Friday, April 13, 2018

The Alana : Hotel Bintang 4 Di Yogyakarta Yang Dekat Dengan Tempat Wisata

Single Bed

Belum ke Yogya jika belum ke Malioboro...

Sering dengar pernyataan tersebut? Yup, karena Malioboro itulah, Yogya selalu istimewa di mata pengunjungnya. 

Selama TemuBunda Batch 7 kemaren, Saya menginap di Hotel The Alana. Hotel bintang 4 yang baru 2 tahun terakhir ini dilaunch. Kesan pertama ketika melihat The Alana dari kejauhan adalah Saya berdecak kagum. Kemegahan bangunan yang bertingkat-tingkat didukung dengan accessories romantis yang terpancar dari bangunannya. Lokasinya sekitar 7 km dari Malioboro. Menjadikan The Alana hotel eksklusif untuk melepas lelah para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.



Lobby


Welcome to The Alana Hotel

Sampai di Loby, Kami disambut begitu ramah oleh para pelayannnya. Aroma, hiasan khas Jawa melekat ketika menginjakkan kaki di ruang Loby utama. Seperti wayang-wayang yang dipajang, lukisan dan nuansa Jawa pada seragam para resepsionist.

Kelelahan seharian beraktivitas seolah sirna ketika membuka pintu kamar 209 yang merupakan Kamar saya dan my roomate.



Room

Bikin Nyenyak

Apa yang biasa Kamu lakukan ketika masuk ke dalam kamar hotel? Yup, lumrah seperti lainnya, Saya pun melakukan hal yang sama yaitu kokosotan (merebahkan badan, menggerakkan kaki dan tangan). Hotel yang bagus biasanya dinilai dari kamarnya yang bersih dan nyaman. Dan Saya rasakan itu ketika merebahkan badan. Aaah, betapa nikmatnya. Punggung yang tadinya kaku, terasa lurus dan lebih rileks. Belum lagi welcome card cokelat dan setangkai mawar yang menjadikan istirahat lebih syahdu, *eaaa.

Kebetulan ketika itu teman sekamar Saya belum datang. Jadi Saya bisa norak-norak bergembira menikmati suasana kamar. Loncat ke kamar, loncat ke sofa, buka-buka kulkas, mencoba meja kerjanya, buka-buka lemari pakaian, tralala-trilili di kamar mandi. Bebas sebebas-bebasnya.


Fasilitas

Wifi gratis dan mini bars. Dilengkapi dengan TV layar datar, meja, fasilitas teh dan kopi. Pemandangan Kamar yang menghadap club lounge dan beberapa menghadap ke kolam renang. Serta sarapan gratis, kolam renang tanpa batas, Gym and Spa Center. 


Swimming Pool Dilihat dari Kamar

Selain itu pula, bagi Kamu yang mengajak putra-putrinya menginap disini, jangan khawatir karena ada Kids Corner dimana, berbagai fasilitas playground ada disini. Komplit deh pokoknya.



Kamar Mandi



Selain kamar, kriteria berikutnya yang harus diperhatikan dari sebuah hotel adalah Kamar Mandi. Pas membuka pintu, Kamar mandinya bersih dengan gaya ala-ala American Standard. Yang menarik adalah ruangan showernya. Karena sekat antara kamar dan kamar mandi dipisah hanya menggunakan horden. Untunglah Saya ga norak-norak amat ya karena udah biasa di hotel berbintang dulu ketika kerja (dan biarkan ke-norakan Saya tertinggal di masa lalu), Saya tarik dong gordennya agar menutupi ruang shower.

Westafelnya pun nyaman sekali, luas, ada 2 skat. Toiletries yang lengkap plus hair dryer yang menjadikan rambut Kita yang basah setelah keremas kering, jadi bebas langsung pakai jilbab dan beraktivitas.

Baik shower maupun westafel terdapat air panas. Jadi enak tinggal pilih dan control.


Ballroom

Selama kegiatan acara Temu Bunda, Kami sudah tidak pindah-pindah lagi ke lokasi lain. Yang kami gunakan untuk seminar, makan malam, dan acara lainnya, ya tetap di The Alana. Kadang di Ballroom, kadang di meeting rooms yang jumlahnya sekitar 10 ruangan itu. Wow, pas banget ini untuk kegiatan meeting kantor dan urusan bisnis lainnya.


Menu Sarapan

Menu Sarapannya komplit. Dari mulai western sampai lokal ada. Khususnya Gubug Jawa yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman khasnya. Ada jamu-jamu pula. Keren deh konsepnya.

Untuk rasa, Saya kasih 7/10 aja kali ya. Soalnya mungkin karena lidah Saya Sunda jadi selera pasti beda. Tapi untuk ukuran orang Jawa itu sudah termasuk enak banget katanya. 

Jadi biasanya Saya pilih yang netral, ga jauh-jauh dari choco crunch campur susu. Plus jus-jus-an yang lengkap banget, dari air mineral sampe infuse water ada. Tapi di luar itu semua, kesimpulannya apa sih yang ga enak jika itu adalah gratis? :D Bener-bener disyukuri aja.


Ruang Sarapannya luas, indoor (deket-deket menu) dan outdoor dengan suasana serba hijau


Akses


Seperti yang Saya sampaikan di awal, akses dari Hotel ini cukup strategis. Yaitu dekat dengan Malioboro yang hanya berjarak 7 km. Prambanan sekitar 5 km. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekitar 9 km. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan online.

Ada pula oleh-oleh Khas Yogya yang terdekat dari Hotel yaitu Bakpia Pathok 25 dan berbagai macam outlet oleh-oleh lainnya berjejer tidak jauh dari Hotel, searah dengan Bandara.


Alamat : Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 7, Sariharjo, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55581
Phone: (0274) 888800



1 comment:

  1. Enak banget batchnya kamu nginep di alana ya huhuhu..
    nanti ke Jogja bakalan nginep sini, tfs Nyur ^^

    ReplyDelete