Sunday, September 17, 2017

Dedikasi Milna 1st Bite Day Untuk Anak Indonesia

Bismillah...

Sebagai seorang Ibu menantikan momen makan pertama si kecil merupakan sesuatu yang membuat deg-degan. Karena banyak sekali hal yang harus disiapkan. Seperti apa saja menunya, berapa takarannya, dan bagaimana teksturnya. Semua membutuhkan pengetahuan yang cukup demi tumbuh kembangnya. Sehingga bisa dipastikan bahwa Ibu bukan hanya berpedoman pada "yang penting si kecil kenyang", lebih dari itu sebaiknya takaran gizi pun diperhatikan.  


Sabtu, 9 September 2017 kemarin, para Ibu excited mengajak si kecil ke acara MILNA 1st BITE DAY di The Hall, Senayan City Mall. Yang mengadakan interactive talkshow dengan Dokter spesialis anak yaitu Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K). Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Dr. Conny? Dihadiri pula oleh Brand Ambassador Milna 2017 yaitu Tya Arietya dengan Si Kecil menggemaskan, Muhammad Kanaka Ratinggang.

Pentingnya Momen Makan Pertama Si Kecil

Dalam Talkshow tersebut Dr. Conny menyatakan hal-hal penting di 1000 hari  pertama kehidupan si kecil. Untuk hal itu pemenuhan nutrisi si kecil sangatlah penting. Bahkan di momen makan pertamanya. 

Pentingnya Momen Makan Pertama berdampak pada 2 hal yaitu Memori Rasa dan Hipoalergi. Dimana Memori rasa menimbulkan efek jangka pendek yaitu di dalam rahim anak sudah mengenal rasa melalui cairan ketuban yang menyebabkan anak suka. Dan jangka panjangnya anak jadi tidak susah makan. Sedangkan untuk Hipoalergi sendiri dalam jangka pendek tidak menimbulkan alergi dan dalam jangka panjang lebih toleran terhadap makanan baru.

"Data Riskesdas (Riset Kesehat an Dasar) tahun 2013 menunjukkan tinginya angka kejadian perawakan pendek atau stunting pada anak balita, yaitu sebesar 37,2%, sebagai dampak dari kekurangan gizi jangka panjang yang terjadi khususnya ada 1000 hari pertama pertumbuhan Si Kecil. Hal ini menandakan banyaknya anak yang tidak diberi makanan sebagaimana direkomendasikan oleh WHO, yaitu pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, dan setelahnya, makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang sesuai dan aman serta ASI yang diteruskan sampai Si Kecil berusia 2 tahun. Keluarga harus memahami pentingnya pemberian makan yang sesuai pada periode emas dalam 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil karena pemberian MP-ASI yang tepat adalah pintu gerbang utama dalam mempersiapkan seorang anak untuk menjadi pribadi tangguh secara menyeluruh." Jelas Dr. dr. Conny Tanjung.

Dari sini saya pun merenung, seolah berkaca pada diri sendiri. Jangan-jangan saya pendek salah satunya karena pemberian MP-ASI yang tidak tepat? Duh, jangan sampai deh terjadi pada anak saya, cukup saya saja di keluaga yang pendek, haha. Ya, karena setiap Ibu pasti memiliki harapan kebaikan untuk buah hatinya, bukan? Seperti yang diceritakan oleh Tya Ariestya :

"Momen makan pertama si kecil merupakan milestone penting bagi kami. Selain karena ini adalah momen makan pertama kanaka, ini juga menjadi momen bagi kami untuk lebih mempersiapkan kebutuhan gizinya. Untuk Momen Makan Pertama Kanaka di usianya yang 6 bulan, aku berikan Milna Bubur Bayi Organic Beras Merah, happy sekali lihat Kanaka senang dengan Makanan Pertama yang aku kasih. Perkenalan kami dengan brand Milna, tidak hanya banyak memberikan manfaat dari segi edukasi nutrisi Si Kecil, tetapi juga memberikan wawasan mengenai MP-ASI fortifikasi dan manfaatnya untuk tumbuh kembang Si Kecil." Jelasnya.

