Wednesday, September 12, 2018

7 Tips Memilih Matras Yoga untuk Yogis


Dewasa ini, olahraga di Indonesia sangat digandrungi dan diminati khususnya bagi kaum hawa. Banyak pusat kebugaran di kota-kota besar di Indonesia menyediakan olahraga ini dengan berbagai macam kelas dan variasi mulai dari latihan pure yoga atau dikenal dengan yoga tradisional maupun yang telah dikembangkan seperti yoga modern, yoga akrobatik dan jenis yoga lainnya. 

Yoga juga terbilang ampuh bagi kecantikan wajah, dan tubuh karena sifat yoga yang relaks akan membuat wajah terlihat tampak lebih muda, serta menjaga berat badan. Meskipun yoga tidak terlihat seberat aktivitas angkat beban dan work out saat sedang nge-gym, tetapi gerakkan peregangan yoga yang benar bisa membuat keringat bercucuran. Olah tubuh ini sangat berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan. Saat melakukan yoga kita perlu menggunakan matras untuk menopang tubuh saat bergerak melakukan aktivitas yoga. 


Bayangkan jika kamu melakukan pose yang sulit di matras yoga yang licin dan tidak menyerap keringat dengan baik, kamu akan merasa tidak nyaman karena menimbulkan resiko tergelincir sehingga kamu tidak bisa berlatih secara maksimal. Bagi yogis pemula, memilih matras yang tepat akan membuat latihan fokus dan maksimal. Berikut ini adalah tips membeli matras yoga yang baik dan benar..



Stabilitas Yoga Mat

Matras yoga yang baik adalah matras yang permukaannya tidak licin. Ini teruji saat kita melakuka salah satu gerakan dasar downward dog. Sangat disayangkan seringkali sejumlah matras baru memang mempunyai permukaan yang lebih licin.  Pilihlah matras yang meiliki karakter sticky atau lengket karena bisa memberikan kesan antislip pada setiap jenis lantai. 

Yoga mat yang licin, akan membuat kita tidak fokus ibarat melakukan sujud saat sholat tetapi sajadahnya mudah terlipat sendiri  karena bahan sajadah yang tipis tentu membuat kita kurang fokus. Instruktur yoga Yanoula Athanassakis berbagi tips untuk mengakali matras yang baru dibeli. Menurut Yanoula Athanassakis berilah bubuk kapur pada permukaan matras yang licin atau dengan cara menggelindingkan permukaan matras yang licin pada permukaan yang agak kasar. Tips ini sangatlah penting bagi yang masih baru ingin mengikuti kursus yoga. 

Hati-hati dengan matras yang mengandung racun

Matras untuk olahraga yoga di pasaran saat ini sangat banyak mengandung PVC (Poly Vinyl Chloride) zat plastik beracun yang mengandung karsinogen alias pemicu kanker. Saat membeli matras pilihlah yang bebas akan PVC. Apalagi bagi yang memiliki alergi atau sensitif terhadap bau. Sangat tidak disarankan untuk membeli matras dengan bahan yang mengandung PVC. Alternatif lain, jika ingin menggunakan matras yang alami, pilihlah matras berbahan karet.

Baca Juga : Rahasia Sehat Bebas Worry

Empuk

Para yogis pemula sangat penting untuk menggunakan matras yang empuk untuk membangun kekuatan otot dan sendi secara bertahap. Tidak disarankan menggunakan matras tipis saat melakukan aktivitas yoga karena dapat berisiko cedera pada pergelangan tangan.

Periksa kekuatan busanya

Busa tipis yang melapisi matras adalah unsur yang penting yang bisa membuat matras terasa sangat empuk. Tetapi matras yoga yang baik adalah bukan matras yoga yang terlalu tebal, karena matras yang terlalu tebal busanya hanya bagus dan cocok untuk aktivitas gym atau untuk tidur siang.

