Saturday, June 25, 2016

Trip Zona Madina : Wisata Ruhani Dompet Dhuafa

Bismillah...

Hai Teman,
Apa sih biasanya yg kalian targetkan saat bulan Ramadhan? Ibadah penuh serta totalitas? Pasti! Memberi santunan? Apalagi! Yes, kita memang sedang berlomba-lomba dalam kebaikan. Karena pahalanya pun berkali lipat dibanding bulan-bulan yg lain. Namun untuk berwisata? Duh, aneh-aneh saja deh, masa Ramadhan dipake untuk ngalor-ngidul, ya ga laaah.. Eit, jangan salah! Berwisatapun bisa berladang ibadah jika niat serta pemilihan lokasi berbanding lurus dengan target ibadah kita.

Sabtu, 11 Juni 2016 saya berhasil lolos menjadi salah satu dari 20 Blogger terpilih untuk melakukan Blogger Trip To Zona Madina. Excited dengan hal ini, saya sangat bersemangat hadir. Karena bukan sekedar Trip melainkan dari itu semua, Trip ini memberikan inspirasi bagi saya dalam konteks habluminanas.

Apa itu Zona Madina?

Zona Madina : Zona Pemberdayaan Unat

Zona Madina merupakan zona pemberdayaan umat Dompet Dhuafa yg tujuannya meng-integrasikan semua program menjadi satu kesatuan yg utuh di satu zona.


Berlokasi di desa Jampang, Kabupaten Bogor,
Zona Madina ini berdiri

Zona Madina sendiri hadir sebagai jawaban atas banyaknya komplain dari masyarakat ketika Dompet Dhuafa mengunjungi pelosok-pelosok dengan membawa 1 program kerjanya, misalkan Program Ekonomi, Usaha Umat. Mereka berteriak, Kapan ni ada Program Kesehatan? Kami butuh itu! Kapan ni ada program pendidikan, orang seperti kami tidak mampu membiyai anak bersekolah! Dari sanalah lahir Zona Madina..

Nah kini, mari ikuti Ngetrip Blogger To Zona Madina!

Trip 1 : Pengembangan Bina Insani (PBI)

Konsep Dompet Dhuafa Pendidikan

Pengembangan Bina Insani merupakan zona dimana pemberdayaannya dialokasikan dalam bentuk Program Pendidikan.

Ditanah seluas 1,2 Ha ini terbangun Gedung Pencetus Generasi Cerdas dan Mencerdaskan Indonesia, diantaranya :

1. Pelatihan Guru Indonesia

Gedung Sekolah Guru Indonesia

Program pelatihan untuk para guru dari berbagai penjuru Indonesia yg tujuannya bukan hanya sekedar mengajar lebih dari itu dari sinilah lahir pendidik yg siap merubah kualitas pendidikan Indonesia lebih baik.

Terdapat 4 program didalamnya, yaitu : 
  • Profesional merupakan kelas untuk sarjana fresh graduate yg bersedia ditempatkan di seluruh pelosok Indonesia.
  • Eksekutif merupakan kelas untuk para guru di daerah marginal yg mayoritas siswanya tidak mampu. Para guru ini akan mendapatkan 1 bulan pelatihan bagaimana mendidik siswa.
  • School Of Pricipal merupakan kelas untuk para kepala sekolah. Disini akan dilatih juga how become a leader.
  • Master Teacher merupakan kelas untuk para guru yg dikhususkan di daerah Bogor, Medan, NTB, dan Sumatera Selatan.
Dengan adanya PGI ini sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengabdi dan mengajar dengan hati 😍

2. SMART Ekselensia

Salah satu deretan prestasi SMART

School Boarding yg para siswanya terseleksi dari seluruh pelosok negeri. SMART hanya menyeleksi siswa dengan kategori kecerdasan, tingkat ekonomi bawah dan bersedia untuk berpisah jauh dari orangtua sejak dini.

Tingkatannya yaitu dari jenjang SMP-SMA. Yang berbeda dari Smart adalah jika pada umumnya SMP-SMA dapat ditempuh dengan kurun waktu 6 tahun, disini para siswa hanya menyelesaikan dengan waktu singkat yaitu 5 tahun. Itu mengapa, para siswa harus membayar mahal dengan tinggal diasrama.


Salah satu deretan prestasi SMART Ekselensia

Buku yg sangat menginspirasi 😍


Kisah-kisah inspirasi bertebaran disetiap pojok SMART. Sekolah yg baru dibangun 29 Juli 2004 ini langsung lolos olimpiade Fisika hingga Tingkat Nasional di tahun pertama berdirinya. 

Disinilah peranan Guru diperhitungkan. Subhanallah... Bahkan para guru yg tulus, ikhlas, sabar mendidik ini telah berhasil menerbitkan buku berjudul Marginal Parenting. Bukunya sangat menginspirasi, bagaimana mereka mendidik dengan cara-cara unik sehingga menjadikan anak murid betah tinggal di asrama. Dari mulai mengatasi anak yg selalu bolos karena rindu kampung halaman, memetakan bakat anak yg pecicilan, mendampingi anak-anak ikut Olimpiade yg minder karena logo Dompet Dhuafa, mengubah karakter anak-anak yg notabene ndeso, menghadapi anak yg suka ngompol dan hingga mengantarkan anak didiknya sukses ke gerbang pendidikan yg lebih tinggi, PTN! 