Selain itu, Bunda Tya selalu membawa MP-ASI Milna ketika travelling, meskipun membawa MP-ASI racikan sendiri, menurutnya kita tidak tahu apa yang terjadi di perjalanan. Bisa saja, MP-ASI rumahan sudah basi atau terjadi hal lainnya. Saya setuju dengan Ibu yang satu ini karena kedua anak saya diberikan keduanya baik MP-ASI Rumahan dan Pabrikan. Tergantung situasi dan kondisi saja. Kadang, malah mix and match. Yang rasanya malah saya suka. Abis bagaimana ya, bukan hanya anak-anak, saya pun sebagai Orangtua justru suka dengan rasa bubur bayi Milna yang melegenda itu.. Kadang malah digadoin, ups, jangan ditiru, please! :D

Perhatikan Tanda Lapar dan Kenyang Bayi


Dari banyak pertanyaan, hampir semua Ibu mengeluhkan tentang balitanya yang  susah sekali makan. Ternyata hal ini berkaitan dengan jadwal pemberian makan untuk si kecil. Sering kali para Ibu lupa bahwa maksimal memberikan makan untuk anak hanya 30 menit saja. Jika memang si kecil tidak mau makan, ya sudah, jangan dipaksa. Tunggu hingga si kecil memberikan alarm bahwa ia lapar. Dengan sendirinya (proses alamiah) Si Kecil akan makan dengan lahap ketika ia lapar. Dan berikut Cara Menyikapi Anak Sulit Makan Dengan Feeding Rules :

Jenis Makanan : 
💙 Mengandung sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin & mineral dalam jumlah cukup & seimbang.
💙 Teksturnya disesuaikan dengan tahap perkembangan mulai cair, halus, lumat dan padat.

Jadwal Makan Teratur : 
💙 Seperti yang telah dijelaskan jadwal makan hendaknya teratur dengan 
💙 Waktu makan maksimal 30 menit
💙 Jangan berikan makanan sebagai hadiah
💙 Tidak ada makanan diluar jadwal yang sudah ditetapkan

Ketika semua sudah dilakukan, lihat perbedaan apa yang akan terjadi? Bisa dipastikan justru anak akan meminta untuk makan. Disiplinkan Feeding Rules ini ya apalagi untuk anaknya yang GTM (Gerakan Tutup Mulut).

Dr. Conny Semangat sekali menjelaskan tentang 1st Bite Day
Dan tips agar anak mandiri yaitu dengan cara memberikan finger food dan biarkan bayi memegang minumnya sendiri di usia 6-8 bulan serta atur pola makannya sehingga anak akan meminta sendiri ketika lapar. Harus dicoba ni, karena selama ini saya sendiri mempraktekan finger food pada anak usia 1 tahun lebih. Ternyata semakin dini semakin baik ya untuk membentuk karakter mandiri Si Kecil.

Acara selajutnya, diisi oleh Dr. Muliaman M sebagai Head of Medical Marketing  yang memberikan edukasi pada para Bunda tentang kelebihan masing-masing MP-ASI baik Rumahan dan Pabrikan. 


Ternyata oh ternyata, rumor yang beredar selama ini yang mengecap bahwa MP-ASI Pabrikan tidak bagus, menggunakan pengawet dan lain sebagainya adalah salah. Faktanya Milna Bubur Bayi Organik merupakan produk pertama di Indonesia yang menggunakan bahan organik terbaik dari alam tanpa bahan pengawet untuk nutrisi terbaik Si Kecil. Hal ini sejalan dengan WHO bahwa anak usia 6 bulan harus diberikan safe and appropriate complementary breastfeeding. Karena seperti kita tahu dalam lambungnya yang kecil membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kembang dan aktivitasnya. Atau biasa kita kenal dengan prinsip "The Smaller the child, the more often he or she needs to be fed."

Karena 95% dari Bahan Organik sehingga banyak sekali manfaatnya, diantaranya :
  • Mengurangi resiko kesehatan karena makanan organik bebas dari bahan kimia yang cenderung berbahaya
  • Bebas dari Genetically Modified Organisms (GMO) dan Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) atau penyakit sapi gila
  • Mengurangi resiko infeksi pathogenic seperti E. coli dan mycotoxins
  • Mempertahankan dan meningkatkan resiko keseimbangan ekologi
  • Sel-sel tubuh, meningkatkan sistem regenerasi tubuh dan menyeimbangkan sistim hormon. Selain itu dapat meningkatkan fungsi organ.
Sudah dapat dipastikan kandungan nutrisinya pun sesuai standard BPOM dan halal. Sementara jika rumahan, kita harus ekstra kerja keras untuk cari tahu mengenai kandungan dan takaran yang terdapat di setiap makanan yang akan diberikan pada bayi.  

