Sunday, July 25, 2021

Liburan Ke Planet Mochi Bersama PaddlePop, Main Yuk!

Bismillah...


Anak dirumah aja? Wah, harus pandai-pandai ni Ibunya menyajikan mainan kreatif. Anak pasti sudah bosan ya selama setahun setengah ini dengan kondisi di rumah saja. Tapi ya apa mau dikata karena memang kondisinya tidak memungkinkan main di luar sebebas dulu. 

Beruntungnya PaddlePop ngadain acara virtual yang seru dan membuat anak jadi teralihkan dari kebosanan walaupun di rumah saja. Tanpa pikir panjang, Saya langsung ajak Nusaiba untuk seru-seruan bersama PaddlePop. 


Sabtu, 17 Juli 2021, Nusaiba mengikuti Liburan ke Planet Mochi bersama PaddlePop. Awalnya sih masih ngeraba-ngeraba dan Ia penasaran sekali :

Mi, Planet Mochi itu kayak apa?

Kita bakal ngapain aja di sana?

Saya jawab saja bahwa saya tidak tahu namun ada bahan-bahan yang harus disiapkan untuk hadir di liburan kali ini. Ia pun akhirnya mengangguk setelah diberi penjelasan singkat.

Are you ready to vacation? yeees...

Kami disambut dengan keseruan dari Kak Melki Bajaj X Buumi Playscape. Untuk menambah semangat, anak-anak diajak untuk Dance Mochi yang dipandu oleh Kak Lintang. Nusaiba sendiri awalnya malu-malu, namun karena lagunya khas anak-anak banget jadi deh dia senyum-senyum sendiri dan akhirnya mau mengikuti, yeaaay... Lagunya asik untuk dibuat ngedance.

Pertama kita diajak berpetualang ke Planet Jupiter. Banyak fakta menarik tentang Planet Jupiter.  

Fakta Menarik Tentang Planet Jupiter

 
Fakta Planet Jupiter

 

Liburan dan penjelajahan Kita kali ini adalah jalan-jalan ke Planeta Jupiter. Ga nyangka ternyata banyak Fun Facts yang baru kami ketahui lho, diantaranya seperti :

  • Jupiter adalah Planet terdekat kelima dari matahari.
  • Jupiter adalah Planet TERBESAR di Tata Surya
  • Nama Jupiter diambil dari Raja Para Dewa dalam mitologi Romawi karena merupakan Planet Terbesar.
  • Jupiter memiliki cincin seperti Saturnus, namun sulit untuk dilihat.
  • Jupiter dikelilingi oleh 79 bulan. 4 bulan terbesar jupiter yang pertama kali dilihat oleh Galileo Galilei bernama IO, Europa, Ganymede dan Callista.
  • 1 hari di Jupiter hanya berlangsung selama 10 jam.
  • Jupiter adalah raksasa Gas yang terdiri dari Hidrogen dan Helium.

Wow, menarik ya? Pantas saja ada istilah terang benderang diterangi sinar bulan ya ternyata memang nyata adanya, buktinya saja jupiter dikelilingi 79 bulan, banyaknya, kebayang ga seberapa terangnya?

Misi Liburan Ke Planet Mochi

Selain Fun Facts tentang Planet Jupiter yang bentuknya bulat seperti Mochi Cokelat Vanila Paddle Pop, Kita diajak untuk berkreasi bersama yang dinamakan dengan Misi Liburan Ke Planet Mochi. Misinya ada Moon Dough Pottery, Alien Egg Game dan Mochi Sugar Swirl. Let's gooo...

Moon Dough Pottery 

 

Kita mulai dengan misi yang pertama ya... Kami dipandu oleh Kak Ninda untuk kreasi setiap misi perjalanannya.

Siapkan bahan-bahannya yuk!

  • Tepung terigu (15 sdm)
  • Kopi bubuk (1 sdm)
  • Air hangat (sekitar 15 sdm)
  • Cookie cutter/cetakan bintang
  • Rolling pin
  • Wadah atau mangkuk
  • Gelas bermulut bundar

Caranya campur semua bahan, setelah adonan kalis, pipihkan dengan rolling pin. Setelah tipis barulah cetak dengan cetakan bintang atau jika tidak punya, cetakan apa saja yang ada di rumah dan yang paling  memungkinkan adalah cetakan dengan menggunakan gelas bermulut bundar. Cetak dua kali bertindihan, lalu angkat sisa-sisa adonan. Dan taraaa hasilnya seperti di bawah ini ya... 

Moon Dough Pottery

Manfaat misi kali ini adalah Melatih motorik halus anak dan juga meningkatkan kreatifitas anak.