Pilihlah yang ringan

Matras yang empuk memang penting, tetapi tidak berarti juga harus berat. Apalagi jika menggunakan matras dan latihan yoga sepulang bekerja. Tentu matras yang ringan lebih baik untuk kenyamanan saat membawanya, matras yang berat akan membuat kita terasa capek dan malas saat latihan yoga karena sebelum latihan sudah repot dengan mengangkat matras yang berat tersebut. Pilihlah matras yang beratnya sekitar 1,5 kilogram saja. Jika kamu melakukan yoga di rumah matras yang berat tidak menjadi masalah, tetapi jika  menghadiri kursus atau kelas-kelas yoga, maka perlu mempertimbangkan bobot matras, gunakan matras yang ringan, portabel dan mudah untuk dibawa.

Jangan khawatir mengeluarkan lebih banyak uang

Ada harga ada barang, istilah ini kerap kali kita dengar saat akan membeli salah satu produk. Istilah ini menggambarkan bahwa benda yang berkualitas bagus identik dengan harga yang mahal. Pilihlah matras yang harganya tidak terlalu mahal sehingga tidak membuat kita tekor, dan juga jangan memilih matras yang harganya terlalu murah karena matras yang murah biasanya cepat rusak, terlalu tipis, rapuh, sehingga akan merasakan kerasnya lantai saat melakukan latihan yoga.

Pilih matras yang menyenangkan

Benda yang bermanfaat tidak harus kehilangan sisi yang menyenangkan. Kamu bisa memilih matras dengan warna atau desain favoritmu, karena jika kita senang terhadap matras yang kita beli, maka tentu akan jadi semangat dan lebih rutin menjalankan olahraga yoga ini.

Penjelasan diatas tentunya bermanfaat bagi para yogis pemula. Sekarang para yogis sudah mengerti hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat akan membeli matras yoga. Matras untuk latihan yoga yang baik adalah matras yoga yang mampu memberikan kenyamanan, keamanan, keseimbangan, dan stabilitas untuk meningkatkan latihan yoga. 


Akhir kata, Selamat berlatih para yogis...

38 comments:

  1. Dalam kondisi tertentu sering belajar gerakan yoga dasar dan ternyata efeknya bagus, sepertinya kalau dirutinkan bakalan lebih bagus, apalagi dengan matras khusus yoga, betah.

    ReplyDelete
  2. Kebetulan aku lagi cari matras yoga baru nih, thanks ya tipsnyaa....

    ReplyDelete
  3. Wah aku baru tau ternyata ada matras yg mengandung racun juga yah, aku kira semua matras sama sama aja. Tks yaa tipsnya

    ReplyDelete
  4. Duh baca ini jadi pengen yoga lagi jdnya...hihi...

    ReplyDelete
  5. Mengingatkan sudah berapa abad yah saya nggk yoga. Jd kangen melintir lintir badan. Hihi

    ReplyDelete
  6. Yoga semakin bnyk penggemarnya ya. Dah lama ada rencana mo yoga eh ada aja halangannya pdhal matrasnya dah beli dr kpn tau huahaha

    ReplyDelete
  7. Yoga sekarang bukan cuma olahraga tapi juga udah menjadi gaya hidup ya. Karena manfaat yoga memang banyaaaak banget. Aku pernah ikut yoga sekali dan ketagihan. Selanjutnya mau cobain sendiri dirumah aaaah. Cari matrasnya dulu nih. Hihi. Makasi tipsnya ya mbaaaak

    ReplyDelete
  8. kualitas matras yoga juga memang harus diperhatikan ya kak, makasih tipsnya..

    ReplyDelete
  9. Sekarang aku pakai yoga yang dibeliin suami. Beli menurutku harganya agak mahal tapi kata suamiku emang kualitasnya beda. Dan aku baru tahu nih kalau memang ada matras yang mengandung racun, mba.

    ReplyDelete
  10. aku pikir semua matras itu aman loh mba, makasih ya mba hihihi

    ReplyDelete
  11. aku juga mikirnya semua matras sama loh, dan ternyata beda - beda ya harus pinter juga milih matrasnya, thanks informasinya mbak

    ReplyDelete
  12. Benar juga tips-nya, hati-hati dengan yang mengandung racun bahannya. jangan sampai milih yang murah tapi ada kandungannya yang beracun ya

    ReplyDelete
  13. Ruko depan jalan rumahku ada kursus yoga. Mereka nawarin sih cuma aku blm sempet kapan mau datang ke sana. Katanya sih matrasnya sudah ready. Eh baru tau juga ada matras beracun. Jadi mendingan punya sendiri kali ya. Harganya berapaan ya n apa mereknya? Hehe ntar cari2 ah makasih mb Shine ��

    ReplyDelete
  14. Penting juga yah trnyata milih matras yoga..gak boleh smbarangan..

