Sunday, June 24, 2018

Tips Sehat Ala Keluarga Surya

Bismillah...

 

Piala dunia sudah di depan mata. Euforia nya sudah mulai terasa belakangan ini. Dari yang muda sampai yang tua membahas ini. Memang hobi tak mengenal usia. Termasuk anak-anak yang suka sekali bola. Tentu hobi ini sah-sah saja selama di ambang batas kewajaran. Namun ketika hobi itu justru berdampak pada menurunnya tingkat kesehatan karena belain begadang misalnya, Kita harus bagaimana? Terutama untuk Para Ibu yang sangat concern sekali terhadap kesehatan keluarga.

"Harus ngomel berapa kali sih biar kamu sadar?"
"Iya-iya." Kemudian diam-diam saat Kita lengah, si Bapak streamingan di hpnya.


"Atuhlah, kamu tuh bukan anak kecil lagi yang kudu diingatkan terus menerus.
"Ya ampun plis deh, piala dunia tuh cuma 4 tahun sekali..." 

Mungkin itulah percakapan yang sering terjadi antara suami dan istri yang sama-sama mempertahankan pendapatnya. Istri anggap suami ngoyo, sementara suami menganggap istrinya bawel. Dilema. Ngomel tanpa solusi rasanya seperti sia-sia ya, capek yang ada.

Eits, tapi tunggu dulu Bu... 21 Juni 2018 kemaren telah lauching Keluarga Surya Episode 3 yang temanya persis dengan yang kita bahas yaitu Tantangan Piala Dunia.

Seperti apa sih ceritanya?

Bermula dari Pak Surya dan Fajar yang lagi demam bola... Bu Mentari tentu cemas melihat rutinitas mereka yang sering terlambat bangun karena malamnya digunakan untuk begadang nonton bola. Bukan hanya Bu mentari, Cahaya pun yang masih kecil mencemaskan kondisi Bapak dan abangnya itu. " Begadang kan bikin kita ga fokus." Katanya.

Disisi lain Pak Surya beranggapan bahwa Piala dunia kan cuman ada 4 tahun sekali, kapan lagi coba. Yang kemudian dibantah oleh merepetnya Bu Mentari :
"Kan bisa nonton siaran ulangnya."
"Ibu kalau lihat cowok ganteng mending langsung atau ga?"
"Langsunglah..." Kata Bu Mentari spontan :D. 

Akhirnya dengan segala kekhawatiran itu Bu Mentari pun mengeluarkan ide yang sangat brilian. Apakah ide tersebut? Tonton lengkapnya di video di bawah ini ya...


Setelah menonton, bagaimana reaksi teman-teman? Betul kan bahwa kesehatan itu merupakan investasi berharga, sangat vital, sumber dari segala semangatnya kita menjalani hari-hari.

Untuk itu, alangkah baiknya menjaganya agar penyakitpun tak gampang  hinggap.

Keluarga Shine :D

Webseries ini sangat sesuai sekali dengan keluarga saya yang sering adu argumen hanya karena yang satu maksudnya baik perhatian, yang satu lagi ya hobi nonton. Meskipun suami saya kurang suka bola, Ia tetap suka menghabiskan waktunya di malam hari untuk nonton drama action kegemarannya. Udah gitu ditambah dengan makan porsi besar (yang menurutnya cemilan). Alhasil, bengkaklah badannya itu. 

Setelah menjalani puasa kemaren Alhamdulillah turun 10kg.  Dan sekarang sedang berusaha menjaga pola makan dan olahraga teratur. Lalu mulai aware untuk mengeluarkan post keuangan dan menyisihkannya untuk proteksi kesehatan. Pas banget deh ada Keluarga Surya Episode 3 ini. Bisa jadi bahan introspeksi diri.

Sitkom ini tentu dibuat memiliki latar belakang tersendiri. Tidak sekedar jadi. Malakukan beberapa survei mengenai literasi baik yang jarang sekali dikembangkan di Indonesia.

"Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yg dilakukan OJK pada 2016 menunjukan tingkat literasi baik pada industri asuransi relatif rendah."

Iya betul, hakikatnya masyarakat butuh pencerahan positif tanpa harus merasa digurui.

Maka terciptalah webseries keluarga surya sebanyak 8 episode yang kini sudah dilaunching 3 episode persembahan dari SunLife. Yang semuanya dikemas secara apik, komedi lucu dan bermuatan hal positif. Diantaranya tentang THR mau dihabiskan atau ditabung, tentang wakaf, dan terakhir tentang piala dunia yang arahannya lebih kepada peduli kesehatan. Iya kalau bukan kita sendiri yang menjaga, mau siapa lagi coba?
Kan repot jika kepala keluarga yang tanggung jawabnya sebagai pencari nafkah harus tegeletak tak masuk kerja karena sakit.

Nah, berikut ini ada tips kesehatan ala Keluarga Surya yang dapat saya rangkum dari Episode 3.

