Sunday, January 19, 2020

Tips Membersihkan Botol Minum Anak


Suka heran ga Bun-bun dengan Balita yang tiba-tiba diare atau sakit padahal sebelumnya makanannya sehat-sehat saja, peralatan makannya pun bersih-bersih saja? Hihi, jangan jadi orangtua kagetan Bun, sama kok awalnya Saya pun kaget, ini yang salah dimana? Namun, pengalaman mengajarkan Kita banyak hal sehingga itulah yang berharga nilainya.



Yup, kali ini Saya mau share tentang pengalaman mengurus peralatan makan dan minum si Kecil di rumah. Iya lho ternyata, ketika memiliki anak yang diurus bukan cuman anaknya thok namun termasuk perlengkapannya juga harus menjadi perhatian Kita. Jika tidak, tidak akan lulus-lulus Kita sebagai Ibu. Ehm, Ibu yang lulus memang seperti apa? Melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan. Ya kan? Apalagi jika bukan upaya, usaha and whatever you name it. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, itu bukan ranah Kita lagi, anti penyesalan dan menyalahkan diri sendiri. 



1000 hari pertama Anak itu memang pentiing banget. Nutrisinya, Makanannya, Pakaiannya dan termasuk yang Ia gunakan. Termasuk pola asuh. Jika Ibunya terbiasa cuek, sebisa mungkin kalau menyangkut anak cueknya agak dibuang dulu ya, Bun... Apalagi soal kebersihan. Karena kotoran yang menempel di botol atau tempat makannya itulah penyebab kuman yang bersarang sehingga mengakibatkan anak diare atau sakit lainnya. Who knows. Maka menimalisir agar kejadian tidak terulang lagi memerlukan usaha.

Daaan ini dia tips membersihkan botol minum anak ala Shine Fikri.
Kenapa botol anak? Karena itu yang sering digunakan, sulit dibersihkan pada bagian-bagian terpencil dan tak jarang suka bau padahal Kita sudah "merasa" benar membersihkannya. Kesannya sepele tapi penting banget lho ternyata. Cekidot! ↓

1. Preteli/Bongkar Botol Si Kecil




Preteli atau bongkar botol sampai bagian terkecil, terutama yang berhubungan dengan sedotan atau dot-nya ya Bun. Sehingga kotoran sekecil apapun bisa terjangkau dan terbersihkan tidak menumpuk dan jadi kotoran atau bakteri yang warnanya akan menghitam dan bau. Termasuk lobang untuk dot-nya pun sebisa mungkin tidak ada bagian yang tak terjangkau. Jika sudah detail seperti ini akan mudah Kita bersihkan sehingga tidak ada bagian yang missed.

2. Gunakan Sikat Pembersih Botol



Gunakan sikat botol khusus untuk membersihkannya agar benar-benar bersih dan menjangkau sampai bagian terdalam. Biasanya ada kok peralatan yang dibeli 1 paket khusus seperti gambar di atas. Ada untuk botolnya, dotnya dan selangnya. Awalnya pas pertama kali membeli sikat pembersih botol anak heran, ini sikat yang kecil-kecil untuk apa ya? Seringnya ga kepake kemudian hilang entah kemana, namun seiring berkembangnya zaman dan si Aku tumbuh menjadi Emak-emak sejati, yang hilang itu dicari-cari disemua sudut terpencil rak dapur.

3. Gunakan Cleanser Food Grade


Ini juga tak kalah penting, selain membersihkan dengan detail dan sikat khususnya, Cleansernya jangan lupa pilih yang memang dirancang Food Grade dan aman untuk si Kecil ya, Bun... Alhamdulillah-nya, dari zaman Kakaknya, Nusaiba, Saya sudah ketemu yang cocok dengan Cleanser yang satu ini. Yaitu Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser. Cleanser produk bayi yang aman, yang bukan hanya untuk tempat makan dan minumnya (termasuk botol) namun juga untuk membersihkan semua aksesoris dan mainannya si Kecil. Kan watir ya ketika bayi sedang masa-masanya oral (memasukan semua barang ke mulut), mainannya luput Kita bersihkan. Karena sehari-hari Si Kecil ini aktif 'kakalatak' mainin mainannya yang beraneka ragam itu.



