anak bisa tertidur lelap dan nyenyak di malam hari . Bunda jadi semangat mengurus anak di pagi hari. Tidak ngantuk

    ReplyDelete
  8. Bener banget, memilih bantal yang pas buat anak memang ngaruh ke nyenyak enggaknya dia tidur. Dan iya juga, ini ngaruh ke bentuk kepala anak. Bantal kayak gini manfaat banget buat cegah kepala anak jadi peang.

    ReplyDelete
  9. Aku suka sama bahannya. Bamboo fiber ini menurutku kain dengan bahan terbaik saat ini. Adem banget pastinya. Bentuk bantalnya juga bener bener menunjang supaya kepala bayi tetap di tempat dan gak bikin peyang ya. Dulu anakku sempet peyang.

    ReplyDelete
  10. Ini bantal Mooimom desainnya oke bangets..pasti nyaman buat bayi
    Dan setuju bayi yang nyenyak tidur akan berkualitas tidurnya. Sehingga tumbuh kembangnya baik dan Ibunya bahagia pastinya

    ReplyDelete
  11. semuanya sudah kulakuan kecuali beli pillow itu, maklum dulu anak2ku pakenya bantal beras yang dikasih eyangnya hehehe

    ReplyDelete
  12. Anakku jg pke bantal gitu bund.. Tp entah knp dia lbh suka gak pake bantal. Mungkin kainnya kurang nyaman ya.. Jd mupeng sm moimoom jg.

    ReplyDelete
  13. Betul mom, penting memperkenalkan siang dan malam ke bayi. Akupun dulu demikian. BtqBdluB aku ga oakaipbantak anti peuangp galau euy bermanfaat apa ngga ternyata emang bermanfaat yaa

    ReplyDelete
  14. Keren banget mooimom udah ngeluarin bantal bayinya, nanti next anak kedua bantal seperti ini bakalan jadi list yang harus dibeli

    ReplyDelete
  15. Iya aku kemarin pun rekomendasiin bantal ini ke temen-temen ku loh kak, karena memang bagus untuk membantu bayi baru lahir bisa tidur nyenyak

    ReplyDelete
  16. Bahkan bayi aja punya bantalnya sendiri ya mbak. Tapi emang demi bentuk kepala yang bagus maksimal, mooimom emang terkenal bagus produknya. aku pakai bra menyusui dari mooimom

    ReplyDelete
  17. Kalau anakku dulu berhasil dengan cara aku matikan lampunya, jd kebawa sampai gede. Trus siangnya mungkin waktu istirahatnya aku batasin dan mereka kubiarin main sampai capek hehe :D

    ReplyDelete
  18. Si eneng cantik pules banget tidurnya, Alhamdullilah Binar jam 9 malam dah pules dan ga begadang lagi

    ReplyDelete
  19. Duh si dedek gemes amat sih, liat bayi tidur nyaman di Mooimom aja senang banget ya apalagi kita yang bobok di bantal Mooimom ya. Hehehheee... Mooimom ini memang juara sih ya, karena kebetulan adikku juga pakai beberapa produk Mooimom dirumah.

    ReplyDelete
  20. wah jadi ingat dulu anakku yang pertama susah banget tidur malam sampai emak bapaknya begadang melulu 3 bulan. heu. sekarang alhamdulillah anaknya nggak terlalu susah tidur kalau malam

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah masa2 begadang sdh lewat, anak ku sdh balita sekarang. Bantal mooimom seperti nya rekomended bgt ya buat ibu2 yg pasca melahirkan, cuzz ah kasih tau sepupu ku yg habis melahirkan. Mks info nya ..

    ReplyDelete
  22. Ternyata kualitas tidur anak punya pengaruh terhadap tumbuh kembang anak ya mbak, saya baru tahu dan mesti banyak belajar.

    ReplyDelete