Friday, February 2, 2018

Indonesia Main Sains Guncang Palembang

Bismillah...

Minggu, 28 Januari 2018 kemaren, saya dan anak-anak menuju PT. Pelindo II untuk playdate bersama Playdate Hebat Palembang. Ya, ini pertama kalinya Saya ikutan acara yang digelar Playdate Palembang. Sebelumnya cuman nyimak aja di WAG.

Acaranya keren-keren. Setiap bulan akan ada playdate kece yang bukan hanya menyediakan mainan kreatif dan edukasi buat anak-anak, namun orangtua juga bahagia karena bisa family time bersama teman-teman lainnya yang bahkan belum kenal sebelumnya. Bersilaturahim. Setuju kan kalau silaturahim itu membuat hati bahagia?


Agendanya seperti kunjungan ke Bank Sampah, Buat prakarya di Taman ini, Bercocok Tanam Di sana, pokoknya banyaak. Dan Saya lupa itu tempatnya dimana aja, haha. Iya kala ga hadir emang suka gitu ya, lupa.

Intinya Playdate Hebat Palembang adalah inisiasi dari IIP(Ibu-Ibu Profesional) untuk mengajak para orangtua melek akan parenting dengan segala kreatifitas yang dapat menstimulasi sang buah hati.



Nah, kali ini Alhamdulillah Kami sekelurga berkesempatan hadir. Agendanya? Keren abis yaitu Indonesia Main Sains. Sampai di lokasi, Saya sempat terpukau, betapa penuh dan riuh ruangan tersebut dengan keceriaan anak-anak SD yang sedang dipandu untuk membuat mainan dengan alat-alat sederhana yang didalamnya terdapat hukum-hukum Fisika, Kimia, Sains pada umumnya.

Beruntungnya, setiap pengunjung yang hadir dapat memainkan alat peraga yang telah tersedia. Yeaay... Alangkah girang bukan kepalang.

Saya tuntun Fathan dan Nusaiba untuk menjajal alat-alat peraga itu dengan mengantri terlebih dahulu. Ada sekitar kurang lebih 20 alat peraga tersedia.


Bola Momentum


Dimulai dari bola momentum yang ketika Kita dorong salah satu bolanya maka bola yang lain akan saling memantul. Hal ini sesuai dengan massa dan gerak yang dipantulkan. Bolanya memang benar-benar memiliki massa berat. Buat anak sih lucu-lucu aja ya karena si bola saling memantul ketika bertemu. Ya macam mpok sama abang gitu, yang satu minta diajak ke alpa yang satu pengen leyeh-leyeh aja di rumah. Ga saling ketemu akhirnya... *hadeuh

Concentration Game


Alat peraga yang satu ini bukan hanya menantang konsentrasi anak namun emaknya juga. Karena barang siapa Lubang kawat yang kita gerakan untuk melewati kawat-kawat berliku tersentuh sedikit saja, maka akan keluar bunyi seperti strum, trrrtttt... Fathan sendiri mayan sih 2 kali kesetrum dalam melewati jalur kawat tersebut. 

Dulu pas SMA sepertinya pernah deh ada ujian membuat Logika sederhana ini. Sekarang buyar semua teori-teorinya, wkwk...


Kipas Tarik


Yang satu ini, para orangtua bisa langsung membuatnya di rumah ni. Coba lihat bentuknya deh, cuman plastik untuk baling-balingnya, bambu persegi untuk alasnya, bambu lonjong untuk penyangga dan pemutarnya. Tambah benang dan pipa deh. Cara kerjanya yaitu, si  kayu berbentuk lonjong itu diputar-putar hingga tidak ada benang yang tersisa kemudian untuk mewujudkan baling-baling berputar layaknya kipas, tarik talinya. Tadaaa Kipas pun berputar, yang menghasilkan udara sejuk.

Maglev


Entah ya ini sejenis makanan apa, ups. Yang jelas, dia itu lempengan magnet. Bagi balita apalagi batita butuh konsentrasi untuk memasukan lempengan magnet ke dalam kawat. Karena mereka saling tarik-menarik jadi lumayan butuh effort sih. Lalu ketika berhasil masuk ke dalam kawat, si lempengan tidak langsung meluncur ke bawah namun dia asik berputar-putar berkeliling hingga ujung.

Ilusi Mata


Kalau ini fungsinya untuk dilihat dan diterawang tidak diraba. Ketika kita mengintip bola-bola tersebut kadang ada 2, 3 bahkan 5. Jadi benar-benar tipuan mata. Sepertinya sih kaca di dalamnya itu terbuat dari kaca 3D gitu... *cmiiw.


Permainan Keseimbangan


Ada timbangan keseimbangan. Penumpunya hanya bambu kecil dan yg ditumpu adalah seperti tusukan sate, lancip. Ketika Kita meletakan tusukan sate yang membawa beban timbangan tersebut, dia akan berdiri tegak sembari berayun-ayun kecil. Bener-bener seimbang. Mungkin disebabkan oleh berat satu dan lainnya sama sehingga menimbulkan keseimbangan.


