Sunday, August 13, 2017

Multi-Mikronutrien : Si Kecil Yang Penting Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Bismillah...
Ki-Ka : Dr. Damar, Lesley Braun, Dickson Susanto dan Host

"Pembakaran orang yang terjadi di Bekasi, salah satu contoh adanya saraf yang tidak nyambung karena zat besi dan omega 3 yang kurang. Sehingga menyebabkan hilangnya empati terhadap sesama. Begitupun dengan kasus korupsi." Tutur Dr. Damar.

Jleb! Sebegitu pentingkah pemenuhan mikro nutrien untuk generasi bangsa ini? Bagaimana bisa erat kaitannya mengenai akhlak?

Yuk, kita simak!

10 Agustus 2017 merupakan hari yang special. Dihadiri oleh orang-orang kompeten dibidang nutrisi menjadikan suasana Press Conference Pentingnya Multi Mikronutrien Untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang diadakan oleh Kalbe Blacmores Nutrition begitu menarik. Pallman Hotel Thamrin pun menjadi saksi tempat diresmikannya kampanye 12.000 pelukan untuk Ibu dan Bayi.

Apa Itu Mikronutrien?

Di dalam pemenuhan nutrisi terbagi menjadi 2 kategori yaitu makro dan mikro nutrisi. Seperti kita tahu Nutrisi Makro merupakan karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan si kecil yang penting alias nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral.

Pada kasus ibu hamil dan menyusui sering kali abai dengan pemenuhan multi mikronutrien untuk kebutuhan janin dan bayinya. Seringkali kita hanya berfokus pada takaran "kenyang" ketika mengkonsumsi makanan yang kita anggap cukup dalam hal nutrisi. Sebagaimana tercatat bahwa 70% total kalori yang dikonsumsi oleh ibu hamil di Indonesia adalah karbohidrat. Tidak bisa makan jika bukan dengan nasi. Hal ini yang menyebabkan tingginya kasus bayi terlahir cacat bahkan lebih parah meninggal ketika lahir. 

"Ibu hamil dan menyusui perlu diedukasi atas pentingnya nilai-nilai gizi demi kesehatan janin dan bayinya. Mereka juga harus menyadari bahwa kekurangan mikronutrien tidak hanya berdampak pada janin sewaktu hamil, melainkan juga sepanjang hidupnya." Dr. med. dr. Damar, SpOG(K)., Konsultan Fetomaternal, Departemen Obsteri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. 

Mengatasi hal ini, Ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk konsumsi buah dan sayur agar  asupan mikronutriennya bertambah.

Seberapa Penting Asupan Multi-Mikronutrien Untuk Ibu hamil dan menyusui?


Ketika wanita hamil dan menyusui, itu berarti kebutuhan mikronutriennya lebih banyak dibanding yang biasanya. Seperti yodium misalnya, kebutuhannya naik hingga 50%. Mikronutrien itulah yang pada akhinya menunjang dalam pembentukan tubuh dan organ janin.  

Sehingga kurangnya mikronutrien berdampak pada tumbuh kembang janin maupun bayinya. Di Indonesia sendiri karena masih bergantung pada karbohidrat, pemenuhan asupan mikronutriennya belum tercukupi.

Jadi jelas, pemberian asupan mikronutrien pada masa kehamilan dan menyusui merupakan salah satu kunci utama yang mudah untuk :
  • Menurunkan angka kematian ibu dan bayi
  • Meningkatkan performa anak di sekolah
  • Meningkatkan produktivitas SDM di Indonesia secara keseluruhan

Jenis Mikronutrien Yang Dianjurkan Para Ahli

Dari seminar yang disampaikan pada hari itu, dapat disimpulkan bahwa ada 5 jenis mikronutrien yang dianjurkan oleh para dokter dan ahli. Seperti berikut ini :
  • Asam folat : yaitu fungsinya untuk perkembangan otak dan mencegah Neural Tube Defect (NTD) atau cacat lahir karena tidak sempurnanya tabung saraf selama pertumbuhan janin, mengurangi resiko prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR).
  • Zat Besi : yaitu fungsinya untuk kebutuhan memproduksi darah dan sirkulasi oksigen di berbagai organ dan jaringan, serta percepatan pertumbuhan bayi. Di Indonesia, 37,1% Ibu hamil mengalami anemia dan 21,7% bayi berumur lebih dari 1 tahun mengalami anemia.
  • Yodium : yaitu fungsinya untuk kelenjar tiroid, perkembangan visual, motor skills, pendengaran dan perkembangan kognitif anak. Di Indonesia, meskipun 77,1% rumah tangga memiliki garam beryodium, hanya 36,9% ibu hamil yang memiliki asupan yodium cukup.
  • Kalsium : yaitu fungsinya untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin, serta mengurangi resiko pre-eclampsia (biasa dikenal sebagai penyakit toxemia) selama kehamilan.
  • Omega-3, terutama DHA : yaitu fungsinya untuk perkembangan neurodevelopment khususnya mata dan otak.

