Tuesday, August 1, 2017

Mewujudkan Multiply Di Era Kekinian

Bismillah...


Hallo, Agustus sudah tiba, Yeay! Dan tepat di pagi cerah ini, saya memutuskan untuk mengikuti tantangan ODOP (One Day One Post) dari Blogger Muslimah Indonesia
Membaca ide keren ini saya jadi flashback ke zaman dulu. Dimana Multiply sebagai platform terkece bagi para Blogger di zaman tersebut. 

Tempat untuk curhat abis-abisan, tempat silaturahim dan tempatnya ketulusan. Pada zamannya, Blogwalking merupakan kebahagiaan tanpa pamrih pengen di BW. Lalu apakah saya menyalahkan BW di zaman ini? Tidak sama sekali, karena saya pun merupakan salah satu pelaku BW yang minta pamrih, haha...
Saya sangat rinduuu sekali dengan orang-orang di Multiply. Jadi ada seorang blogger dengan akun akhwatzone asal Balikpapan. Setiap tulisannya mengingatkan saya pada Allah. setiap tulisannya membawa nilai-nilai dakwah. Mungkin karena ditulis dengan kesungguhan hati sehingga getarannya pun jatuh ke hati. Iya saya ngefans berat sama si mba ini. Saya sudah menganggapnya seperti kakak sendiri pun sebaliknya. Begitu lembut ia memperlakukan saya. Kata-katanya masya Allah nyastra abis, secara ia lulusan S1 sastra indo di UNS.

Hingga berlanjutlah kami kontak-kontakan via hp. Kami pun sering berkomunikasi dengan sms maupun telpon. Setiap hari, tak ada kata bosan untuk mengobrol, tak ada kata lelah baginya untuk mengingatkan saya pada Sang Maha.

Bahkan pernah kirim-kiriman foto via email, karena memang ia selalu menutupi wajahnya ketika post di Multiply. Setelah MP ditutup, tertutup pulalah komunikasi kami. Saya sudah tidak tahu harus menghubungi Akhwatzone kemana. Saya cari identitasnya ga ketemu. Saya email sudah tak aktif pun dengan Hp-nya. Aaakkk, Saya kangeen! Tulisan-tulisannya itu lho menginspirasi. Dan semenjak itu, mulailah banyak yang mengatasnamakan dirinya Akhwatzone bahkan ada group pula yang diberi nama itu.

Nyinyir? Kritik pedas ataupun bully? Saya tidak pernah merasakannya di zaman itu. Adem se-adem-ademnya. Tidak seperti sekarang yang riuh sekali dengan nyinyiran bahkan bullying secara verbal. Ketika membuka multiply yang ada hanyalah semangat untuk menulis dan saling berkunjung. Iya saya merasa beruntung telah menjadi Blogger Multiply. Itulah sebabnya stress tidak mudah melanda karena selalu happy dengan terapi nge-MP. Dan ngeblog pun berasa bergairah! Semangat untuk terus berbagi. Tanpa takut salah, tanpa takut penilaian orang.

Monetize Blog? Boro-boro, tidak pernah terpikirkan. Tujuannya memang ke atas ya sehingga rasanya tiap hari ada saja yang bisa dipost. Beda dengan per hari ini, kok saya lihat blog saya sudah semacam etalase ya? wkwwk... Semangat untuk menulis pun rasanya berkurang. Setuju ga sih kalau uang itu melenakan? Apalagi emak-emak banyak anak macam saya ini, semacam ada prinsip waktu adalah uang, jadi menulis pas ada kerjaan saja, hadeuh, istighfar ah!

Nah, dengan adanya ODOP inilah saya ingin menantang diri sendiri untuk terus menulis menskipun tanpa bayaran. Sudah rindu ingin berbagi, sudah rindu ingin pure nulis curhat lagi, sudah rindu menjalin silaturahim tanpa mengharapkan pamrih BW balik, hihi...

