Friday, December 17, 2021

Tugas Malaikat Jibril

 Bismillah... 




Sejak kecil tentunya kita sudah diajarkan tentang mengenal nama-nama nabi, nama malaikat dan tugasnya, dan kisah-kisah lainnya seputar agama. Tetapi ketika beranjak dewasa cerita-cerita tersebut seolah luntur dari ingatan kita, hal itu mungkin dikarenakan kesibukan dan bergesernya skala prioritas kita. Tentunya kita sebagai calon orang tua khususnya calon ibu patut mengajarkan cerita-cerita kenabian dan nama malaikat beserta tugasnya.

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa malaikat memiliki tugasnya masing-masing, dan kali ini kami hanya akan fokus membahas tentang tugas malaikat Jibril. Nah, bagi kamu yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

 

Pemimpin Para Malaikat

Malaikat Jibril merupakan malaikat yang ditunjuk sebagai pemimpin para malaikat untuk turun ke bumi. Tetapi malaikat Jibril hanya ditugaskan paling tidak satu tahun sekali, khususnya di malam Lailatul Qadr pada bulan Ramadhan. Malaikat Jibril akan turun ke bumi di malam yang mulia itu, dan para malaikat lainnya juga hadir untuk memberikan keselamatan dan keberkahan di malam tersebut. 

Nah, ketika malam Lailatul Qadr di bulan Ramadhan banyak malaikat-malaikat turun ke bumi khususnya ada Malaikat Jibril sebagai pemimpin para malaikat.

Memenuhi dan Menahan Hajat Orang Yang Sedang Berdoa

Tugas malaikat Jibril selanjutnya adalah memenuhi dan menahan hajat orang yang berdoa. Dalam arti lain, malaikat Jibril diberi tugas untuk dapat mengabulkan atau menahan doa orang mukmin yang sedang berdoa atas kehendak Allah SWT. Hal itu terdapat dalam Hadist riwayat Imam Al-Baihaqi dari Tsabit, Rasulullah SAW bersabda:

Telah Sampai kepadaku bahwa Allah Swt mendelegasikan Malaikat Jibril dalam urusan memenuhi hajat hidup manusia. Apabila seorang mukmin berdoa, maka Allah pun berkata kepada Jibril; Wahai Jibril, tahan dulu untuk memenuhi hajatnya karena Aku sungguh sangat senang mendengar lantunan doanya. Apabila orang kadir berdoa, Allah pun berkata kepadanya; Wahai Jibril, penuhi apa yang menjadi hajatnya karena sesungguhnya Aku tidak suka mendengar lantunan doanya.

Baca Juga : Keutamaan Dan Cara Melakukan Sedekah Subuh

Mendampingi Orang Yang Sedang Mengalami Sakaratul Maut Dalam Keadaan Yang Suci

Tugas malaikat Jibril selanjutnya yakni, mendampingi orang yang sedang sakaratul maut dalam keadaan suci. Ketika ada seseorang yang sedang menghadapi sakaratul maut, lalu orang itu sedang dalam keadaan suci, maka disitulah tugas malaikat Jibril untuk menemani orang tersebut. Selain itu malaikat Jibril juga diperintahkan oleh Allah untuk membawa rahmat dan memberi kemudahan bagi orang yang sedang menghadapi sakaratul maut.

Dalam pernyataan tersebut dikuatkan oleh Syekh Nawawi di dalam kitab Nuruzh Zhalam. Beliau menerangkan, 

Imam Jalaluddin Al-Suyyuthi berkata bahwa Malaikat Jibril menghadiri kematian seseorang yang meninggal dalam keadaan punya wudhu.

Mengurus Angin

Tugas malaikat Jibril terakhir yakni mengurus angin, dimana segala aktivitas di bumi yang berkaitan dengan angin, maka disitulah tugas malaikat Jibril. Kita semua tahu bahwa bumi sendiri memang tidak bisa terlepas dari fenomena alam khususnya angin, maka dari itu harus ada malaikat yang mengontrol fenomena tersebut.

Hal itu terdapat dalam riwayat Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Imam yaitu :

Empat Malaikat yang mengurusi urusan dunia yaitu Jibril, Mikail, Malaikat Maut, dan Israfil. Jibril diserahi untuk mengatur angin dan para tentara (malaikat). Mikail diserahi untuk mengurus hujan dan tumbuh-tumbuhan. Malaikat maut diserahi untuk mencabut nyawa, sedangkan Israfil diserahi tugas menyampaikan perintah kepada mereka.”

Nah itulah 4 tugas Malaikat Jibril selain Menyampaikan Wahyu.  Semoga informasi ini  bermanfaat ya. Jika ada tambahan dan koreksian, feel free untuk komen di kolom komentar yaa.. ❤

5 comments:

  1. Tentang mengabulkan dan menahan hajat, gak bisa berkata-kata ternyata ini faktanya. Alasan di balik doa ditahan dan dikabulkan, terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Masyaallah tugasnya malaikat Jibril gak cuma menyampaikan wahyu, masih pemahaman anak SD. Terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu tentang ini, terima kasih ilmunya, bermanfaat banget ini mah.

    ReplyDelete
  4. Malaikat tugasnya menyampaikan wahyu, sedangkal itu pengetahuanku sejak SD sampai sekarang, terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalau malaikat Jibril tidak hanya menyampaikan wahyu, terima kasih ilmunya.

    ReplyDelete