Dari semua mikronutrien yang dianjurkan, hanya asam folat dan zat besi saja yang biasanya diberikan oleh para dokter atau bidan. Menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan mikronutrien lainnya. Wah, sayang sekali bukan?

Dan saya pun baru tahu!
Dan saya pun  baru sadar, mungkin inilah salah satu penyebab pinggang selalu merasa sakit dan cepat lelah aketika masa kehamilan, karena banyak multi-mikronutrien yang tidak saya konsumsi. Ya, saya termasuk salah satu korban mitos : banyak minum vitamin menyebabkan bayi terlahir besar. Padahal menurut Dr. Damar : Bayi lahir besar adalah ketika terjadi "keserakahan" si Ibu pada masa kehamilan.

Multi-mikronutrien tepat  dan lengkap  


Mumpung belum terlambat, semua bisa diatasi, sebagaimana yang disampaikan oleh  Assoc. Professor Dr. Lesley Braun, PhD, Direktur Blacmores Institute bahwa "Kekurangan multi-mikronutrien ini bisa diatasi salah satunya melalui peningkatan konsumsi sayuran dan buah-buahan segar, dan berbagai jenis sumber protein. Blackmores Institue melalui Program Edukasinya mengupayakan pemenuhan asupan multi-mikronutrien, termasuk dalam bentuk suplemen, untuk dapat membantu menjembatani kekurangan asupan dari makanan. Ibu hamil harus memastikan mikronutrien yang dikonsumsi mengandung asam folat, zat besi, rangkaian vitamin B, omega-3 terutama DHA, yodium dan kalsium."

Lalu, misalnya, apakah harus konsumsi garam banyak agar yodium terpenuhi? Justru ini yg keliru konsumsi garam bisa menyebabkan produksi cairan berlebih pada saat kehamilan.

Lantas bagaimana agar pemenuhan multi-mikronutrien dapat tercukupi bagi ibu hamil dan menyusui tanpa menyebabkan efek samping?

Salah satu solusinya adalah dengan konsumsi suplemen, vitamin yg mencakup multi mikronutrien yang dianjurkan tersebut.

Dickson Susanto, Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) setuju bahwa pemberian multi-mikronutrien akan memberi pengaruh yang besar pada ibu hamil dan menyusui. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold kini hadir di Indonesia, yang merupakan rangkaian nutrisi lengkap untuk kesehatan Ibu dan perkembangan buah hati, mengandung tinggi DHA, kalsium, zat besi, asam folat, vitamin dan mineral yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui. Dengan adanya Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, diharapkan bisa menjadi salah satu opsi untuk memenuhi kebutuhan multi-mmikronutrien bagi para ibu hamil dan menyusui di Indonesia."

Dengan mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold 2x sehari, artinya kita telah mencukupi multi-mikronutrien yang dibutuhkan.

Pemenuhannya bisa semenjak kehamilan hingga masa menyusui. Biasakan konsumsi rutin pada trimester terakhir karena kebutuhan akan multi-mikronutrien meningkat.


Suplemen ini aman dikonsumsi, bahan-bahannya dari alam, no animals testing dam didukung oleh Blackmores Institute kelas dunia.

Sehingga sebelum menikahpun, dianjurkan para calon suami mengedukasi pasangannya untuk sedari dini memenuhi asupan multi-mikronutrien.

12.000 Pelukan Untuk Ibu dan Bayi 


  

 


Selain workshop tentang pentingnya multi-mikronutrien, acara ini merupakan sebagai pengesahan kerjasama antara KBN dengan Yayasan Bumi Sehat.

KBN memiliki komitmen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan di masyarakat dan memperbaiki nutrisi masyarakat Indonesia. Khususnya untuk ibu yg kurang mampu di Bali, Papua dan Aceh. Hal ini tentu dapat mengurangi kesenjangan nutrisi.

Jika kamu peduli dan ingin berkontribusi pada Ibu yg kurang beruntung, bisa dengan mengikuti program 12.000 pelukan untuk Ibu dan Bayi.

Caranya? Mudah sekali dengan hanya upload foto gestur mu yang sedang memeluk lalu upload di media sosialmu dengan hastag #12000pelukan dan #BlackmoresIndonesia dan jangan lupa tag 3 temanmu untuk ikut menyumbang. Iya, karena setiap foto dikonversikan menjadi 1botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang disumbangkan melalui Yayasan Bumi Sehat.

Info detail bisa dilihat di website : www.blackmores.co.id/12000pelukan
Yuk ikut!

Pada akhirnya, menyambung pada paragraf pertama, apa kaitan antara nutrisi dengan moral? adalah...
.
.

Manusia diciptakan sempurna karena adanya akal. Sehingga pembentukan akal melalui jaringan otak sendiri asupannya harus terpenuhi, jika akal sudah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya maka yang ada hanyalah kehancuran rasa manusiawi itu sendiri. Seperti hilangnya empati, sulit membedakan yg benar dan salah, dan kehancuran moral lainnya.

Karena kamu adalah apa yang kamu makan.