Oya, mau tahu ga kenapa Saya pilih Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser? Alasannya pasti soal perlindungan sih Bun. Dan Sleek Baby ini punya 8 perlindungan untuk bersihkan botol dan segala macam peralatannya Si Kecil. Apa saja 8 formula perlindungan itu? Simak di bawah ini yaaa...

❤Food Grade 

Formulasi Food Grade yang berarti tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan dan aman untuk si Kecil.

❤Natural Anti Bacterial  

Bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal pada perlengkapan si Kecil termasuk botol susunya.

❤Stain Removal  

Mampu membersihkan noda yang menempel, sisa lemak dan bau yang tidak sedap pada peralatan makan si Kecil secara keseluruhan.

❤Hypoallergenic 


Formula Hypoallergenic mampu meminimalisir terjadinya iritasi kulit, gatal dan kasar pada kulit. Perlindungan bukan hanya untuk si Kecil tapi juga untuk Bunda juga saat mencuci.

❤Dermatologically Tested  

Sabun pencuci botol yang sudah teruji klinis atau Dermatology Tested !

❤Microbiological Tested  

Produk yang sudah teruji efektif dalam membunuh Mikroorganisme yang berbahaya.

❤High Quality Concentrate 

Hanya perlu sedikit saja, botol susu si kecil sudah bersih dan terlindungi dari kuman! Ini sih Favoritnya Emak-emak banget ya Buuun, hemat! Hihi.

❤Paraben Free 

Sabun pencuci botol, peralatan makan dan mainan  si kecil yang tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya sehingga aman untuk si kecil. Kalau untuk si kecil hindari deh bahan-bahan seperti ini (paraben, pengawet dan konco-konconya).



Info lengkapnya soal Sleek Baby ini bisa diintip di 
Facebook atau Instagram nya ya. Klik aja! 

Nah, gimana Bunda-bunda? mudah bukan tipsnya? Semoga bisa menjawab permasalahan berkaitan perbotolan dan perlengkapan bayi ya... Bunda-bunda yang punya anak balita (apalagi Bayi Baru Lahir) jadi makin aware dan melek lagi soal kebersihannya... Yuk, dukung 1000 hari perlindungan si Kecil!

Siiip, share di kolom komen jika ada tips keren lainnya ala Bunda yaaa... See ya! :)

9 comments:

  1. Sikat botol dan pembersih khusus botol si kecil memang wajib di punya deh. Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  2. aku kadang nyuci perabot lupa diperetelin, emang kudu detail ya teh nyucinya supaya bersih, btw aku jg pake sleek dr zaman kifah

    ReplyDelete
  3. Wah, jadi ingat zaman aanak2 dulu masih batita dan balita. AKu juga menggunakan Sleek untuk membersihkan wadah2 makanan, bekal, gelas dll. Malah kadang mencuci buah2an juga hehehe. Hati tenang, semua higienis kan :)

    ReplyDelete
  4. Apapun yg masuk mulut itu sebenarnya sumber dr segala penyakit katanya mba,, tapi kalau semuanya dlm keadaan bersih terhindar dr kuman Aman y mudah2an apalg sleek formula nya Aman bngt

    ReplyDelete
  5. Andlaan banget emang sleek ini mba. Mampu juga bersihkan kotoran yang membandel di peralatan anak

    ReplyDelete
  6. Ade juga pakai sleek. Memang bagus banget buat perlengkapan bayi nih. Kemarin juga ade pakai sleek buat cuci celana batoknya Adek Fi yg habis sunat. Kan harus hygienis ya

    ReplyDelete
  7. Emang paling enak bersihin botol si adek pake sleek dan sikat botolnya, busanya lembut tapi bikin sisa susu rontok.

    ReplyDelete
  8. Aku setuju banget nih. Memang harus perhatian banget saat mencuci dan menyimpan peralatan makan dan minum anak-anak. Apalagi yang masih balita ya. Untungnya ada Sleek yang bikin mudah dan praktis yaaa

    ReplyDelete
  9. PR nih bersihin botol kalau ga punya alat sterilisasi ya mak. Pakai harus rebuslah, tapi sejak pakai sleek 8 proteksi ini aku merasa tenang sih gak usah remlong manasin botol

    ReplyDelete