Ya, karena pendidikan adalah hak setiap insan. Tanpa peduli dari kalangan miskin dan kaya.

Dan beruntung, saya dapat mengobrol asyik bersama para siswa SMART dalam sharing session berbagi dan menginspirasi. Terbukti, mereka dengan piawai berbincang secara cerdas layaknya orang dewasa. Saya sampai beberapa kali merinding mendengarnya. Apalagi denga kehadiran Ilham yg ternyata merupakan Pemenang Medali Emas Olimpiade Menulis dalam Tema Jurnalis Berbudaya tingkat Nasional yg diadakan Kemendikbud. Kereeen...


Ilham, sang juara Olimpiade Menulis Tingkat Nasional

Lalu, apa sih yg membedakan SMART dengan sekolah lainnya selain boarding school dan akselerasi? 

Metode penghafal Qur'an yg menggunakan Metode Qur'anuna. Kata salah seorang siswa SMART.

Ia pun menjelaskan secara gamblang yaitu metode baca-lihat-contreng-cepat dan metode kepala ayat. Setiap anak dibimbing hingga hafal 5 Juz terakhir dalam Al-Qur'an. Untuk selanjutnya diserahkan ke masing-masing anak karena ketika anak berhasil menghafal 5 juz, menghapal lainnya akan terasa lebih mudah.

SMART bukan hanya peduli pada siswa saja melainkan para gurunya pun dibayar dengan pantas sehingga mereka tenang mendedikasikan dirinya untuk anak-anak tanpa harus pontang-panting mencari tambahan di luar.

Cheers with hybrid generation..

Semoga dari sini tercipta anak-anak hybrid generation.


3. Pusat Sumber Belajar

Gedung PSB
Gedung ini berfungsi layaknya perpusatakaan dan Audio Room. Dimana ruangan di design dengan nyaman layaknya perpus di lantai 1 dan bioskop mini untuk anak-anak di lantai 2.

Salah satu sudut ruangab
Tempat ini terbuka untuk umum. Jadi siapa saja yg memiliki anak asuh, ayoo ajak anak-anaknya mengunjungi tempat kece ini!

4. Beastudi Etos 

Merupakan beasiswa untuk anak SMA yg ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Terdapat 16 PTN yg telah bekerjasama di seluruh Indonesia.


5. Beasiswa Aktivis Nusantara

Beasiswa yg diperuntukan untuk aktivis kampus. Dari mulai pecinta alam higga BEM diperbolehkan mengajukan beasiswa ini. 

Selain itu, Dompet Dhuafa juga menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk memberikan beasiswa kepada para dhuafa,.

Tuh, lengkap sekali kan program mereka? Saya jadi terharu pada lembaga non-profit ini (Dompet Dhuafa).

Next Trip, meskipun kaki sudah meras pegel namun semangat ingin tahu dan penasaran kami lebih tinggi! Kami pun menyebrang untuk ke lokasi selanjutnya...

Trip 2 : Pengembangan Kawasan Terpadu, Zona Madina


1. Rumah Sehat Terpadu


Bukan hanya gratis, fasilitas dan pelayanannya juga oke.

Kenapa rumah sehat? Karena penamaan tersebut merupakan representasi dari adanya keinginan untuk sehat. Rumah sehat ini juga didesaign untuk orang-orang yang ingin sehat. Dengan konsep natural, partical garden, RST nampak bersahabat dengan orang yg  sedang sakit, lebih fresh, lebih hijau. Benar-benar nyaman untuk dipandang 😍. Dan yg pasti RST ini 100% gratis untuk dhuafa. Syaratnya? Memang harus benar-benar dhuafa dengan terlebih dahulu, member disurvey oleh tim, dhuafa atau tidaknya diputuskan setelah melakukan pengecekan ke lokasi para pasien.

2. Masjid Merah Putih
Mejeng depan Masjid Merah Putih 😍

Masjid yg dibuat karena terinspirasi dari serabut kelapa yang warnanya merah putih ini, tampak megah dan memiliki taman atau rumput sintesis seperti layaknya Masjid Raya Bandung. Sangat nyaman berada di tempat ini. Kekhusyukan pun terpancar ketika memasuki masjid Merah Putih. Tenang, syahdu dan nyaman.

3. D'Jampang
Latihan Memanah. Setiap benda yg melekat pada panahan memiliki arti tersendiri

Nah, ini dia wisata budaya yang ditunggu... Bukan hanya sekedar silat. Ada juga memanah lho. Memanah siapa? Memanah hatimu *eh.

