Sunday, May 12, 2019

Doa Khatam Qur'an

Bismillah...
pinterest

Assalamu'alaikum Temans, sudah menginjak hari ke-7 Ramadhan 1440H ni. Sudah sampai manaa tilawahnya? Para sahabat dulu berlomba-lomba mengkhatamkan Qur'an. Seminggu bisa beberapa kali khatam bahkan dalam hitungan hari. Masya Allah...

Kita? Setidaknya mendekati iya kan? Karena toh ternyata ada juga yg baru 1hari sudah 10Juz lho. Kereeen...

Tapi ngomong-ngomong sudah pada tahu belum Doa khatam Qur'an? Yang masa kecilnya sering ngaji pasti sudah tidak asing lagi karena sering dilantunkan seusai bubaran ngaji setiap hari. Bahkan nadanya syahdu banget, enak untuk dilantunkan dan diulang-ulang. Terjemahannya pun luar biasa bagusnya. Jadi sayang banget kalau sehabis khatam terlewat membaca doa ini.



Langsung aja ya, Saya fotokan dari Qur'an Saya yang lawas dari zaman SMA (masih awet karena pemberian seorang Kakak di Kobong, Barakallahu fik).

Feel free kalau mau disave ya.

Artinya :
"Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur'an, dan jadikan Al-Quran sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku.

Ya Allah, ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al-Qur'an. Ajarilah aku apa-apa yang belum aku ketahui dari Al-Qur'an. Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al-Qur'an Hujjah bagiku (yang dapat menyelamatkanku) wahai Tuhan seru sekalian alam.

Ya Allah, benahilah (pengetahuan dan pengamalan) agamaku, yang akan menjadi penjaga urusanku. Benahilah duniaku, tempat aku mencari penghidupan. Baguskanlah kehidupan akhiratku, tempat aku kembali. Jadikanlah hidupku sebagai tempat untuk melaksanakan segala kebajikan dan jadikanlah matiku sebagai pemutus segala keburukan.

Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku (agar menjadi amal yg terbaik) di akhir usiaku. Hariku yg terbaik adalah hari disaat aku bertemu dengan Mu (kelak). 

Ya Allah, aku memohon hidup yg nyaman, mati yg tenang dan tempat kembali akhirat yg tidak memalukan dan menghinakan.

Ya Allah, aku meminta permintaan terbaik, permohonan terbaik, keberhasilan terbaik, ilmu terbaik, amal terbaik, pahala terbaik, kehidupan terbaik, kematian terbaik dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu. Beratkanlah timbangan (amal baikku), kukuhkanlah imanku, tinggikanlah derajatku, 
terimalah shalatku, ampunilah kesalahan-kesalahan, dan aku memohon surga yg paling tinggi kepadamu.

Ya Allah, pastikanlah aku memperolah RahmatMu, meraih ampunanMu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraup keuntungan berupa surga dan terlepas dari siksa neraka.

Ya Allah, baguskanlah akhir semua amal kami serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan siksa akhirat.

Ya Allah, berilah kai rasa takut kepada Mu yang akan menghalangi Kami dari berbuat maksiat. Anugerahilah Kami ketaatan kepada Mu yg akan mengantarkan Kami memasuki surga Mu.  Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah yg menimpa hidup kami. Limpahi kami kepuasan dengan pendengaran, penglihatan,  dan kesehatan selama Engkau menghidupkan kami, serta jadikanlah semua itu sebagai warisan bagi kami. Hadirkanlah seorang penuntut bagi siapa saja yg mendzolimi Kami. Tolonglah Kami dari orang-orang yg memusuhi Kami. Janganlah Engkau jadikan musibah dalam agama Kami. Janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan utama Kami, dan tidak pula tujuan ilmu kami. Janganlah Engkau tempatkan Kami di bawah kekuasaan orang-orang yg tak menyayangi kami. 

Ya Allah, janganlah Engkau sisakan secuil dosapun (bagiku) melainkan Engkau ampuni semuanya, Janganlah Engkau tinggalkan sebersit keraguanpun (bagiku) melainkan Engkau hilangkan semuanya, Janganlah Engkau tinggalkan sepeser utangpun (bagiku) melainkan Engkau melunasi semuanya,  Janganlah Engkau abaikan segala kebutuhan dunia dan akhiratku melainkan Engkau penuhi semuanya, wahai Dzat Yang Maha Pengasih dari segala yg pengasih.

Ya Tuhan Kami anugerahilah Kami kebaikan di dunia dan akhirat, serta jagalah Kami dari siksa api neraka. Semoga Allah mencurahkan shalawat atas Nabi kita Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya yg terpilih, serta salam yg berlimpah ruah."

Masya Allah, sungguh luar biasa sekali bukan doa'anya. Jika diresapi benar-benar akan membuat air mata meleleh dengan sendiri. 

Yuk, amalkan selepas khatam Al-Qur'an!

Salam
Shine Fikri

1 comment: