Tuesday, May 2, 2017

Pengaruh Buku Untuk Anak

Bismillah...


Setelah menjadi Ibu sejati (baca : memiliki anak), saya berusaha sebisa mungkin untuk menjadi Ibu yg baik yg dapat dicontoh. Terutama soal kedekatan bersama buku. Bukankah ada istilah yg mengatakan bahwa buku gudangnya ilmu? Dan setiap ilmu mengarahkan kita pada kebaikan. Jika itu benar-benar diniatkan untuk kebaikan.

Saya coba menerapkan ketika Fathan berusia 2 tahun. Awalnya memang rada gemesin sih karena bagaimanapun dunia anak adalah dunia eksplorasi tanpa batas. Ia tak segan-segan untuk menyobek buku yg saya belikan untuknya. Kapok? Awalnya iya, namun kemudian sebuah pesan mengingatkan : bagaimanalah anak akan menghargai buku, jika kita tidak arahkan. Dalam hal ini, kitanya memang kudu kreatif. Mengajaknya, mengingatkannya berulang-ulang tanpa bosan (bawel). 

Jika sudah begitu, anak akan terbiasa nantinya. Tanpa perlu harus diingatkan, justru si anak yg terbalik mengingatkan akhirnya.

Masalah dengan menyobek buku pun sirna dengan kreatifitas dan kebawelan kita untuk mengarahkan. Lalu hambatan selanjutnya apa? Anak dilanda kebosanan dengan cerita yg monoton. Nah, disinilah peran Ibu dibutuhkan. Pilah, pilih buku merupakan tanggung jawab kita sebagai Ibu.

Saya mencoba memilihkan buku yg sedikit cerita namun banyak gambar. Dengan begitu kita dengan mudah berekspresi. Anak pun akan lebih cepat tanggap dan senang berlama-lama menatap buku... Usahakan ketika membacanya penuh ekspresi agar anak lebih tertarik dan ga bosen. Ya kali, anak dibacakan buku cerita macam baca jurnal, jangankan anak, orang dewasa juga bisa pingsan 😅

Lalu, buku apa saja ya yg rekomended untuk anak?
Ini dia, buku-buku Fathan dan Nusaiba yg pengaruhnya positif untuk akhlak dan mindset anak : 

1. Muhammad Teladanku

Ini buku memang eksklusif dan berat dikantong ya. Namun untuk investasi, apa sih yg ga, kan kan? Iya, karena kami Muslim, mengenalkan anak pada panutannya adalah kewajiban. Jangan sampai anak mengidolakan tokoh yg salah. 1 paket buku ini isinya 24 (kalau tidak salah), semuanya hardcover dan isinya bahan kertas tebal gitu (lupa namanya).

Yg menarik dari buku ini adalah sirah nabawiyah yg dikemas dengan sangat detail dan apik. Tulisannya pun cocok sekali dengan gaya khas anak, tidak kaku. Saya pun suka sekali membacanya, banyak hal-hal menarik yg tidak pernah terekspose sebelumnya. Seperti silsilah Rasulullah, dari semenjak keturunan Nabi Ibrahim, akhlak orang arab dan  knowledge lainnya, yg insya Allah bakal menambah kecintaan terhadap Rasul.

2. Hardbook Australia

Judulnya macem-macem. Jadi ceritanya, uwaknya anak-anak abis pulang shortcourse dari Australia. Bawain oleh-oleh buku untuk anak. Bukunya cakep, anak-anak suka. Selain gambarnya yg menarik, ceritanya pun menarik. Mengarahkan anak untuk mengetahui tentang apa yg dibahas dan bagaimana memperlakukannya. Short story-nya juga nyambung banget deh, ga terkesan fiksi, logis.

Ada beberapa seri yaitu tentang Dinosurus, Pengenalan Bentuk yg dikemas dengan cerita serangga, macam-macam transportasi dan pengenalan tubuh kita.

So, ga ada ceritanya tuh Nusaiba ga tahu mana hidung, mana mulut, hehe...

3. Super Balita Mandiri

Nah, kalau buku ini pengaruhnya pada kemandirian. Mulai dari bangun tidur, gosok gigi, mandi, membuat susu yg dilakukan oleh si anak. Ini keren banget. Menginspirasi anak-anak untuk mau mandiri, melakukan segala halnya sendiri.

Fathan dan Nusaiba jadi pengennya serba sendiri kalau ngapa-ngapain. Kecuali kalau lagi "kumat" yaaa, wkwk, yaiyalah namanya juga anak-anak...

Hmmm, bagaimana? Sudah punya koleksi bukunya?
Sebenarnya masih banyak sih buku-buku anak bagus yg kami miliki. Hanya saja ketiga paket buku di ataslah yg paling digemari anak-anak...

Oya, untuk mendapatkan Tips jitu agar anak gila baca, saya rekomendasikan buku "Membuat Anak Gila Baca" karya Muhammad Fauzil Adhim. Keren banget deh bukunya, makjleb penuh dengan tips dan kiat jitu untuk orangtua yg ingin anaknya gila baca, cinta buku...

Happy Reading yaa... 
Semoga dengan buku, kita semua mendapatkan keberkahan ilmu, aamiin...
 
Note : Tulisan ini dibuat untuk menanggapi tulisan Mba Prita Hw dengan judul "Aku dan Buku adalah Aku dan Pilihan Hidupku"

7 comments:

  1. Halo Mbak Shine. Iya biasanya gt ya anak2 lihat buku malah disobek/dilempar. Makanya skrg ada buku dg kertas yg tebal jd gak gampang sobek. Salam ya u Fathan&Nusaiba. Lancar ya mbak sampai melahirkan, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Ignas, terimakasih sudah berkunjung :)
      Iya mba, setidaknya yg bahannya tebal itu lebih awet ya mba...
      Aamiin2, makasih doanya mba :*

      Delete
  2. Aku jg lbh suka buku tebal utk anakku, tapi kdng kecolongan dicoret2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha, iya mba, kadang mereka lebih kreatif ya dari pada emaknya :D

      Delete
  3. samaan kita punya buku yg nomer 1, itu tas kopernya di dd suka banget :D

    ReplyDelete
  4. Nanti kl aku punya anak, maunya koleksi yg invest2 gini juga :)

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik Halo Balita sih. Cuna mahal banget. Pengen hard cover yg bagus tapi harganya gak terlalu rogoh kocek. Udah nemu beberapa di priceza.co.id tinggal milih judulnya ajah. Kuatir isi sama judul melenceng, jadi masih cari2 referensi. Kayaknya salah satu seri hardbook australia oke deh

    ReplyDelete