Tuesday, November 13, 2018

Tips dan Trik Memulai Usaha Properti Bagi Pemula



Bisnis dapat dikatakan sebuah alternatif yang cukup menjanjikan dalam mencari uang. Meskipun resiko mengalami kegagalan tidak sedikit, akan tetapi banyak orang yang tetap mencoba menggeluti profesi ini. Ada berbagai bidang yang bisa Anda jalani untuk membuka bisnis atau usaha.Salah satu contoh yang banyak diminati adalah usaha properti, khususnya jual beli rumah.Banyak orang yang telah membuktikan keberhasilannya dengan menggarap bisnis ini.

Tentunya usaha properti bukan sesuatu yang mudah dilakukan begitu saja.Apalagi jika Anda masih baru dan belum pernah mempunyai pengalaman apapun sebelumnya.Namun tak perlu khawatir, dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan. Jika Anda tetap konsisten dan berusaha dengan keras, maka apapun jenis usaha yang dibangun pasti akan mengalami keberhasilan.
 

Survey Sebelum Menentukan Jenis Usaha Properti


Sebelum terjun langsung dalam usaha properti, ada baiknya Anda melakukan survey atau riset kecil-kecilan tentang bisnis ini. Langkah-langkah survey ini adalah :

1.      Pertama-tama, Anda perlu tahu apa saja jenis usaha properti. Ambillah jenis yang bisa mendatangkan profit yang besar, misalnya saja menjadi investor atau developer. Namun pilihan tersebut akan lebih baik dilakukan oleh pebisnis yang sebelumnya memang sudah berpengalaman dan mahir dalam bidang properti. Bagi pemula seperti Anda, maka disarankan untuk memulai bisnis properti seperti menjadi perantara jual beli rumah.
2.      Selanjutnya cari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh seorang perantara ini. Jika Anda sudah menentukan untuk memulai usaha properti dengan menjadi perantara, maka harus tahu apa saja yang dibutuhkan oleh perantara, lalu apa saja yang harus dilakukan oleh perantara. Hal ini akan memperkecil risiko kegagalan bagi Anda yang masih baru dalam dunia properti.
3.      Carilah sasaran Anda. Anda harus bisa menentukan siapa yang akan menjadi sasaran Anda ketika bisnis properti sudah dijalankan. Ini artinya Anda memang benar-benar siap untuk menjalankan bisnis, bukan hanya sekedar bermain-main saja. Karena bisnis tanpa persiapan yang matang hanya akan berujung pada kegagalan.
4.      Pergilah ke beberapa tempat untuk melihat berbagai jenis rumah yang ada di luar sana. Survey yang satu ini amat diperlukan supaya Anda mengetahui medan secara langsung dan bisa menilai seperti apa rumah-rumah yang dijual. Anda bisa bepergian sambil melihat-lihat deretan rumah yang ada di sekitar atau jalan-jalan di area perumahan. Tapi, jika Anda dirasamasihsangatsibuksaatini,media internet adalahsolusiuntuk Anda, untuk melihatpasaranrumahmisalnya, beberapa website jual beli properti sudah sangat lengkap untuk dijadikan acuan, contohnya lihat disini untuk informasi jual beli rumah terkini.
5.      Selanjutnya dan langkahterakhirdalam survey iniadalahmencaritahuapasaja yang dibutuhkan oleh semua orang tentangrumah yang diidam-idamkan. Anda bisa melakukan interview atau wawancara kecil pada orang-orang di sekitar tentang apa saja yang mereka inginkan dalam membeli sebuah rumah. Survey kecil-kecilan ini meskipun sepele tapi dapat membantu pekerjaan Anda nantinya.

Tips dan Trik Memulai Usaha Properti Bagi Pemula

Bisnis properti dinilai dapat membawa banyak keuntungan dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Inilah mengapa banyak orang yang berminat untuk terjun di sana. Anda pun juga bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah jika bisa menerapkan teknik-teknik usaha dengan baik.Semua bisnis tentu ada ilmunya, jadi Anda tidak boleh malas dan harus giat agar tidak sia-sia.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa dalam memulai suatu bisnis harus memiliki modal yang cukup besar, terlebih lagi tentang properti.Seperti yang kita tahu bahwa harga properti angkanya selalu merangkak naik setiap periodenya.Itu artinya biaya yang dikeluarkan juga semakin mahal.Namun, hal tersebut tak sepenuhnya benar.Misalkan Anda memilih usaha jual beli rumah, Anda bahkan bisa memulainya dari nol. Tanpa mengeluarkan modal hingga beratus-ratus juta rupiah.