Tips Sehat Ala Keluarga Surya :

  1. Tidur Teratur. Maksimal jam 10 memang sudah nyungseb ke pulau kapuk ya, agar bisa bangun lebih pagi dan fresh menjalani aktivitas.
  2. Olahraga Teratur. Ini juga self reminder bagi saya dan keluarga agar badan tidak makin melebar. Olahraga juga dapat menciptakan pikiran positif lho.
  3. Pola Makan dijaga. Seimbanglah dalam mencukupi kebutuhan nutrisi. Tidak harus tiap hari dihantam dengan pempek, bakso atau jajanan semacamnya yang ujungnya berakibat bagi stabilitas metabolisme tubuh.
  4. Post Keuangan untuk dana kesehatan. Jika sewaktu-waktu salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka kebingungan kita terhadap dana kesehatan akan berkurang. Kita juga jadi nyaman karena memiliki jaminan proteksi diri khususnya untuk kesehatan. Karena sebaik-baik perencanaan adalah yang direncanakan dari sekarang, nanti gimana bukan gimana nanti.
  5. Begadang jangan begadang bila tiada artinya, hihi.
  6. Hobi boleh saja, tapi ingat waktunya. Dalam hal nonton bola Bisa dimanaj dengan menonton siaran ulangnya misalnya. Ya meskipun kurang greget tapi kalau sudah mengorbankan kesehatan ya ga baik juga untuk kesehatan.
  7. Smart dalam mengatur kesehatan kantong kita, seperti Bu Mentari yang modal kondangan untuk makan gratis di hotel 😂. Ya, bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus diperhatikan, kesehatan keuangan juga.

Nah, bagaimana teman-teman. Sudahkah Kita merencanakan dan menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri dan keluarga? Jika belum, yuk mulai #LebihBaik Sekarang.


Tentang SunLife Financial

Merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset. Menyediakan produk inovatif melalui lebih dari 102 kantor pemasaran konvensional dan 58 kantor pemasaran syariah di 72 kota. Visinya yaitu membantu para nasabah  mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Oh ya, dari setiap episode di Keluarga Surya terdapat Quiz yang hadiahnya lumayan banget lho. Bisa pantengin Youtube dan Instagramnya @sunlife_id ya. Yuk, ikut! Siapa tahu Kamu salah satu yang beruntung itu.

19 comments:

  1. Tidur teratur tuh yang selalu aku usahakan untuk lakukan. Udah nggak kuat begadang lagi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mba,baca tulisan ini buat aku jadi pengen semakin baik dalam mengatur keuangan

      Delete
  2. aku selalu bergadang tapi kadang malah flu.. filmnya seruu

    ReplyDelete
  3. Noted bnget tipsnya perlu duterapkan dlm kseharian sitkomnya ringan tapi ngena banget y

    ReplyDelete
  4. Yes bener banget mbak, saya setuju jika kesehatan adalah investasi paling berharga, sebab kl sakit semuanya tidak bisa lancar. Tipsnya keluarga Surya perlu di save nih buat diterapkan.

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu masih abg suka begadang nonton piala dunia, apalah sekarang mah males, udahnya capek, tunduh lagi. Tinggal liat aja skornya di google lah besoknya, wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Sekarang kayaknya yg no 1 tuh dah g bs tidur teratur. Karena bocah suka begadang. Jadi ya mau g mau ikut begadang. Hiks

    ReplyDelete
  7. Wakaka si ibu Surya nggak tahunya ngajak makan di kondangan. Jadi, nggak kesiangan dan kehabisan makanan di hotel ya.

    ReplyDelete
  8. Duuuh begadang itu adalah salah satu kebiasaan buruk aku yang susah banget diubahnya. Hampir tiap hari begadang mengerjakan sesuatu (tugas kuliah, lesson plan, atau blog) dan efeknya emang nggak baik banget untuk tubuh. Padahal kesehatan itu mahal kaan.

    ReplyDelete
  9. seru ya, banyak pesan kehidupan yang bisa kita dapat dari Keluarga Surya, aku ngikutin tiap episodenya. Dari 3 yang sudah aku belajar tentang manajemen keuangan THR, tentang wakaf dan yang ini tentang bagaimana menjaga kesehatan. cara mengemasnya ringan tapi message-nya sampai. Keren lah Keluarga Surya

    ReplyDelete
  10. Kesehatan sesungguhnya investasi kita di hari tua, baru kemudian materi ya. Karena materi dll gada arti klo kita sakit parah

    ReplyDelete
  11. kadang memang kita baru berasa mahalnya kesehatan pas lagi sakit mba, apalagi klo sakitnya di rumah sakit dan perlu dana besar..udah deh besok-besok mending menjaga agar selalu sehat daripada mengobati

    ReplyDelete
  12. biasanya nonton web series ya nonton aja, gak ada yg bisa dipetik faedahnya kecuali jadi terhibur thok, tayangan keluarga surya ini bikin penonton jad melek finansial

    ReplyDelete
  13. Emang bapak2 penggila bola begitu, soalnya aku punya tmn kyk gtu hehe. Pdhl kan simple tinggal rekam, tapi pengennya langsung haha.Kalau suamiku gk terlalu semangat ma bola biasa aja xixixi.
    Aku blm liat video ketiga nih mbak, ntr ah nonton di Youtubenya keluarga surya :D

    ReplyDelete
  14. Wah tipsnya kece banget nih web series, aku dah nonton sampe episode 3

    ReplyDelete
  15. smart dalam mengatur kesehatan kantong ini lho.... sulit hahaha

    ReplyDelete
  16. Setuju bgt klo sakit itu muahal. Mknya anak dan suamiku terus2an ku ingatkan.utk.jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  17. Tidak terasa, sudah episode 3 ya sekarng.. :)

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Begadang jangan begadang, kalau tiada artinyaaaaaaaa~. Dan semalam tim Jerman jagoanku pulang mbak. Btw, aku juga demen nonton webseries keluarga surya lho. Sangaaat inspiratif

    ReplyDelete