Alien Egg Game

 

Alien Egg Game

Di misi kali ini, Kita akan menyelamatkan telur-telur Alien. Ceritanya telur-telur tersebut terperangkap dan harus diselamatkan. Bagaimana cara membuat permainannya?

Siapkan bahan-bahannya, yuk!

  • Balon warna-warni (10 pcs)
  • Glitter (10g)
  • Air
  • 2 buah ember atau wadah besar
  • Kursi

Cara membuatnya balon warna-warni tersebut diberi air sehingga berbentuk telur-telur. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah terisi air dan glitter. 

Jadilah telur-telur alien yang terjebak yang sudah siap untuk diselamatkan satu per satu. Sambil memindahkan, ajaklah anak untuk berhitung. Wah, Nusaiba happy sekali karena anak mana sih yang tidak suka dengan permainan air? hihi...

Menfaat misi bermain kali ini adalah melatih motorik anak dan melatih kemampuan berhitung.

Mochi Sugar Swirl

 

Mochi Sugar Swirl

 

Pindah ke misi yang teakhir yaitu Mochi Sugar Swirl, misi kali ini yaitu menghias si Mochi yang embul nan manis menjadi bentuk unik dan lebih menarik. Nusaiba sendiri membuat Mochi nya seperti matahari yang menerangi bumi. Langsung saa yuk...

Siapkan bahan-bahannya!

  • Paddle Pop Mochi Choc Vanilla
  • Gula halus
  • Susu (1-2 sdm)
  • Pewarna Makanan
  • Wadah atau mangkuk
  • Piping bag (opsional)

Kreasikan Mochi mu dengan hiasan yang ada dalam bahan-bahan ya. Manfaat Bermain dalam misi ini adalah melatih motorik halus dan meningkatkan kreatifitas sesuai imajinasi anak.

Dengan berakhirnya misi yang ketiga, berakhir pula liburan ke planet mochi. Dan kami mendarat lagi ke Planet Bumi dengan selamat. Pesan penting dari Kak Nurul adalah Bermain itu baik untuk anak. Ya, karena bermain adalah dunianya anak-anak. So, buibu, sudahkah ajak anak bermain hari ini?

Nah, bagaimana teman-teman sudah kah kalian ikut berpetualang liburan bersama Paddle Pop? Jika belum, jangan lewatkan undangan si Singa Paddle Pop yang  penuh imajinasi dan kreatif di instagramnya @paddlepop.idn ya... Dan semua itu Gratiiiis. Seru ya? Sudah diajak senang-senang, dikasih ide permainan kreatif, gratis pula...

Yuk Bu, ajak anak untuk berkreasi dengan hasil liburan Kami ke Planet Mochi! Jangan lupa siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya... Selamat berkreasi!

20 comments:

  1. Seru banget..ya anak2 bergembira tetapi juga menambah wawasan soal planet...

    Terimakasih paddle pop

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya ini kegiatan Planet Mochi, aku jadi pengen coba ikutan juga deh untuk si kecil bermain di rumah

    ReplyDelete
  3. Lucu-lucu ya kreasi mochinya..dibikin alien egg jadi imut tuh telurnya.. Cakep juga nih menghiasnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, bagi anak2 mah segitu aja udah seru banget yak

      Delete
  4. Seru yaa.. aku dan anakku ikut yang ke Planet Jupiter. Solusi banget pas liburan anak-anak kemarin di masa PPKM Darurat jadi lebih seru walau dirumah aja

    ReplyDelete
  5. Seru banget ya liburan bareng paddle pop mochi...
    Bermain tapi sambil belajar juga...

    ReplyDelete
  6. Bagian menghias mochi itu seru banget ya. Abis itu bisa dimakan pula. Bahagia dan kenyang deh jadinya.

    ReplyDelete
  7. Wah seru sekali yaaa, ikut liburan berpetualang ke Planet Mochi, jadi momen quality time bareng anak-anak juga yaa

    ReplyDelete
  8. Anakku paling semangat pas hias - hias mochi nih. Semangat banget hias mochinya, tiap liat Paddle Pop Mochi langsung reflek sediain mangkok mau bikin warna-warna

    ReplyDelete
  9. Seru banget sih kembaran Binar wkwkwkkw eh ini si kakak ya? Kok mirip ya, itu edukatif banget ya, mau dung Pendar ikutan

    ReplyDelete
  10. Jadi mau ikutan deh menghias mochi. Seru juga ya mochi paddle pop di buat bentuk-bentuk planet gitu. kemarin aja Adek Fi seneng banget berpetualangan di dunia bawah laut. Skrg saatnya keluar angkasa.

    ReplyDelete