@copy right : Shine Fikri. Powered by Blogger.

Keutamaan Dan Cara Melakukan Sedekah Subuh

Bismillah...


Sedekah subuh memiliki keutamaan dibandingkan sedekah pada waktu lainnya. Di saat sebagian orang masih terlelap tidur, anda sudah sibuk untuk meraih ridho Allah Subhana wa Ta’ala dengan bersedekah.


Tidak selalu berbentuk uang saja, sedekah subuh juga bisa dilakukan dengan cara lainnya seperti berzikir, membai makanan kepada tetangga, mengajar ngaji, atau melakukan berbagai kebaikan lainnya yang bersifat sosial. 


Sedekah subuh ini bisa dilakukan sejak azan subuh sampai terbit fajar. Lakukan hal ini sedikit demi sedikit namun tetap konsisten (itiqomah) setiap harinya. Dengan begitu, anda akan mendapatkan manfaat dari sedekah Subuh yang telah dijanjikan Allah Subhana wa Ta’ala. 


Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang keutamaan dan cara melakukan sedekah Subuh sebagai berikut.


Keutamaan Sedekah Subuh

1.    Dua Malaikat datang Mendoakan

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, “Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah”. Malaikat yang satu berkata, “Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).


2.    Dikabulkan Segala Keinginan

Selain didoakan oleh malaikat,  manfaat sedekah Subuh juga bisa menjadi sarana dikabulkannya segala permintaan kita. Jadi, dengan bersedekah di Subuh hari yang diiringi doa bisa membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat segala penyakit, hingga memudahkan segala urusan yang sedang kita hadapi saat ini.

3.    Dapat Menghapus Dosa

Perlu diketahui bahwa sedekah Subuh dapat menghapus dosa dan membawa ketenangan hati bagi orang yang melakukannya. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits sebagai berikut :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

4.    Harta Menjadi Berkah

Anda jangan pernah merasa khawatir berkurangnya harta lantaran sering bersedekah. Pasalnya, memberikan sedekah di waktu Subuh kepada orang yang membutuhkan, justru akan membuat harta anda semakin berkah. Artinya, harta anda akan diganti berlipat-lipat oleh Allah Subhana wa Ta’ala.

Namun saat bersedekah kita harus melakukannya secara ikhlas dan tulus supaya amalan diterima Allah Subhana wa Ta’ala. Jadi, bukan semata-mata bersedekah hanya mengharapkan mendapatkan imbalan yang lebih dari-Nya.

5.    Didekatkan Pada Pintu Surga dan Dijauhkan Dari Api Neraka

Ternyata bersedekah juga bisa mendekatkan orang yang melakukannya pada pintu surga dan menjauhkannya dari api neraka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR. Buhkari dan Muslim).

Cara Melakukan Sedekah Subuh

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bersedekah di waktu subuh, seperti :


1.    Mengisi kotak amal di Masjid setelah mengerjakan sholat Subuh berjamaan di Masjid. Bagi kaum Adam bisa langsung memasukkannya sendiri ke dalam kotak amal, sementara kaum wanita bisa menitipkannya ke suamu atau anak yang pergi ke Masjid.

2.    Anda bisa mentransfer sejumlah urang melalui rekening di waktu setelah sholat Subuh kepada orang tua, kerabat, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lain sebagainya.


3.    Memberikan makanan dengan cara langsung diantar ke rumah tetangga, ke pondok pesantren, abang becak yang lewat, panti asuhan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan setelah Subuh sebelum matahari terbit.

4.    Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan di waktu setelah sholat Subuh.

Nah, bagaimana teman-teman, masya Allah ya sungguh dahsyat keutamaan sedekah Subuh. Semoga Kita bisa senantiasa mengamalkannya dengan istiqomah, aamiin...

6 comments

  1. Masyaallah, sedekah sederhana yang bisa dilakukan saat pagi, nih sangat bermanfaat dan mudah dilakukan apalagi berdzikir serta mengajar anak ngaji.

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata banyak manfaatnya sedekah saat subuh, belum pernah kepikiran apalagi melakukan sedekah saat subuh, sih. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Hemm saat yang lain tidur kita sedekah subuh, menarik untuk dilakukan apalagi caranya sederhana. Mungkin untuk mengawali bisa berdzikir nih, hehe.

    ReplyDelete
  4. Sedekah subuh saya pikir membagikan makanan atau yang lainnya saat yang lain masih tidur, eh ternyata bisa dilakukan dengan berdzikir atau mengaji.

    ReplyDelete
  5. Wah bisa dipraktikkan ini seperti mencari rezeki yang harus dilakukan sepagi mungkin agar tidak dipatok ayam begitulah kita berlomba-lomba untuk sedekah subuh, hehe.

    ReplyDelete
  6. Semoga aku bisa lebih disiplin soal ini. Dulu alasannya suka bingung mau sedekah kemana pagi2 buta begitu. Tapi kalo skr mah, ada banyak lembaga sosial yang bisa menerima infaq dan sedekah hanya melalui gadget kita. Walopun memang hrs tetep hati2 memilih lembaga yg amanah.

    Jadi skr ini, kalo udah bingung mau sumbangan kemana, aku LBH sering melakukan lwt transfer ke lembaga sosial tertentu mba. :).

    ReplyDelete