Dalam silat singkat, kami diajarkan cara untuk memproteksi diri. Pada hakikatnya silat bukan untuk berkelahi atau gaya-gayaan melainkan untuk perlindungan diri. Bagaimana cara melepaskan genggaman, bagaimana jika ditodong dibagian perut dan tekhnik lainnya yg membuat saya terpukau dan sekarang Alhamdulillah bisa mempraktekannya. So, hati-hati bila bertemu saya ya 😄😅
Salah satu Tehnik Silat, melepas dan mendorong

Dompet Dhuafa membidik silat sebagai pemberdayaan dalam bidang budaya, bagaimana silat tetap lestari dengan tidak melupakan kesejahteraan para pelatihnya.

Untuk memanah, Ust, Herman menjelaskan bahwa ternyata memanah pun ada madzhabnya, hihi. Madzhab disini merupakan metode-metode yang dapat digunakan baik ketika perang atau hanya sekedar panahan jarak pendek. Ternyata berat juga lho menarik busurnya. Dalam memanah kita dituntut untuk fokus. Usahakan pandangan dibawah angka yg hendak kita bidik, hasilnya akan tepat sasaran. Namun untuk pemula seperti saya? Tutup muka deh, harus coba dan banyak latihan lagi 😄😅



Zona Madina mencakup 17 desa 4 kecamatan. Termasuk mengusung program Ekonomi diantaranya...


Program kampung ternak
Yang terdiri dari peternakan Kambing, ikan hias, ikan konsumsi, jamur turunan produk kripik jamur, abon lele, kripik lele, dll.

Kripik Lele. Rasanya enak, nikmat dan khas lele banget.
 Cocok untuk cemilan atau pelengkap nasi.

Selain itu terdapat juga Kampung Iwul yaitu kampung tahu siap makan, sudah direbus tanpa goreng.

Pandai besi :
Yang masyarakatnya memproduksi golok jampang, cangkul dan perkakas petani lainnya. Produknya didistribusi ke masyarakat melalui super market, mall dan lainnya.

Subhanallah, pikiran saya langsung teringat tentang cita-cita saya dan suami tempo hari. Bahwa kami ingin sekali membangun fasilitas untuk umat yg semuanya ternyata telah diwujudkan oleh Dompet Dhuafa secara terintegrasi. 

Inilah zona Madina, zona pemberdayaan masyarakat terpadu dalam satu lingkaran sehingga masyarakat merasakan manfaatnya.

See? Dengan berzakat, Mustahik bisa menjadi Muzakki. Untuk Indonesia Berkah 😄

Nah, sudah tahu manfaatnya zakat dalam cerita saya diatas? Bagaimana yg sedikit itu bersatu padu memberdayakan umat. Sebatang lidi jika sendiri ia lemah namun ketika berkumpul, lihat betapa ia mampu membersihkan kotoran bahkan merubah keadaan. Jadi, tunggu apalagi? Mari budayakan zakat semudah memberi like di sosial mediamu 😄


Zakatnesia? Berkah untuk Indonesia





16 comments:

  1. RST nya terlihat bersih dan nyaman.
    Btw aku baru tau ada keripik lele, kebayang deh kriuknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, nyaman bgt emg RST nya.
      hihi, yuk atuh dibeli kripiknya, cocok jg buat buka n sahur 😄

      Delete
  2. Tempatnya bagus sekali mbak. Beruntung bgt bisa eksplorasi ke sana :).

    ReplyDelete
  3. Keren, terpilih nih trip zona madina. Dpt temen dan pengalaman seru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya zona madina emg keren mba, sweet experience bgt lah kemaren tuh.

      Delete
  4. Waa salut deh.. Banyak banget ya programnya mba..
    Jadi pengen nyekolahin anak ke Amart Ekselensia itu ya mba..
    Sekolah sambil ngapalin Quran. Subhanallah..
    Makasih sudah share ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bener2 programnya terintegrasi. Salut sama dompet dhuafa. Kudu banyak zakat kita ya mba 😄

      Delete
  5. Jadi pengen sekolah lagi. Mmg anak2 smart ekselensia jempol dah. Udah sholeh /ah plus cerdas pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siswanya ikhwan semua mba. Alasannya karena cowok menjadi tulang punggung keluarga. Oleh karena itu, ini bakal menjadi semacam pemutus rantai dhuafa pada keluarga..

      Delete
  6. Penasaran dengan cara menghapal dengan metode Qur'anuna. Baca, tulis, coret..he..he.. gimana ya?
    Itu, kripik lelenya inovatif banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih menghafalnya pake gerakan. Saya jg penasaran mba, waktu itu kepotong adzan pas saya mau minta mereka praktekan.. next time klo kesana lagi, saya tanya. Iya inovatif dan kreatif y mba, kereen

      Delete
  7. jadi inger beberapa tahun yang lalu pas masih kerja di lembaga amil zakat, kami study banding kesana.. nginap di asrama dan sempat melihat aktivitas siswa smart ekselensia dan muter2 zona madina, ke RST, ke perternakan, dll. Sekarang makin keren ya (y) (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mba jg pernah ya kesana? Iya mba makin keren dannpenuh inovasi. Merinding mulu saya dibuatnya, takjub! 😄

      Delete
  8. Anak2nya bening-bening banget *_*

    ReplyDelete