Saya Busui Dan Minum Blackmores Pregnancy Breast-Feeding Gold 2x Sehari

So, Bumil Busui yuk mulai perhatikan asupan nutrisinya demi pembentukan generasi anak Indonesia yang cemerlang 💖

34 comments:

  1. Aduh pas hamil kemarin belum pernah dengar Multi Mikronutrien, bagus ya? Memang kebutuhan gizi anak itu seharusnya terpenuhi sejak masa hamil

    ReplyDelete
  2. Asam folat memang diperlukan bgt oleh tubuh selama hamil dan menyusui supaya anak tumbuh sehat dan cerdas. Tidak kekurangan nutrisi apapun. Di Indonesia msh bnyk lho ibu hamil&menyusui yg kurang memahami betapa pentingnya asupan nutrisi utk buah hati

    ReplyDelete
  3. Wah anakku udah bukan bayi, jadi gak bisa ikutan kontesnya nih. Selain nutrisi, anak jg perlu diajarkan empati oleh orangtua & lingkungan di sekitarnya.

    ReplyDelete
  4. Pelukan mu menandakan anda peduli kepada orang lain dan orang di sekitar anda

    ReplyDelete
  5. Ternyata nutrisi sangat penting dr msh dlm Kandungan y jg buat calon bayi ny . Di situ lah awal terbentuk semuanya

    ReplyDelete
  6. Waah, kayaknya aku perlu oonsumsi ini nih, kebetulan lagi hamil dan bentar lagi lahiran. Biar asi lancar jugaa

    ReplyDelete
  7. nah ini catatan penting, jangan cuma banyak makan nasi tapi kurang asupan mikronutrien. Thank you infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. kenal brand ini dari teman di fb, salah satu rekomen, kebetulan dia beli omega

    ReplyDelete
  9. Aku lagi coba nih minum.Semoga deres ya ASI nya.

    ReplyDelete
  10. Waahh blum cobaa..dokter cuma kasih folamil genio aja..ini kyknya bagus bgt kandungannya..boleh dicoba nanti cari ahh

    ReplyDelete
  11. Terima kasih infonya mba, kalo besok hamil lagi bisa nih distok agar baby dan bumil sama" sehat

    ReplyDelete
  12. Ibu hamil dan menyusui memang perlu nutrisi yang bagus. Dengan minum Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, multi-mikronutrien yang dibutuhkan bisa tercukupi ya.

    ReplyDelete
  13. busui kayak aku perlu banget minum beginian ya, ma ksih banget infohnya mba

    ReplyDelete
  14. Wah bumil saat sekarang ini buat asupan gizi nga perlu kwatiernya apalagi rasa juga pasti banyak yang suka. nice info dear

    ReplyDelete
  15. Waaah, penting banget ternyata mikronutrient itu ya sampai bisa mempengaruhi perilaku.

    ReplyDelete
  16. Oh ada hubungannya ya nutrisi dengan tidak gratis empati orang ya, mungkin sesuai dengan apa yang ada dalam Alquran bahwa makanan yang dapat menjadikan kita berperilaku baik adalah halal dan toyiban yaitu bergizi bener begitu ya mba.

    ReplyDelete
  17. Efeknya dahsyat ya klo smp mikronutrient itu tidak atau kurang terpenuhi saat sang ibu hamil dan menyusui.

    ReplyDelete
  18. Pas banget nih informasinya untuk saya yang sedang hamil. Ngeri kali kasus di Bekasi.

    ReplyDelete
  19. Pas dulu aku hamil juga juga memperhatikan benar asupan makanan buat ibu dan bayi di kandungan mba

    ReplyDelete
  20. Waahh segitu pentingnyaaa asupan untuk ibu hamil. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  21. Ini kenapa pentingnya mempersiapkan kehamilan dengan baik.

    ReplyDelete
  22. Ooo baru tau pinggang suka lelah karna kurang vit multi-mikronutrien. Coba dulu waktu hamil Adek Fi ini udah ada ya.. -_-

    ReplyDelete
  23. Jadi catatan yangbpaling berharga nih buat saya nanti kalo mau hamil lg, nice info. Makasih ya mba

    ReplyDelete
  24. Belum merasakannya mudah-mudahan melalui info ini bisa menjadi bekal aku saat hamil nanti.

    ReplyDelete
  25. Multivitamin lengkap banget ya buat perkembangan janin..

    ReplyDelete
  26. Ooo gtu ya? OIya sih dulu aku fokusnya ke asam folat dan zat besi, yg lain2 tdk seberapa memperhatikan hehe TFS infonya

    ReplyDelete
  27. Baru tahu nih tentang Blackmores, recomemded ya..lengkap kandungannya..

    ReplyDelete
  28. Thanks for sharing mak..jadi nambah ilmu nih

    ReplyDelete
  29. Wah baru tau kalau blackmores juga bisa diminum saat nyusui. Maksih sharingnya mba

    ReplyDelete
  30. bisa rekomen ke keluarga nih.. mantab infonya

    ReplyDelete
  31. wah baru tahu juga..
    Terimakasih infonya kak..

    ReplyDelete
  32. mikronutrient bisa ngaruh k empati mba? ilmu baru nih, tfs mb

    ReplyDelete
  33. baru denger soal mikronutrient, makasi infonya mak

    ReplyDelete