Dr. dr. Conny pun menjelaskan bahwa, "Sebagai alternatif sumber makanan MP-ASI, bahan pangan organik merupakan salah satu pilihan yang baik, karena proses pengolahan bahan pangan dari pertanian organik memiliki banyak sekali kelebihan seperti rendahnya kadar pestisida, antibiotik dan logam beracun cadmium, serta lebih tingginya kadar berbagai antioksidan. Paparan zat-zat negatif terhadap bahan pangan organik juga sangat minimal, sehingga kualitas bahan panggannyapun meningkat."


Di tahun ini, Milna Memperingati 30 tahun, milestone perjalanannya telah melalui berbagai prestasi. Dibawah PT. Kalbe Nutritionals, salah satu brand unggulan ini pula berinovasi mengeluarkan Produk terbarunya yaitu Milna Bubur Organik Varian Pisang dengan tekstur yang lembut dan rasa yang sesuai dengan kesukaan Si Kecil untuk 1st Bite Day atau MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil. Kenapa pisang? Karena mudah dicerna dengan rasa manis yang disukai bayi dan mengandung banyak nutrisi penting seperti Kalium yang bagus untuk otot, jantung dan membantu menormalkan elektrolit bayi sehabis diare. Dan kandungannya kaya akan vitamin A, B6, B12 dan C serta kaya pektin yang berfungsi untuk mencegah sembelit.

Oya, selain produk Milna Bubur Bayi Organik Varian Pisang. Milna pun memiliki banyak sekali produk-produk unggulannya, yaitu :

💙 Milna Biskuit Bayi : meal untuk anak usia 6 bulan ke atas. Dengan varian pisang, original, jeruk, beras merah dan kacang hijau
💙 Milna Bubur Bayi WGain : untuk menjaga berat badan Si Kecil. Cocok untuk bayi dengan BB rendah. Dengan varian ayam sayur, ayam bayam, ayam wortel brokoli dan ayam manis tariyaki
💙 Milna Bubur Bayi Goodmil : untuk Si Kecil yang alergi. Dengan varian rasa protein soya, protein Whey Hidrolisa
💙 Milna Toddler Biskuit : cemilan untuk anak usia 12 bulan lebih. Dengan varian rasa cokelat dan keju.
💙 Milna Toodler Puding : pudding bergizi untuk anak 12 bulan ke atas. Dengan varian rasa cokelat, stroberi dan vanila.
💙 Milna Fruit Puree : snack buah untuk Si Kecil yang berasal dari buah pilihan terbaik. Dengan varian rasa (Wortel, Apel, Labu), (Pisang, Stroberi, Apel) dan (Apel dan Peach).

Wah, semakin melimpah dan bervariasi saja ya inovasi produknya. Yang saya belum coba berikan untuk anak adalah Milna Fruit Puree, penasaran dengan rasanya? Saya juga! :)

Dr. Muliaman juga menjelaskan Mengapa Suapan Pertama Sangat Penting? Menurutnya, kandungan MP-ASI, cara pemberiannya akan berpengaruh pada pembentukan sirkuit otak awal untuk fungsi 5 indera yaitu untuk penglihatan, pendengaran, bau, rasa dan raba. Hal ini tentu tidak lepas dari pola makan, nutrisi yang dikandung serta stimulasi itu sendiri. 

Kesimpulan materi dari beliau adalah APA, KAPAN dan DIMANA Anak harus makan adalah TERGANTUNG ORANGTUA. Sedangkan KEMAUAN MAKAN dan SEBANYAK APA yang harus dimakan adalah TERGANTUNG ANAK.

So, jadilah Orangtua yang baik dan bahagia ya, Moms. Jangan pernah membandingkan anak kita dengan lainnya. Karena setiap anak adalah special memiliki kepintaran dan gayanya sendiri. Pun terkait pemberian makanan, memaksa anak untuk makan alih-alih malah anak menjadi trauma. Ya, Karena kita merupakan ujung tombak kesuksesan tumbuh kembang Si Kecil.

Sampai disini paham kan betapa pentingnya Momen Makan Pertama Si Kecil? Semoga ya...