Semua itu tentu ada tips dan triknya untuk menggeluti bisnis supaya berhasil dengan tanpa mengeluarkan modal besar. Berikut tips yang perlu dilakukan oleh para pemula :

1.      Mulai Usaha Dari Skala Kecil
Untuk menghasilkan sesuatu yang besar, alangkah lebih baik jika dimulai dari yang kecil.Begitu pula dengan usaha properti ini.Anda bisa menjadi seorang perantara jual beli rumah atau yang sering disebut dengan makelar.Mulailah dengan menjadi perantara di lingkungan sekitar Anda.Baik itu teman, keluarga besar, maupun tetangga.Tanyakan pada mereka apakah ingin menjual atau membeli rumah.Tawarkan jasa Anda untuk mencarikan pembeli atau orang yang menjual rumah.

Misalnya, jika Anda menemukan saudara terdekat yang baru saja menikah dan mencari rumah, maka Anda bisa menawarkan jasa untuk mencarikan rumah yang sesuai dengan kriteria saudara Anda tersebut.Atau ketika ada teman yang ingin menjual rumahnya, Anda bisa menawarkan diri untuk mencarikan pembeli.Yang terpenting adalah ketelatenan dan gali semua informasi relevan.

2.      Pelajari Ilmu dan Pengetahuan Tentang Properti
Tips kedua yang tak boleh ketinggalan oleh pemula adalah dengan mempelajari semua ilmu dan pengetahuan yang berkaitan dengan properti.Anda juga bisa mencari semua informasi yang diperlukan agar Anda mendapatkan bekal dan tau titik mana saja yang harus diimplementasikan dalam bisnis tersebut. Aktivitas ini akan sangat bermanfaat meskipun Anda belum pernah mempunyai pengalaman yang sama sebelumnya.

Contohnya saja ketika ada orang yang meminta bantuan Anda untuk mencarikan pembeli untuk rumahnya yang sedang dijual, maka Anda harus mengetahui semua informasi mengenai rumah tersebut.Baik dari tipe rumah, bahan-bahan bangunan rumah, lingkungan rumah dan sebagainya.Usahakan pula Anda mengerti berbagai tipe rumah. Karena semua informasi tersebut akan dibutuhkan oleh sang pembeli. Beberapa situs menyediakan file atau ebook properti secara gratis dan salah satunya adalah di Scribd.

3.      Manfaatkan Teknologi Internet dan Sosial Media
Sekarang ini internet dan sosial media mempunyai efek yang cukup besar dalam kehidupan manusia.Di jaman yang serba canggih ini, hampir semua orang yang ada di dunia mempunyai Smartphone yang di dalamnya terkoneksi dengan internet dan sosial media.Cara inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha properti yang sedang Anda mulai.

Pasanglah iklan tentang rumah yang dijual untuk menarik masyarakat luas.Tambahkan pula beberapa informasi yang dibutuhkan. Dalam sekejap, semua informasi tersebut akan tersebar dengan luas dan Anda dapat dengan mudah menemukan peminatnya. Selain mencari pembeli, Anda pun juga bisa menggali informasi dari internet maupun sosial media tentang kawasan mana saja yang sedang menjual rumah.

Lalu, agar mendapatkan komisi atau keuntungan dari usaha Anda ini, jangan lupa pasang harga rumah yang sedikit lebih tinggi dari harga aslinya.Pasang harga secara wajar dan jangan terlalu mahal untuk menarik para pembeli.

4.      Aktif Mengikuti Kegiatan yang Berhubungan dengan Properti
Langkah ini adalah salah satu langkah wajib yang harus dilakukan oleh para pemula.Demi mendapatkan semua informasi terbaru tentang properti, Anda disarankan untuk rajin mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan ini. Karena dalam bidang properti pun selalu terjadi perubahan dan perkembangan baru, sama halnya seperti fashion maupun kosmetik. Jadi, Anda akan selalu mendapatkan pengalaman maupun pengetahuan baru.
                                                                                     
Beberapa kegiatan dalam hal properti yang bisa Anda ikuti adalah seminar tentang properti, pelatihan bisnis properti, pameran properti, maupun peluncuran produk yang berhubungan dengan properti.Cari tahu semua kegiatan tersebut melalui rekan bisnis atau internet.

5.      Usahakan Untuk Menjadi Perantara yang Mempunyai Manner
Sikap seseorang bisa menentukan bagaimana keberhasilan yang akan ia dapatkan di masa depan. Oleh karena itu, sebagai perantara jual beli rumah pun Anda harus bisa menunjukkan sikap yang baik terhadap calon pembeli. Jangan mudah putus asa dan teruslah berusaha ketika belum ada calon pembeli yang berminat, atau saat ada pembeli namun ia tak jadi membeli properti yang Anda tawarkan.

