Wednesday, February 13, 2019

5 Cara Memilih Asuransi Kendaraan Dengan Tepat

Sumber gambar : pixabay

Kendaraan merupakan barang yang memiliki nilai tinggi sebagaimana rumah. Merawatnya adalah keharusan dan mengasuransikannya merupakan pilihan. Karena sebagaimana kita tahu pasti selalu ada resiko dalam setiap barang yang bernilai tinggi. 



Seperti contohnya Saya membeli mobil second dengan cara cash dan tidak mendapatkan jaminan. Merasakan betul bagaimana asuransi itu berperan. Apalagi ketika Kita benar-benar baru belajar menyetir ketika memilikinya. Akhirnya ketika nabrak tembok, nyerempet garasi ketika parkir, penyok-penyok tersebut hanya bisa ditatap dengan nanar kemudian menelan ludah , betapa nyeseknya setiap kali perbaikan harus mengeluarkan kocek jutaan. Belum lagi service-service bulanan seperti ganti oli, perbaikan mesin dan lain sebagainya.

Untuk itu asuransi semacam kebutuhan untuk mengcover biaya ketika kendaraan kita sakit. Tabungan untuk jaminan kesehatan kendaraan kita.  Yang nantinya akan begitu bernilai manfaat yang ada padanya.  Lalu bagaimana cara memilih asuransi kendaraan dengan tepat dan benar? Tips berikut ini mungkin bisa menjadi acuan dan pertimbangan.



1. Tentukan sesuai kebutuhan

Yang pertama sekali yang harus dipilih adalah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan kita. Ketika kita mengetahui kondisi kendaraan maka dengan mudah kita bisa menentukan pilihan. Biasanya ada 2 macam asuransi kebutuhan untuk kendaraan seperti asuransi All Risk dan TLO (Total Loss Only). Dimana asuransi All Risk akan menjamin semua resiko yang terjadi sementara TLO hanya mengcover 75% kerusakan kendaraan ke atas. Jadi lecet-lecet ringan atau kecelakaan kecil tidak ditanggungnya. 


2. Pelajari Produk Knowlede

Mempelajari secara terperinci tentang asuransi yang akan kita beli merupakan cara tepat agar kita terhindar dari hal yang tak diinginkan. Seperti tertipu atau kerugian yang akan kita tanggung nantinya. Memastikan bahwa produk yang akan kita beli juga membawa manfaat dan keuntungan untuk kita. Logikanya, jika produk tersebut tidak memberi manfaat apapun untuk kita, kan buat apa? Mubadzir. Membuang uang tanpa tahu keuntungan yang didapat.

3. Perbanyak Referensi dan Info

Membandingkan dan memperbanyak info tentang produk asuransi terbaik memang membutuhkan waktu. Oleh karenanya, saran saya jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan. Beberapa asuransi memang akan terlihat sama, dengan mencari produk secara detail maka hasilnya kita akan menemukan produk yang paling tepat. Bandingkan produk yang sama dari perusahaan asuransi yang berbeda. Membandingkannya bisa melalui internet atau datang langsung ke perusahaan asuransi yang hendak anda bandingkan.

4. Pertimbangkan Rekomedasi Dari Expert

Meminta rekomendasi dari orang yang tepat tentu akan mempermudah langkah Anda dalam pencarian asuransi mobil yang tepat. Contohnya meminta pertimbangan rekomendasi dari pihak dealer. Karena bagaimana pun orang yang bekerja sehari-hari mengurusi mobil akan sangat berpengalaman dan mengantongi rekomendasi perusahaan penyedia asuransi kendaraan.

Namun satu hal, meminta pertimbangan bukan sebuah harga mati yang harus saklek diikuti. Keputusan tetap ada pada kita sebagai calon konsumen.

5. Sesuaikan Dengan Budget

Alangkah lucunya jika hendak membeli sesuatu tidak disesuaikan dengan budget yang ada. Syukur-syukur jika biaya asuransi lebih kecil dari bugdet yang kita punya. Namun jika sebaliknya? Seringnya kita memikirkan yang terbaik saja dan mengesampingkan kemampuan.  Jangan memaksakan diri untuk membeli sesuatu di luar jangkauan. Karena pengaruhnya akan fatal bagi keuangan kita. Keuangan akan terganggu dan timbul masalah-masalah dalam pos keuangan.

Oleh karena itu, menyesuaikan dengan budget adalah langkah efektif  yang akan berdampak pada keberlangsungan asuransi kendaraan  kita.

No comments:

Post a Comment