Demo Masak MP-ASI Bersama Ahli

Next, it's demo cooking time, yeay! Bersama Ibu Hindah Muaris sebagai Ahli Gizi Kuliner Bayi & Anak.
Dalam pemaparan tersebut menjelaskan bahwa no gul-gar sampai 1 tahun, utamakan sayur dulu baru buah, kombinasi dan takaran nutrisi untuk Si Kecil harus sesuai. Praktek masak-memasak ini menyedot banyak perhatian para Ibu sehingga ga ketulungan hebohnya. Saya sendiri rada harus jinjit kaki untuk menyaksikan demo masak MP-ASI dengan Milna Bubur Bayi. 

Satu tips yang sangat saya ingat dari demo masak ini adalah usahakan hanya rebus, kukus tanpa goreng. Karena dengan rebus dan kukus kandungan makanan bisa dipastikan utuh. 

Celebrate 1stBiteDay!

Wohoo serunya Celebration 1st Bite Day Milna

Setelah rangkaian acara selesai, berlanjut dengan perayaan momen pertama makan si kecil ditandai dengan berkumpulnya perwakilan para Ibu dan Bayi di atas stage kemudian serentak semuanya mengeluarkan biskuit Milna untuk diberikan pada Si Kecil. Dan dengan itu resmi sudah perayaan Momen Makan Pertama Si Kecil. Meriah sekali dengan taburan kertas dan hujan balon dari atas. Semua bergembira, semua berebutan balon dengan riang 🤗

Dari Rangkaian acara tersebut merupakan kampaye Milna 1st BITE DAY yang  adalah kampanye sebagai perayaan Momen Makan Pertama Si Kecil, karena kandungan zat gizi pada MP-ASI, tidak saja berperan penting untuk pertumbuhan fisik tubuh tetapi juga untuk pertumbuhan otak, perkembangan perilaku, motorik, dan kecerdasan Si Kecil. Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh para nara sumber.

Kampanye tersebut berjalan di 3 kota yaitu Bandung, Jogja dan Jakarta dengan harapan agar Si Kecil dapat beradaptasi dengan makanan baru.

Dedikasi yang optimal sekali ya dari Milna untuk bayi Indonesia? Yup, 30 tahun penuh arti, 30 tahun Milna berinovasi , 30 tahun Milna  berkontribusi untuk anak Indonesia.

Salah satu booth yang tersedia : Baby Playland. Foto by Faradila Putri
Tak kalah menarik banyak booth Baby Experience yang memeriahkan acara tersebut. Selain Orangtua dapat menambah wawasan, si kecil juga bisa melakukan aktivitas seru seperti 

👶 Baby Playland dimana si kecil dapat terstimulasi dengan permainan yang ada dari mulai merangkak, menggunakan bouncer sampai mainan untuk membantu bayi berjalan dari Fisher Price. Seru ya? Melihatnya saja saya jadi bersorak-sorai gembira :D

👶 Baby Spa : Si Kecil dapat rileksasi dengan pijatan dan spa dari Mon and Jo selama 10 menit. Wah, dijamin deh Si Kecil akan lebih fresh dan ceria kembali.

👶 Baby Photo, Si Kecil dapat beraksi dengan pose lucunya, saya sendiri tidak sempat membawa anak untuk berphoto namun saya lihat hasil foto-fotonya lucu-lucu, para bayi dijadikan model pada kemasan Milna Bubur Organik Varian Pisang, hihi...

👶 Baby School, Si Kecil dapat belajar dengan riangnya. Aktivitasnya banyak yang didukung oleh Little Jack selama 15 menit. Diantaranya main bubble, story telling, bernyanyi, menari dan kegiatan seru lainnya. Adududuh mana tahan lihat tingkah lucu Si Kecil geol megol-megol 😂

👶 Baby Consultation, Para Bunda dapat berkonsultasi dengan para ahli dan dokter mengenai kesehatan dan tumbuh kembang anaknya.Saya sendiri mengeluhkan tentang alergi Si Kecil dan ternyata harus tahu dahulu akan pencetusnya. Jika pencetus sudah diketahui maka mudah saja untuk mengatasi dan mencegah Alergi datang kembali. Terimakasih Doook. Bayar? Free dong! Alhamdulillah...

👶 Baby Cafe. Waktunya makaaan. Ya disini Si Kecil diberikan makanan bergizi dari Milna Ahlinya Makanan Bayi. Para Bunda bebas memilih varian dari bubur Milna yang telah disediakan.

