Thursday, June 15, 2017

5 Ibadah Yang Dapat Dilakukan Orang Nifas/Haid Saat Ramadan

Bismillah...


Hai Temans, bagaimana puasanya? Semoga lancar selalu ya...
Ngomon-ngomong soal puasa, jauh-jauh hari kita pasti menanti dan merindukannya. Dimana bulan tersebut merupakan bulan istimewa bagi orang Mukmin.

Lalu, bagaimana jika ternyata ketika bulan itu tiba, kita tertimpa halangan seperti nifas ataupun haid? Yang harus diyakini adalah itu merupakan fitrah seorang perempuan. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus ikhlas/legowo menerimanya. Karena dengan begitu, kita akan tetap waras selama masa halangan tersebut. Sehingga kita tidak terlalu khawatir tidak mendapat keistimewaan di bulan Ramadhan.

Sebagaimana kita tahu bahwa segala amalan ketika di bulan Ramadhan, pahalanya dilipat gandakan. Ya meskipun soal pahala urusannya kembali lagi hakya Allah. Tugas kita hanya berusaha kan ya. Soal pahala jadikan sebagai motivasi untuk terus semangat beramal.

Nah, langsung saja ya, berikut saya coba uraikan, ibadah apa saja yang dapat dilakukan wanita nifas/haid :

1. Membaca Al-Matsurat
Al-Matsurat merupakan kumpulan dzikir Pagi-Petang yang selalu dipakai oleh Rasulullah. Terbagi menjadi 2, ada Al-Matsurat Sugra dan Qubra. Bedanya Qubra lebih banyak dan lengkap. Yang sering saya pakai sih yang Sugra, lebih enteny dijalani sehingga saya bisa lebih konsisten. Bukankah Allah itu suka yg sedikit tapi istiqamah? 

"Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang se­banyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”(QS. Al-Ahzab: 41-42)
Banyaaak banget dzikir-dzikir penguat jiwa, seperti penegasan bahwa "Radhitubillahi rabba, wabil islamidina, wa bi muhammadinabiya wa rasula." Yak, lebih tepatnya dzikir ini menjaga kita untuk selalu berdekat-dekatan dengan-Nya. Sehingga meskipun sedang halangan, kita tetap konek dan terjaga. 

Percayalah dengan selalu mengingat Allah, hati akan menjadi tenang...

2. Sedekah
Tidak ada larangan wanita "halangan" untuk bersedakah. Ya, karena tidak terdapat larangan padanya, kita pun bisa banyak-banyak bersedekah di bulan suci ini. Jangankan ketika bulan ramadan, hari lain pun menjadi istimewa karenanya.

Dan, psssttt, sedekah dapat melembutkan hati yg keras lho, ga percaya? Langsung saja praktikan! Eits, niatnya tapi harus tetep lillahi ta'ala ya.

Yuk, dimulai dengan senyum yg merupakan sedekah yg paling mudah dan indah...

3. Memberi makan orang yg berpuasa
Nah, lanjutan dari sedekah, ini dia yg paling menjanjikan. Bahwa "Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.”-Hadist

4. Banyak Baca
Membaca buku maka artinya memperkaya ilmu. Sementara Rasul sendiri mewajibkan umatnya untuk menuntuk ilmu dari mulai dalam buaian sampe liang lahat.

Pas banget untuk kita yg sedang berhalangan. Selagi banyak waktu, jangan sampai disia-siakan.
Karena input positif maka akan mengeluarkan hal yg positif pula.

5. Silaturahim
Adakah yg terlupakan dari saudara-saudara kita? Hayooo, dicek udah silaturahim belum? Jangan sampai silaturahim terputus hanya karena jarak dan waktu. Akses untuk silaturahim pun kini mudah dan banyak medianya. Ga ada alasan untuk tidak menyapa saudara-saudara atau teman kita yg mungkin terlupa.

“Dan bertakwalah kepada Allah yang kalian saling meminta dengan nama-Nya dan sambunglah tali silaturahim.’ (QS. An-Nisa [4]:1).

Itulah ke-5 amalan yang dapat kita lakukan semasa haid/nifas di bulan Ramadhan. Karena barangsiapa yg mengoptimalkan waktunya maka ia akan mendapatkan balasan dari apa yg dilakukannya.

So, tidak ada alasan lagi mengeluh karena berhalangan. Yes, wanita halangan juga masih tetap bisa beribadah, lho. Jangan lupa selalu hidupkan ikhlas ya sehingga ruhnya ibadah bisa kita dapatkan.

Dengan ke-5 hal tersebut insya Allah, kita tetap kecipratan berkah dari Ramadan, aamiin...

5 comments:

  1. Makasih pencerahannya. :) Bisa langsung diterapkan, ya?

    ReplyDelete
  2. Jadi nggak galau lagi. :) Soalnya kalau dapet pas puasa bawaan kaya sedih gitu. :'(

    ReplyDelete
  3. Bulan Ramadan memang istimewa banget yaa. Yang berhalangan juga masih bisa mengumpulkan ladang pahala.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ya mba masih bisa tetap beribadah walau haid. Dzikir pagi dan petang itu yang palings ering aku lakukan, mba

    ReplyDelete
  5. dan banyak2 istighfar ya mbak karena klo lagi haid, terkadang emosi suka mudah naik

    share ah

    ReplyDelete