So... 
So... 
So... 
Let's see... Apakah si Shine bisa mewujudkan Blognya menjadi Multiply Di Era Kekinian? Yuk bawa pompom, semangatin si Shine yuuuk! 😂

#ODOP 
#BloggerMuslimahIndonesia

29 comments:

  1. Hehe.. aku dulu di Friendster dan multiply jg ngeblog santai. Gak tau kalo bisa dijadikan duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih sama, pernah ngerasain friendater jg, seru ya mba

      Delete
  2. Hihihi. Dapet salam dari yang mau BW dengan pamrih juga. Yang dilakukan karena uang biasanya menguras lebih banyak energi, tapi yang ikhlas, uang in sya Allah mengikuti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sama mba aku pun oamrih kok 😅 semoga bisa ngegober dengan tulus 😂

      Delete
  3. Semangat mba saya tim hore saja yang pegang pom-pom

    ReplyDelete
  4. Kenapa saya belum berani ya untuk ikut tantangan kayak program ODOP ini mba, semangatt utk nulisnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuuk bun cari motivasu yg greget, ini jg saya paksain biar berlatih konsisten

      Delete
  5. Semangatnya semoga menular ke aku ya, mbak Shine. Aku juga belum pede (lagi) ikutan program semacam ODOP ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ish aku pun baru memulai mba, yuk2 sama2 kita saling menyemangati

      Delete
  6. Ya Allah zaman Multiply itu keknya aku masih nulis Di buku pelajaran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dari semenjak SMA udah kenal MP tapi baru mainan Friendster aja, haha

      Delete
  7. Sapa tahu bisa bikin atau setidaknya dapet akhwat zone lagi, Mbak. Aamiin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda sense-nya mba. kan tiap orang berbeda2

      Delete
  8. Aaah iya kangen jaman-jaman Multiply dulu. Banyak yang nggak bisa move on dan akhirnya gak ngeblog sama sekali. Dulu kita gak kenalan ya Shine? Haha. Aku mah gabungnya sama anak-anak gunung doang gak berteman sama lainnya jaman MP itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, iya ya gagal move on. emmm, sepertinya sih pas jaman MP kita belum kenalan mba 😅

      Delete
  9. Jaman MP kalau bw gak kasih komentar malu. Ketahuan kalau cuma mengintip doang hahaha
    Kini ada fasilitas macam di MP gitu gak ya? Kalau ada kudu hati2 saya hahaha

    ReplyDelete
  10. Semangat kak!
    Dulu aisyah juga nge-blog di multiply, setelah ditutup kehilangan beberapa teman juga, ada sih yang melanjutkan nge-blog, tapi tidak seramai dan seseru dulu..
    Bagaimanapun juga, semoga melalui blog ini kita bisa tetap menjalin ukhuwah ya..
    Salam kenal ka ^^

    ReplyDelete
  11. Aku dulu pertama kali ngeblog ya di multiply, nulisnya waktu itu masih asal dan singkat banget :D

    ReplyDelete
  12. Dulu socmedan rasanya adem banget :D

    ReplyDelete
  13. iya inget banget dulu itu tiap posting apapun rame di mp mah.. ealah mp malah dijadiin tempat jualan, abis itu tutup

    ReplyDelete
  14. Horeeee, mak Shine...terus menulis ya busui kece. Moga programnya berjalan lancar

    ReplyDelete
  15. Aaaaah klo kesebut Multiply rasa mendadak gagal move on lagi niiih hahaha

    ReplyDelete
  16. akun friendster aku jangan di add ya, wkwkwkw nanti kamu baca istigfar lihat foto cantiknya akuh (nutupin kresek item). multiplay kok kita nggak temenan ya, malah temanku bapak2 semua.

    Semangatlah shine :)

    ReplyDelete
  17. Itu juga yg aku rasakan, blog kyk etalase :(
    Semoga konsisten ber-ODOP semangat!

    ReplyDelete
  18. Aku kenalnya baru friendster ajaa dulu hahahahaa... ngeblog ku juga masih bolong2 nih mbak, ODOP bagus yaa biar makin semangaat ngeblog nyaa

    ReplyDelete
  19. hahahaha bener banget si ini :D

    ReplyDelete
  20. Iya, aku pun rindu nulis curhat teh :(

    ReplyDelete