Selain itu, ada juga perlombaan yang diadakan. Diantaranya Lomba Merangkak, fashion show dan berbagai lomba menarik lainnya. Hadiahnya? Tak kalah seru. Apalagi doorprize-nya, namun sayang ga kebagian, haha...

Seruuuu... Acaranya pecah. Membuat bahagia siapa saja yang mengunjunginya. Ya karena disela-sela acara inti, si kecil tetap bisa bermain dan menjelajah seru di booth yang telah tersedia. It will be a memorable day 💓

Dari acara tersebut, para Bunda mengantongi banyak sekali ilmu tentang MP-ASI dan segala masalah tentangnya, berikut saya jembrengkan poin-poinnya ya...

Persiapkan Momen Makanan Pertama Si Kecil dengan tepat

Mempersiapkannya membutuhkan pengetahuan dalam memperhatikan 4 hal berikut ini :
  • Perhatikan jenis makanan yang diberikan
  • Perhatikan tekstur makanan yang disesuaikan dengan usia.
  • Perhatikan jdwal pemberian makanan
  • Temukan Produk yang tepat untuk si kecil sesuai dengan usianya.

4 Tanda Si Kecil Siap untuk Momen Makan Pertamanya



Cara Memberikan MP-ASI 

👶 Mengenal makanan baru makanan membutuhkan setidaknya 10-15 kali
👶 Buat jadwal teratur
👶 Jangan memaksa anak makan
👶 Perhatikan tanda lapar dan kenyang
👶 Kebersihan dalam mengolah, menyiapkan dan memberikan MPASI sangat penting seperti alat masak, alat makan dan penyimpanan.


Posisi Tubuh Saat Makan



Awal Makan yang Tepat

Saat Si Kecil pertama kali diperkenalkan dengan makanan semi padat (MP ASI), sebaiknya mulailah dengan memperkenalkan Si Kecil dengan satu rasa terlebih dahulu. Tujuannya agar Si Kecil dapat mengenal rasa dengan baik dan meminimalkan risiko alergi pada jenis makanan tertentu.

Resep Bubur Bayi Milna

Pure Beras Pisang Ambon

Kini waktunya untuk mempraktikkan Resep Bubur Bayi Milna. Setelah mengetahui aturan mainnya. Kini saatnya mempraktekan resep bubur bayi ala Milna. Kali ini kita akan membuat Pure Beras Pisang Ambon. Ingat selalu ya tekstur untuk disesuaikan dengan usia Si Kecil. Cair-mulai agak encer-dikentalkan bertahap. Siap? Yuk Mulai!

Bahan :
💙 20 g/2 sendok makan Milna Bubur Bayi Beras Merah Pisang
💙20 g pisang ambon, haluskan menggunakan punggung sendok
💙 75 ml air panas
💙 50 ml air perasan eruk manis (baby orange)

Cara Membuat :
Siapkan mangkuk, masukkan Milna Bubur Bayi Beras Merah Pisang. Tuang air panas, air perasan jeruk manis (baby orange) dan pisang ambon. Aduk rata.
Tuang pure ke dalam mangkuk saji, hidangkan segera

Untuk 1 porsi
Tip: Gunakan air perasan jeruk manis atau baby orange. Jeruk jenis ini memiliki rasa yang manis dan kandungan asamnya rendah.

Selamat Makan, Baby. Selamat Menyuapi, Momy 💓
Pada akhirnya Suapan pertama Si Kecil 1stBiteDay merupakan suatu pengalaman yang seharusnya menyenangkan untuk Si Kecil. Buat Si Kecil sebahagia mungkin ketika momen makan pertamanya. Karena suapan pertama mempengaruhi tumbuh kembang-nya baik jangka pendek maupun jangka panjangnya. So, pastikan jaga tumbuh kembang Si Kecil sejak 1000 hari pertama kehidupannya ya. Termasuk Momen Makan Pertamanya.

Terimakasih MILNA, Ahlinya Makanan Bayi untuk having fun-nya di acara kece dan seru ini. Kamu mau juga datang di acara kece Milna lainnya? Pantengin terus di :

FB : @MilnaID
Twitter : @BundaMilna
Instagram : @MilnaID

Dan dapatkan ilmu dan info seputar nutrisi Bayi disana.

