Friday, February 15, 2019

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

Sumber gambar : pixabay

Apa yang terlintas ketika berbicara tentang Asuransi anak? Tentu saja asuransi kesehatan terbaik untuk anak dalam segi manfaat dan juga pelayanan bukan? Awalnya saya sendiri tidak terlalu paham mengenai asuransi anak. Namun setelah mendapatkan pengalaman yang begitu menyakitkan dan beberapa kali anak sakit maka kesadaran itu mulai muncul. Betapa pentingnya cover kesehatan bagi siapapun bernama manusia termasuk anak-anak. Karena Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan kelak. Berusaha adalah cara terbaik untuk menyiapkan dan menghadapi apapun yang terjadi nanti.


Saya mengumpulkan berbagai macam literatur yang memuat tentang asuransi anak. Dulu ketika suami masih jadi pekerja kantoran, asuransi kesehatan tidak menjadi beban karena semuanya telah dicover oleh perusahaan. Kini ketika suami usaha sendiri, hal ini menjadi prioritas. Sempat menggunakan BPJS yang disediakan oleh pemerintah. Sayangnya, di negara kita ini selalu ada pelanggaran ketika sebuah aturan diberlakukan. Ada saja oknum yang menggiring asas manfaat untuk rakyat ini ke dalam kepentingan pribadi. Sehingga banyak yang mengeluhkan akan hal ini. Setiap warga yang menggunakan BPJS tidak lagi menjadi prioritas. Ada yang salah dalam manajemen BPJS. Ketika yang sakit itu diberikan beban berupa pelayanan tidak baik, cuek bin bebek dan diketusi, bukan malah sembuh yang ada semakin menjadi kronis menjalar menjadi sakit hati.

Bahkan sampai ada yang bilang "Orang miskin dilarang sakit" di negeri ini. Ini bukan lagi lelucon namun benar adanya. Oleh karena itu, bermunculanlah asuransi swasta yang berlomba-lomba lebih baik. Lalu ketika berbicara asuransi kesehatan untuk anak. Adakah yang terbaik yang bisa dijadikan pilihan? Tentu saja ada. Dengan memperhatikan cara berikut ini :

Pilih asuransi yang dapat dipercaya

Kepercayaan itu dekat sekali dengan siapa atau yang menjadi pegangan. Dalam jasa seperti ini tentu saja OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai pengawas keuangan dan penjamin. Oleh karena itu, pastikan betul bahwa perusahaan asuransi yang Anda pilih terdaftar di OJK. Selain itu, jika menyangkut keuangan sebisa mungkin ada perjanjian tertulis. Sehingga jelas ketika ada sesuatu yang tidak sesuai nantinya, bisa dibicarakan dan merujuk pada perjanjian tersebut yang telah disepakati.


Jaringan rumah sakit yang luas

Berbicara asuransi kesehatan artinya berbicara fasilitas kesehatan juga. Lihat dan pastikan berapa banyak rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang akan kita pilih. Hal ini dapat memudahkan kita ketika keadaan darurat. Sebisa mungkin Rumah Sakit favorit atau langganan Anda masuk menjadi salah satu jaringan asuransi tersebut.

Asuransi cashless

Ini artinya perusahaan langsung menanggung pembayaran biaya pengobatan kita seketika itu juga bukan sistem reimburse yang artinya harus kita tanggung dulu, setelah beberapa bulan baru dibayarkan. Pilihlah yang sistemnya cashless karena akan sangat bermanfaat dan memudahkan kita dalam pengobatan. Anak sakit itu inginya tenang bukan? Maka dari itu pilih asuransi yang paling memudahkan kita dalam kebermanfaatannya.

Sesuaikan dengan kebutuhan 

Menyesuaikan dengan kebutuhan harus masuk dalam skala prioritas. Ketika kebutuhannya asuransi kesehatan untuk anak, ya sudah pilihlah asuransi yang mencover tersebut. Bukan asuransi yang banyak printilannya. 

Asuransi yang mengcover rawat inap dan jalan

Inginnya kita sebagai orangtua melihat anak selalu sehat namun ketika keadaan diluar kendali kita apa boleh buat. Mau tidak mau, suka tidak suka harus menjalaninya. Oleh sebab itu pilihlah asuransi yang mencover keduanya, rawat inap dan jalan. Karena ada asuransi kesehatan yang hanya mencover salah satu dan bahkan kebanyakan seperti itu. 


Unlimited (tanpa limit per perawatan)

Disinilah pentingnya asuransi, apalagi untuk wiraswasta yang tak dicover oleh siapapun. Maka memilih yang mengcover tanpa limit atau batas nominal pengobatan yang harus dicari. Agar nantinya kita hanya fokus pada pemulihan sang anak, sudah tidak dipusingkan lagi dengan biaya-biaya lainnya.

Jangan mengambil asuransi via telpon 

Hindari mengambil sebuah keputusan via telpon ketika melakukan transaksi. Apalagi yang sifatnya mengenai pembiayaan. Karena akan banyak sekali informasi yang ter-skip. Oleh karenanya datang langsung, cari tahu dengan detail asuransi yang akan dipilih barulah tentukan. 

https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan

Itulah sebagian cara untuk menentukan asuransi kesehatan terbaik untuk anak. Semoga bisa diaplikasikan ya ketika hendak memilih. Karena jika salah pilih efeknya tentu akan sangat fatal. Pilihan lainnya bisa coba ke https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan ya. Selamat mencoba! :)

1 comment: