Tuesday, May 19, 2020

Resep Manisan Kolang-kaling Dan Manfaatnya


Bismillah...

Manisan Kolang-kaling mantap
Manisan Kolang-kaling segar

Hallo Temans, ga kerasa ya udah masuk Ramadhan hari ke 25, bagaimana puasanya? Lancar kan? Hampir menuju garis finish ya. Hayuk fastabiqul khairat! Meskipun puasa kali ini hanya dirumahaja, semoga teman-teman ga kehilangan ide ya untuk menu takjil dan berbuka puasanya. Karena ada nilai ibadah di setiap ikhtiar kita menyiapkan ke duanya untuk berbuka. Pahalanya Masya Allah ya...

Ngomong-ngomong soal takjil, Aku sebenernya udah dari sebelum Ramadhan bebikinan menu masakan dari kolang-kaling, entah itu di kolak ataupun dijadikan manisan. Ketika sukses membuatnya, bahagia rasanya jika bisa berbagi, ya meskipun hanya berbagi resep ya, hihi... Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang emang ga mau riweuh urusan takjil tapi mau yang seger-seger.


Sebelum masuk ke resep. Kenalan dulu ya sama buah yang satu ini. Karena ternyata ada banyak yang ga sadar kalau kolang-kaling itu adalah buah bukan makanan olahan.

Apa Itu Kolang-kaling

Buah Aren

Menurut Kang Wiki Kolang-kaling adalah (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti "benda-benda licin kecil" ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.
Prosesnya lumayan juga ya harus direbus, digeprek dan difermentasikan. Jadi sayang banget kalau misal membeli kemudian sampai kebuang alias mubadzir. Duh, eman-eman.

Sebelum Ramadhan kolang-kaling masih dihargai 10rb/kg, namun setelah masuk Ramadhan, Ia naik daun, harganya melejit menjadi 17rb/kg. Harga tersebut tak menyurutkan peminatnya, termasuk Aku, hehe... Karena gimana sih ya kalau sudah cinta mah, susah, hadeuh apa sih.

Yang terpenting dari semua itu adalah khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satunya adalah membuat suami-istri makin harmonis, hayooo kenapa coba? Dan ini sih yang menjadikan Saya semangat menyantapnya.

Manfaat Kolang-Kaling

Kolang-kaling

Berikut beberapa khasiat kolang-kaling bagi tubuh ya :

Kandungan gelatin, vitamin A, B dan C diketahui memiliki efek baik bagi tubuh. Tingginya kandungan air dalam kolang kaling yakni mencapai 94% memberikan efek menyegarkan. Penelitian Departemen Pertanian menunjukkan beberapa khasiat utama kolang kaling bagi kesehatan tubuh.

Solusi Meredakan Radang Sendi

Caranya cukup direbus tanpa menggunakan gula batu , jahe atau daun pandan. Mengkonsumsinya sekitar 100-200 gram setiap hari dapat mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

Melancarkan Pencernaan dan Makanan Diet

Kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi dapat mengurangi nafsu makan dan menyimpan cadangan energi lebih lama. Hal tersebut disebabkan kolang-kaling lebih lama dicerna dalam perut. Oleh karenanya serat kolang-kaling yang masuk ke dalam tubuh membuat proses pembuangan air besar menjadi teratur sehingga mencegah obesitas. Sehingga cocok untuk dijadikan makanan diet sehat.

Memperkuat Tulang

Tingginya kalsium pada kolang-kaling dapat digunakan sebagai sumber kalsium alternatif selain susu. Selain menyehatkan tulang, kolang-kaling pun tidak berefek pada obesitas yang mengakibatkan tulang akan kesulitan menyangga tubuh.

Meremajakan Kulit dan Kewanitaan

Hal yang sangat disukai kebanyakan orang, termasuk wanita adalah manfaat peremajaan kulit dari kolang-kaling. Kolang-kaling mengandung kolagen yang cukup tinggi. Kolagen ini bekerja utnuk proses peremajaan kulit dan mengencangkan kulit. Sehingga mengonsumsi kolang-kaling bisa membuatmu tampak awet muda.

Dan hal ini menjadi alasan terkuat kenapa Saya begitu getol cemilin kolang-kaling, baik itu di kolak ataupun dibuatkan manisan. Iya, saat itu, teman Saya menawari dagangannya, kolang-kaling. Terus dia juga anak biologi kan. Eh, pinter banget promosinya, bunyinya antara lain : Kolang-kaling juga dapat menjadikan hubungan suami istri jadi harmonis lho...
Lha, apa hubungannya? Tanpa pikir panjang, Saya pesan se-kg. Pas ketemu di suatu kesempatan. Dia tanya : Kenapa coba hayooo?
Lha, meneketehe.
Karena bisa mengencangkan organ vital perempuan, mba. Begitu jawabannya. Semenjak itu, Saya jadi tertarik sama buah yang satu ini. Boleh ketawa yaaa... :D

Nah, Sudah tahu ya begitu banyak manfaat yang Allah ciptakan pada kolang-kaling, Now, Let’s Cook!

Resep Manisan Kolang-kaling

Ini resep yang aku pakai ya...

1kg kolang-kaling rebus dengan air secukupnya
Syrup cocopandan boleh Marjan boleh apa aja merknya mah
Gula 100gram
1/2 jeruk nipis
3 lembar Daun jeruk

Campurkan air dan kolang-kaling rebus sampai mendidih, kemudian masukan gula dan syrup secukupnya, dikira-kira saja kekentalan dan warnanya, kalau sudah pas dan cantik iciplah sedikit, manis atau tidak, kalau sudah oke, tambahkan perasan jeruk nipis. Sudah deh jadi, tunggu dingin masukkan kulkas. Ketika maghrib siap dihidangkan. Duh, sensasi dingin, kenyal, seger dan enaknya itu lho yang ga bisa berhenti untuk ngunyah.

Yuk, cobain teman-teman! Sudah enak, sehat pula, mantap!


No comments:

Post a Comment