Ada pula Boneka Anti Rubuh, yaitu boneka dari kayu yang didesign seperti boneka tinju. Ketika dia didorong dia akan meliuk kesana kemari tanpa rebah sedikitpun, jangankan rebah, jatuh pun tidak. Unik ya? 

Paku Keseimbangan


Untuk meletakan kumpulan paku tersebut di atas sebuah besi, memiliki teknik tersendiri. Bukan asal susun pasang aja melainkan caranya letakan sebuah paku dalam posisi tidur kemudian paku lainnya disusun zig-zag, setelah selesai semua disusun barulah apit susunan tersebut dengan sebuah paku di atasnya. Angkat dan letakan di atas besi tersebut. Jadilah sebuah keseimbangan yang tak terbantahkan.

Kaleng Miring

Ini sebenernya cuman kaleng biasa seperti bekas kaleng cocacola gitu. Cuman entah diisi apa, si kaleng tersebut duduknya miring macam orang yang sedang oleng, hihi...

Roket Tenaga Udara


Pertama menemukan alat peraga ini, ada rasa menggebu luar biasa, haha. Pasalnya si roket bisa terbang tinggi dengan hempasan udara yang didorong oleh suntik-suntikan (apa sih namanya?). Cara kerjanya lepaskan roket terlebih dahulu, tarik tuas suntikan, letakan roket di atas suntikan, tekan tuasnya, zzziiing si Rocket pun berhasil terbang menyentuh langit-langit. 

Lihat deh bisa banget kan ya dibuat di rumah. Hanya membuat roket-roketan dari sedotan dan kertas. Lalu beli alat suntik-suntikan besar deh, jadilah...

Cakram Warna


Si Cakram yang berputar-putar. Ada logika If-Else juga dalam mainan ini. Ketika tombol ditekan On maka cakram akan berputar, dan sebaliknya ketika ditekan Off maka dian berhenti. Fathan dan Nusaiba suka banget dengan mainan ini, hanya jetak-jetek aja mereka bisa menyaksikan Cakram warna yang berputar-putar. 

Pompa Air


Tarik-ulur yang dibutuhkan dalam  mengeluarkan air. Anak-anak happy bisa mengeluarkan air dengan cara memompanya terlebih dahulu. 



Dan masih banyak mainan lainnya seperti Bola-bola udara yang cara mainnya mirip Pompa Air, Kaledioskop yang memantulkan cahaya yang indah, Tebak Warna yang tulisannya adalah warna lainnya (misal warna merah tapi dalam tulisan kuning, hal ini dapat melatih konsentrasi anak yang sudah bisa baca).

Wohooo, bagaimana? Menarik bukan? Apa Saya saja yang berpikiran macam ni? haha...

Disela-sela pengunjung asik khusyuk dengan alat-alat peraganya, acara berlangsung heboh dalam pembuatan mainan yang didalamnya terkandung nilai Sains.

Yes, karena benda-benda disekitar Kita bisa disulap menjadi mainan apapun selama Kita kreatif mengakalinya, dimana kreatifitas disitu ilmu alam bekerja.

Ketika ditanya : "Siapa yang setuju acara ini sering diadakan di Palembang?" Hampir semua peserta terutama orangtua unjuk tangan. Wow, artinya sudah saatnya mengembalikan dunia anak pada dunia main sesungguhnya bukan dunia gadget yang selama ini menjadi candu Generasi Z.

Yuk jadikan anak-anak gandrung Sains dimulai dari hal-hal yang sederhana :)

10 comments:

  1. Seru beut acaranya, kalo di Jakarta ky di TMII kali ya, ato kalo di Bandung ky di padalarang, apa deh namanya yang banyak peragaan sains, duh hilap deuo euy

    ReplyDelete
  2. Seru bangeet, inget waktu SMA dulu pernah study tour ke Museum Iptek di TMII, mirip2 gini banyak permainan yg ada unsur pelajarannya. Jadinya belajar makin fun disana :D

    ReplyDelete
  3. Wah keren nih anak2 diajakin main yg mendidik. Biar makin pinter.

    ReplyDelete
  4. Keren yaa, permainannya mendidik, anak jadi seneng belajar

    ReplyDelete
  5. Permainan konsentrasi dan ilusi mata sepertinya sangat menarik perhatian anak2 dan orang tua. Ilmu pasti kalau diadakan permaianan seru kayak gini pasti nikin betah anak2 deh.

    ReplyDelete
  6. Wah seru banget acaranya, acara edukatif seperti ini emang paling anak-anak suka, karena mereka bisa langsung praktek dan rasa ingin tahu anak tentang suatu hal baru jadi tercurahkan

    ReplyDelete
  7. Suka banget kalo ngeliat anak2 kreatif apalagi menciptakan sesuatu ya, admire banget

    ReplyDelete
  8. Wah, ini bukan sekedar playdate biasa ya, ada unsur edukasi sainsnya. Kalau di Depok, belum tahu deh dimana, ada juga playdate yg bukan begini, aktivitas outdoor tea

    ReplyDelete
  9. Aku naksiiir semua mainannya, suka banget punya mainan educatif

    ReplyDelete
  10. Playdate nya keren banget kaya gini mbaa

    ReplyDelete