Wednesday, October 9, 2019

Cikole Grafika : Wisata Hutan Pinus Di Lembang

Bismillah...


Ketika Mudik ke Subang Jawa Barat, memanfaatkan waktu libur setelah lebaran tentu asyiknya dengan berpiknik. Lokasi tujuan saya selalu Lembang ke atas. Pasalnya dengan mencium aroma pegunungan dan merasakan sejuknya udara, saya sudah senang ga ketulungan.

 Untuk itu, saya semacam mengajukan wishlist pada suami. Pokoknya setelah lebaran wajib jalan-jalan ke Lembang sekitarnya.

Tepatnya dimana? katanya...

Maribaya sudah.
Tangkuban perahu sudah.
Ciater bosen.
De Ranch kayaknya ga deh.

Terlintas kebun strawberry dimana saya dan anak gembira memetiknya. Ya, akhirnya diputuskanlah Cikole sebagai target utama tamasya kita kali ini.



 
Selain lokasinya yang strategis, Cikole memang disebut-sebut sebagai wisata pinus. Tempatnya hanya beberapa km saja dari Tangkuban Perahu. Ada beberapa Cikole disana, dan yang sayankunjungi adalah Cikole Grafika.

Turun dari mobil kami disambut oleh receptionist restaurant.

"Selamat siang ada yang bisa kami bantu?"
"Untuk pembelian tiketnya dimana ya mba?"
"Oh untuk pembelian tiket disana Ibu, masing-masing orang dikenakan tiket 15ribu untuk usia 5tahun ke atas. Dibawah usia itu free. Tapi jika Ibu terlebih dahulu makan direstaurant kami, maka kami tidak kenakan tiket masuk, free, sudah langsung bisa menikmati panorama."

Berhubung ketika itu, kami bawa timbel (bekel) dari rumah, akhirnya kami pun memutuskan untuk membayar HTM 15rb/orang saja.

Dari luar memang tempatnya mirip rest area, karena ada restaurant dan beberapa kedai tempat jajan.

Namun ketika menuruni anak tangga, Kita akan langsung terpukau dengan keindahan alamnya. Yang dihias rapi dengan ornamen-ornamen kurcaci-kurcacian dan saung-saung.







Tempatnya sejuk, meskipun kita capek berkeliling,  harus turun naik tangga karena tempatnya yang berbukit-bukit, tidak menjadikan kami lelah, rasanya semangat saja yang ada, hawa sejuk sebagai penawar lelah itu sendiri.

Untuk tiket setiap wahana, ada yang masing-masing ada pula yang paketan atau tiket terusan. Jika hanya membawa 2 anak, enaknya sih gunakan tiket terusan. Namun, jika membawa ponakan ikut serta ya tergantung sesuaikan saja dengan budget yang ada, hihi...

Dan berikut detail Harga Tiket dimasing-masing wahana :

Ada wahana apa saja disana?


1. Rumah Pohon

Duuuh, please skip aja penampakan modelnya ya. Fokus sama Rumah Pohonnya, uwuw...

Rumah yang tingginya setara dengan pohon ini asyik sekali bagi anak usia 7 tahun ke atas yang suka dengan petualangan. Anak akan diajak menyusuri setiap jengkal jembatan kayu-kayu yang disambungkan dari satu pohon ke pohon lain.

Harga tiket untuk menikmati petualangan seru rumah pohon dihargai Rp. 50.000,-/anak. Harga tersebut sudah termasuk
-Jembatan Pelangi
-Jembatan Gantung
-Jembatan Oval
-Spider Web
-Climbing Kid
-Flying fox 1 jalur
-Dan 1 cup jus strawberry segar.

Worth it lah ya dengan harga 50ribu, anak bisa mendapatkan banyak pengalaman menantang dari rumah pohon tersebut.


2. Flying Fox

Flying fox ini termasuk dalam kategori personal game, jika hanya ingin berpetualang di ketinggian. Meluncur di atas 125m untuk anak dan flying fox PP alias bolak-balik di ketinggian 250m. Jujur sih, saya mupeng banget ketika melihat lalu-lalang orang bergelantungan di atas awan, tapi apalah daya karena saya sendiri sadar diri, perut sedang buncit :D

Harga tiket :
Flying Fox 1 jalur (12m) = Rp. 15.000,-/pax

Flying Fox PP (250m) = Rp. 25.000,pax

Kalau dilihat dari harga dan keuntungannya sih enakan yang PP ya, soalnya lumayan juga jarak antara start dan finish, kalau bolak-balik kan, jadi gampang ga usah muter buat balik lagi kumpul bersama keluarga yang ditinggal main :D



3. Memberi makan rusa + petik strawberry

 

Kebun ini adalah target saya banget. Setelah asyik berpetualang kilar-kilir melihat pemandangan alam, kami pun tiba di Kebun Strawberry. Namun sayang sekali, kami tidak dapat memetik buah strawberry nya karena masih kecil-kecil dan belum berbuah banyak.