24 comments:

  1. Acara seru ya melibatkan anak langsung plus ibu juga dapat edukasinya sekaligus tukar pikiran dengan ibu2 lainnya ya

    ReplyDelete
  2. Info yg sangat lengkap. Sangat berguna sekali untuk para ibu² ya....terima kasih infonya

    ReplyDelete
  3. Milna bisa jadi rekomendasi MPASI Sagara nanti nih.

    ReplyDelete
  4. Asik ya kalau tahu tanda tanda anak lapar. Soalnya kalau nggak, anak udah kenyang tapi paksa makan eh kekenyangan dan jadi muntah deh

    ReplyDelete
  5. Kifah dulu makannya milna yang buat anak alergi, soalnya makan bubur bayi biasa alerginya langsung kambuh

    ReplyDelete
  6. Anakku 22nya pake milna nih. Dan ada kemasan sasetnya, jadi kalau jalan2 kemana2 ga perlu repot soal makanan.

    ReplyDelete
  7. Anak-anakku waktu bayi juga suka makan bubur halus dan biskuit Milna.

    ReplyDelete
  8. widiiiih acaranya keren banget, anaknya bahagia ketemu tempat main plus ibunya dapet informasi banyak seputar mpasi

    ReplyDelete
  9. Nggak nyangka Milna sudah 30 tahun. Perayaan 1st bite day-nya juga ramai banget, pelanggan produk Milna banyak ya.

    ReplyDelete
  10. Inget bngt dulu pertama kasih biskuit Milna k kidos baru tahu klo sdh 30th.. sayang kmrn gk bs hadir y krn dh janjikan dpt email prtama..

    ReplyDelete
  11. Anak sulung saya dulu juga mpasinya pakai Milna :)

    ReplyDelete
  12. Waktu MPASI putra saya Fahmi juga suka banget dengan produk Milna...
    Enak ya...

    ReplyDelete
  13. Cemilan yang kaya nutrisi dan gizi ternyata diperlukan ya bun, agar saat MPASI lebih menyenangkan buat anak kita.

    ReplyDelete
  14. Klo menurut sy sich masa Mpasi ini adalah masa terpenting pemberian semua rasa makanan pada lidah bayi. Tujuannya supaya bayi tdk jd picky eater.

    ReplyDelete
  15. Sid suka biskuit Milna buat yang 1 tahun ke atas. Enak yang rasa coklat. Buat bepergian memang lebih praktis dengan mp-asi dari Milna

    ReplyDelete
  16. Anakku juga dulu maem Milna tapi paling suka biskuitnya .

    ReplyDelete
  17. "Golden age" memang harus benar-benar diperhatikan ya mak nutrisi untuk tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  18. Lengkap banget bunda, dulu juga anakku mpasi nya milna. Alhamdulillah sih mereka suka 😊

    ReplyDelete
  19. Hihihihi...
    Aku malah suka ngemil biskuit milna ini loh mbak. Enaaak!!😁😊😁

    ReplyDelete
  20. Waktu makan emang kudu diatur, tapi kadang aku suka gemes kalau makanan gak abis hehe. Dulu zaman anak pertama msh bayi kalau blm abis aku tungguin mpe abis. Sklrng sih abis gak abis aku ambil piringnya haha

    ReplyDelete
  21. Bahahaha, tos ah Mba Shine aku juga mikir apa aku stunting ya? :D Ya, tapi emang gen, sih.. hihi :D Aku pun kalo jalan-jalan dulu pas anak-anak masih under 1 tahun selalu siap-siap bawa yang instan. Buat jaga-jaga ya mba. Kalo biskuitnya mah aku pun syukkkaaa... Hihi suka aku camilin juga.. :D

    ReplyDelete
  22. Jadi nostalgia dgn produk Milna nih. Anak2ku awal MPASI konsumsi Milna semua. Percaya banget sama produk Kalbe deh.

    ReplyDelete
  23. Lengkap banget mba ulasannya,bermanfaat banget buat yang sedang memulai tahapan MPASI. Anak saya juga makan milna plus buat latihan megang makanan juga, kalau lagi megang biskuit terus di ambil nangis deh..;)

    ReplyDelete
  24. Setuju. Pemilihan MPASI yang tepat itu amat penting. Selain untuk pertumbuhan fisik juga penting untuk pertumbuhan otak, perilaku, motorik dan kecerdasan.

    ReplyDelete