Jangan mudah emosi karena calon pembeli pastinya tak akan merasa nyaman dan tidak akan merekomendasikan Anda kepada orang lain. Lebih baik Anda menjelaskan apa saja keunggulan dari rumah yang Anda tawarkan dengan memaparkan semuanya secara detail. Tapi jika calon pembeli tetap tak ingin membelinya, jangan memaksa.Ucapkan terima kasih dan carilah calon pembeli lainnya.

6.      Latihlah Skill Marketing Anda
Janganlupamelatihsoft skilldalambidang marketing. Karena setelahmengiklankanrumah yang akandijual, tentu Anda akanbertemulangsungdengancalonpembeli agar dapatmendeskripsikanrumahtersebutdenganbaik. Saatinilah Anda harusmenggunakan skill marketinguntukmeyakinkancalonpembeli.

Berikan semua informasi mengenai rumah yang akan dijual secara mendetail. Gunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh calon pembeli, tapi tetap sopan. Jangan terlalu berlebihan dalam mempromosikan rumah tersebut, apalagi sampai berbohong.Calon pembeli biasanya bisa menilai apakah Anda berbohong atau tidak.Sekali Anda berbohong, maka Anda bisa merusak citra Anda sendiri bahkan sebelum usaha berjalan dengan sukses.

Oleh karena itulah Anda perlu belajar lagi tentang skill marketing.Asah terus kemampuan Anda agar mudah meyakinkan pembeli tanpa harus mengada-ada.Pelajari skillnya dari internet, buku-buku, atau bisa meminta bantuan orang terdekat untuk mengajari Anda.

7.      Jaga Hubungan Baik dengan Penjual maupun Calon Pembeli Rumah
Tips di posisi ketujuh ini adalah menjaga hubungan baik terhadap penjual rumah maupun calon pembeli.Karena Anda sebagai perantara keduanya, maka Anda harus bisa mempertahankan hubungan baik agar bisnis ini dapat terus berkembang hingga sukses.Anda juga harus saling terbuka dengan penjual atau calon pembeli dalam beberapa hal.

Misalnya saja ketika Anda menginginkan komisi dari penjualan rumah, maka sampaikanlah pada sang penjual sejak awal. Cantumkan hal tersebut pada perjanjian yang disepakati. Jangan sampai penjual tidak tahu menahu tentang komisi tersebut, lalu saat rumah terjual Anda akan langsung meminta komisi, padahal tak ada perjanjian seperti itu. Jadi Anda dan penjual harus saling transparan agar penjual akan sepenuhnya percaya pada Anda.

Di sisi lain, hubungan dengan calon pembeli pun juga tetap harus dijaga. Anda bisa memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli tanpa meninggalkan beberapa bagian.Jika Anda bisa membangun kepercayaan dari sang calon pembeli, maka dapat dipastikan calon pembeli tersebut akan tertarik kemudian memutuskan membeli rumah yang Anda tawarkan. Hubungan baik ini juga berlaku agar nantinya Anda mendapatkan rekomendasi dari pihak-pihak yang telah bekerja sama dengan Anda sebelumnya.

8.      Jalin Kerja Sama Dengan Pihak Lain
Agar bisnis dapat berkembang dengan baik, Anda perlu melakukan kerja sama dengan pihak lain. Pihak tersebut adalah developer.Jalinlah kerja sama yang baik dengan para developer untuk mengatasi beberapa kendala yang mungkin dialami sebagai perantara jual beli rumah. Developer yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam bidang properti tentunya dapat memberikan berbagai pemecahan masalah atau solusi untuk Anda.

Mereka juga tahu pasti informasi-informasi mengenai bisnis properti yang sedang banyak digeluti sekarang ini.Anda pun bisa mendapatkan tambahan informasi mengenai letak strategis properti, harga properti di pasaran dan sebagainya.

Sekian beberapa langkah untuk survey dan tips yang diperlukan bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti, terutama jual beli rumah. Modal uang saja memang tidak cukup, Anda harus mempunyai skill yang matang, ketekunan dan usaha yang tiada putusnya.

1 comment:

  1. Waktu awal pindah ke Jakarta dulu, kira-kira tahun 2012, properti di Jabodetabek rasanya belum seramai sekarang.

    Tapi sekarang? Hmmm... hampir tiap saat pas jalan ke pusat perbelanjaan, sering banget dikasih brosur properti dengan banyak keunggulan.

    Tandanya bisnis properti ini memang sedang bertumbuh.

    Saya punya teman sekaligus tetangga yang jadi marketer properti syariah, dan dia mampu menjual 10 unit dalam 1 bulan! WOW!

    Pas ditanya rahasianya apa? Jawaban dia simple. PRAKTEKKAN semua ilmu yang udah didapat.

    Iya sih. Terkadang kita kebanyakan belajar tapi lupa praktek :D

    ReplyDelete