    ReplyDelete
  15. Matras untuk yoga ternyata perlu yg nyaman juga ya utk olahraga agar bisa rileks dan sehat tentunya ya..

    ReplyDelete
  16. Gak pernah yoga..., Tapi kalo ngeliat plank workout itu liat di YouTube ..banyak pakai matras , apa sama buat yoga ya...?

    Aku sih biasa melantai santai ..he2

    ReplyDelete
  17. Aku punya yang unggu lengkap dengan tali juga bantalan buat kepala. Love Yoga!

    ReplyDelete
  18. kadang suka iseng yoga sendiri di rumah, tapi langsung di lantai ubin gitu.
    kalau pun pake matras ya matras yang biasanya dipakai buat naik gunung tuh.
    hehehe.

    ReplyDelete
  19. Waah aku lamaaa banget enggak nyentuh matras nih, malas ya aku.
    Bener juga sih kalau nggak dipilih, malah jadinya enggak baik di.bodi

    ReplyDelete
  20. Informasi yang sangat bermanfaat. TFS,mbak

    ReplyDelete
  21. Saya malah baru tau kalau kualitas matras yoga ada yang beracun dan enggak. Kirain tingkat keempukan aja. Sip lah lain kali lebih berhati-hati kalau mencari matras

    ReplyDelete
  22. Aku belom punya matras padahal butuh banget, beli ah

    ReplyDelete
  23. Aku punya matras yog itu dikasih waktu acara yoga bersama dan sampe sekarang masih awet dan nyaman di pake , mungkin matras mahal kali ya hehe.

    ReplyDelete
  24. Oalah ada toh yg beracun, ngeri amat ya, bukannya sehat, paru-paru malah jebol menghirup aroma matras. Thanks buat sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  25. Sempat kepikiran mau beli matras baru, matras lama waktu ke tebing citatah hampir sobek. Tapi jadi kepikiran sekalian beli matras yoga aja kali ya?

    ReplyDelete
  26. aku ga punya matras yoga nih. Pake karpet ajaa wkwkwk

    ReplyDelete
  27. Wah noted banget, aku baru mulai aktif yoga mba..matrasnya harus di upgrade nih..

    ReplyDelete
  28. Ohh yoga pun kudu pilih2 matrasnya yak, kirain sama aja matrasnya *eaaa ... yoga olahraga yg bagus banget buat ketenangan jiwa

    ReplyDelete
  29. Aku butuh banget nih, apalagi sikon bumil gini butuh buat okahraga hamil biar mudah melahirkan

    ReplyDelete
  30. Baru tahu ternyata matras yoga ada ketentuannya yah mba bahkan ada yang mengandung racun, meski belum pernah olahraga ini tapi ini info penting :)

    ReplyDelete
  31. aku yoga belajar di kasur coba mbak wkkwkwk... aku juga pengen ah kapan2 belajar yoga beneran pake matras

    ReplyDelete
  32. Aku punya matras yoga dikasi, cukup tebal namun ringan. Trus ada tasnya.
    Tapi seringnya aku pakai buat maen ma anak2 bukan buat yogaa hahaha #dikeplak

    ReplyDelete
  33. Pas banget nih aku mau beli matras buat yoga hehe

    ReplyDelete
  34. belum pernah nyobain yoga beneran, palingan cm liatin yutub aja sambil praktekin sedikit dikasur, saking nyamanya malah jadi ketiduran deh,haha

    ReplyDelete
  35. Boleh neh tipsnya mba. soalnya kemaren beli rasanya gak nyaman dengan matrasnya.

    ReplyDelete
  36. Wah,harus pake matras khusus yaah. Kukira bisa pake kayak kasur tipis yang biasa di rumahku, hihihi

    ReplyDelete
  37. Nah iya ya betul, mesti empuk, soalnya kalau yoga kan semestinya bisa menyamankan badan juga matrasnya :)

    ReplyDelete
  38. Sebenarnya pilih sekalian yang oke yaa karena bakal awet dan sering dipakai.

    ReplyDelete