Harga Tiket masuknya hanya Rp. 10.000,-/anak. Anak dibawah 5 tahun, free HTM. Dengan harga tersebut kita akan mendapatkan

1 cup jus strawberry yang diberikan ketika kita selesai dan hendak keluar. Dan memberi makan rusa dengan diberikan 1 ikat wortel di dalam keranjang yang telah tersedia. Dan voila, bukan hanya rusa saja yang berkeliaran menyambangi kita, melainkan ada domba-domba lucu macam shaun the ship yang mengembek ketika melihat kami berdatangan menenteng wortel. Aih, seruuu deh. Apalagi anak-anak, happy banget, meski awalnya takut-takut untuk memberikan wortel ke mulut rusa dan domba.

"Eh, ternyata bulunya seperti kucing ya." Seru Fathan ketika memberanikan diri mengelus rusa yang berkeliaran.

Disini anak bisa mendapatkan pengalaman baru berinteraksi dengan hewan bahwa hewan pun butuh makan untuk bertumbuh dan kasih sayang sesama makhluk itu emang perlu, toh mereka ga bakal menyerang kita, jika tak diserang. Hukum alam kan ya. Benar-benar berbeda. Yang biasanya anak disekat oleh pembatas kawat untuk memberi rusa, kini bahkan mereka berlarian dan berdampingan dengan rusa-rusa.



4. Rumah Kurcaci

Ini dia rumah kurcaci yang bentuknya mini-mini dengan segala patung-patung kurcaci yang ada di dalamnya. Menikmatinya tentu saja free. Ini salah satu fasilitas Cikole Grafika yang disuguhkan untuk pengunjung secara cuma-cuma. Alamnya juga mendukung. Kita akan dibawa seperti ke dunia kurcaci yang ada di tv-tv dengan nuansa Eropa, tentunya.

Disini kita dapat berfoto, istirahat dan menengok setiap sudutnya. Banyaknya gambar menunjukkan aktivitas sebuah keluarga kurcaci.


5. Glamping

 

Sudah pada paham dong dengan Glamping atau Glamorous Camping? Pastinya. Karena Glamping rasa hotel ini sedang hits di kalangan para traveller. Ada beberapa kategori dari Glamping ini yang disesuaikan dengan bentuk, fasilitas dan tentu budgetnya.

Dome Charliedi
Harga sewanya dibandrol Rp. 460.000,-/malam. Sudah termasuk pajak dan service dengan kapasitas untuk 4 orang. Harga sewa tersebut sudah termasuk :
  • 4 buah sleeping bag
  • seikat kayu bakar
  • 4 jagung mentah untuk dibakar
  • listrik

Tempatnya nyaman dan aman. Karena di fasilitasi toilet, mushola dan security service 24 jam. Untuk tendanya pun kokoh sehingga tidak perlu khawatir terbawa angin dan ketika hujan, bagian dalam tenda tetap aman, tidak basah terciprat atau terkena rembesan air hujan.

Ketika saya bertanya kepada para pelayan yang hilir mudik melayani customer, per malamnya 

6. Archery

Olahraga memanah ini memang sedang digandrungi. Pasalnya selain nyunah, hanya orang-orang dengan fisik kuat saja yang bisa melakukan olahraga ini. Selintas memang terlihat enteng ya, namun ketika memegang dan menarik busurnya, maka otot-otot tangan akan bekerja melebihi menimba air. Jika belum terbiasa, usahakan pemanasan dulu saja, karena jika tidak, siap-siap saja pegel-pegel seluruh badan. 

Anda dapat menikmatinya di Cikole Grafika. Dengan detail sebagai berikut :

Harga : Rp. 75.000,-/pax

Fasilitas :
  • Instruktur
  • Guegle
  • Anak Panah (Arrow)
  • Busur (Bow)
  • Area

7. Paint Ball
Bagi kamu yang suka dengan pertarungan, wahana ini sangat cocok untuk kamu menciptakan keseruan bersama teman atau keluarga. Dengan tempat yang sangat mendukung sekali, kamu akan merasakan petualangan berbeda.
Harga : Rp. 85.000,-/pax

Fasilitas:
Peluru 40 butir/pax
Seragam dan rompi
Guegle
Area
Instruktur

8. Spot-spot cantik disekitar

Selain dapat menikmati wahana yang begitu beragam dan menantang, kita juga disuguhkan dengan spot cantik instagrammable. Bisa foto sepuasnya dan menikmati keindahan alam pinus yang memukau. Bahkan anak-anak seru sekali bermain, lari-larian dan memunguti buah pinus. 



Oya, ada juga paket terusan lho... Dengan detail sebagai berikut :

Paket Terusan
Harga : Rp. 50.000/pax

Wahana
Flying Fox PP (250 m)
Jembatan Tali 2 (20 m)
Jembatan Goyang ( 20 m)
Turun Tebing (ketinggian 15 m)

Nah, jika kamu hendak mengadakan family gathering atau datang rame-rame dengan minimal 20 orang, bisa menikmati Game Sendiri dengan detail sebagai berikut :

Game Sendiri

Harga : Rp. 30.000,-/pax

Area
Flying Fox PP (250 m)
Jembatan Tali 2 (20 m)
Turun Tebing (ketinggian 15 m)

Dan masiiih banyak lagi wahana seru lainnya. Langsung cuuus saja ke sini yes. Jangan lupa cerita di komen kalau sudah pernah ke sini ya... Have a nice holiday...

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Sungguh Terbaik ya gan ! Semoga Saya terus berkunjung disini, kunjungi juga ya gan situs yang pernah saya kunjungiAduQ Online terpercaya, Thanks bruhh.

    ReplyDelete