Thursday, July 28, 2016

Cara Kreatif Menciptkan Peralatan Rumah Tangga Unik Khusus Dapur

 
Sumber Gambar 3.bp.blogspot.com


Hai Temans, Apa kabar?
Bagaiman aktivitas harimu? Menyenangkan? Harus! Karena berdasarkan pedoman semesta, bahagia adalah kita yang ciptakan. Mari ciptakan kebahagiaan!

Nah, kalau saya sih sudah mulai move on ni dari yang tadinya males-malesan pasca lebaran, udah mulai bebenah. Bebenah seputar kerumah tanggaan yang tiada habisnya, hehe…

Mamah Muda seperti kita kan emang selalu rempong ya? *kita?
Iyup, dari mulai beberes sumur, kamar, ruang tamu dan dapur, semua mulai diberesi. Disela-sela aktivitas itu, saya terhenti ketika melihat dapur. Sepertinya malas sekali akhir-akhir ini jika harus ke dapur. Apa pasal? Banyak barang yang sudah mulai berkarat, menumpul dan menua. Sehingga fungsinya tidak dapat digunakan secara optimal.
Namun, layaknya kebahagiaan yang harus diciptakan. Untuk membenahi permasalahan tersebut, saya mendapatkan informasi bahwa ternyata banyak Peralatan Rumah Tangga Unik yang dapat kita ciptakan dari benda-benda yang akrab disekitar kita. Tanpa harus mengeluarkan kocek, kita dapat menggunakan barang yang ada menjadi multifungsi.

Hmmm, Kira-kira apa saja ya?

Berikut cara kreatif menciptkan Peralatan Rumah Tangga Unik khusus Dapur :

Gantungan Panci/Sendok Dari Kawat Bekas


Untuk IRT pemula, biasanya perkakas dapur masih dalam jumlah terbatas, namun seiring bertambahnya usia perniakahan, ditambah lagi anak, perkakas dapur pun menjadi barang yg tak dapat dihitung jumlahnya. Bila demikian, tak ada salahnya mencoba membuat gantungan panci atau sendok dari kawat. 

Caranya, siapkan kawat bekas, kemudian sambung ukir dan tempelkan pada papan kayu menggunakan paku kecil. Kini, perkakaspun sudah bisa dicantel. 

Double Boiler Dari 2 Panci


Bagi kamu yg mementingkan suhu panas yg tidak terlalu tinggi. Ide ini bisa dipilih dengan berbagai pertimbangan. Dari pada membeli dengan harga mahal, lebih baik Double Boiler menggunakan 2 panci dengan ukuran besar dan kecil. Ukuran besar tentu harus dapat memuat panci ukuran kecil. 

Caranya, masukan air kedalam panci besar hingga hampir penuh, kemudian letakkan panci kecil di dalam panci besar. Kemudian masukkan bahan yang hendak direbus.

Vacuum Sealer Dari Plastik dan sedotan


Pada tahu kan pasti, fungsi dsri Vacuum Sealer. Tepat! Fungsinya untuk mengeluarkan udara dari dalam plastik sehingga makanan atau bahan yg disimpan bisa bertahan lebih lama. Jika membelinya harus mengeluarkan uang lebih, maka memanfaatkan plastik dan sedotan bisa jadi solusi.

Caranya, masukkan bahan yg ingin disimpan kedalam plastik kemudian sedot udara dari dalamnya, lalu tutup plastik dengan rapat.

Rak Pengering Piring Dari Sisa Kayu


Selepas cuci piring, pasti ga sah rasanya jika piring yg basah langsung dimasukan lemari piring. Kayu bekas bisa jadi alternatif untuk menampung piring yg masih basah.

Caranya, susunlah kayu dengan bentuk persegi, sekat isi ruangan dengan ruas-ruas kayu.

Keranjang Bumbu Dapur Dari Rotan


Pasti ruwet kan jika melihat bumbu dapur berserakan dimana-mana? Kalau sudah begitu apa yang biasa dilakukan? Mencari wadah tentu saja. Dengan rotan, menjadikan bumbu dapur yg berserak itu tersusun rapih dan terlihat unik. Selain itu, penyimpanan dengan cara ini bisa menjadikan bumbu dapur lebih tahan lama.

Caranya, anyam setiap rotan dengan bentuk sesuai kreasi yang diinginkan.

Nah, bagaimana?
Ga sangka kan, peralatan perintilan itu bisa membuat Peralatan Rumah Tangga menjadi unik dan rapih.

1 comment: