Sunday, May 28, 2017

Keseruan Morinaga Allergy Week : Platinum Kids Olympics 2017 Dalam Menumbuhkan Sportifitas Si Kecil Yang Alergi


“Mi, aten...” Nusaiba menggaruk-garuk kakinya. Aten berarti gatel dalam bahasa Nusaiba.

Jika terkena air sumur, kaki Nusaiba langsung gatel-gatel. Biasanya saya berikan minyak pengurang gatel atau bedak lainnya. Sifatnya hanya sementara karena jika terkena lagi, maka gatalnya akan berulang.

Setelah saya cari tahu ternyata Ia alergi dengan air disini. Ia hanya bisa mandi dengan air bersih standard PAM. 

Lalu bagaimana agar potensi dalam tumbuh kembangnya tidak terhambat alergi?


14 Mei 2017 telah digelar Morinaga Allergy Week : Platinum Kids Olympics 2017 yang merupakan program unggulan Morinaga dalam Kampanye Semua Dari Ingin Tahu. Kegiatan ini melibatkan berbagai ahli medis dan pakar alergi lainnya termasuk Ambassador Morinaga yaitu Astrid Tiar dan anaknya yang alergi susu sapi, Anabel.  

Morinaga sebagai salah satu brand unggulan dari PT Kalbe Nutritionals mendukung penuh adanya program tahunan World Allergy Week secara konsisten. World Allergy Week sendiri merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization (WAO) yang tujuannya meningkatkan pemahaman tentang alergi dan segala penyakit yang berkaitan dengannya. Selain itu WAO menggagas pelatihan dan sumber daya untuk melakukan diagnosa dan pencegahan.

Dalam acara Platinum Kids Olympics 2017 banyak kegiatan bermanfaat seperti Seminar Edukasi, perlombaan yang membangkitkan sportifitas dan melibatkan kecerdasan multitalenta (Brain Care), memberikan pertahanan tubuh ganda (Body Defense) dan mendukung tumbuh kembang optimal (Body Growth) yang kegiatannya dikhususkan untuk anak usia 5-10 tahun.
Lomba tersebut terbagi menjadi 2 kategori usia yaitu :
Kategori A : Usia 5-7 tahun
Kategori B : Usia 8-10 tahun
Keseruan Platinum Kids Olympics 2017 
Kegiatan sportifitas yang dilakukan di Platinum Kids Olympics 2017 salah satunya lomba lari dengan melewati spot-spot rangkaian aktifitas berikut :

Brain Care
Kegiatan yang merangsang kecerdasan multalenta si kecil ini ditandai dengan adanya halang rintang, Jaring Laba-laba yang menantang si kecil untuk melewatinya. Bukan hanya merangsang multitalenta si kecil namun juga menimbulkan keseruan yang menantang.
 



Body Defense
Kegiatan pertahanan tubuh ganda si kecil yang artinya seberapa cekatan si kecil dalam pertahanan terhadap lingkungan sekitar. Rangkaian ini ditandai dengan challange si kecil dalam melintasi alur Rintangan Ban yang disusun dari ban-ban. Selain itu, ada juga naik-turun perosotan. Wah, kalau ini sih seru banget ya. Dimana si Kecil dapat melewatinya dengan penuh antusias.


Body Growth
Kegiatan yang mendukung penuh tumbuh kembang optimal si Kecil. Ditandai dengan rangkaian Balok Keseimbangan, Merangkak dan Memanjat dengan tali. Gerakan merangkak dan memanjat ini tentu dapat merangsang kecerdasan kinestetik si Kecil. 


Peran Orangtua Dalam Mendukung & Mendampingi Si Kecil
Dari rangkaian lomba tersebut, si Kecil tidak dibiarkan berdiri sendiri melainkan adanya pendampingan orangtua dalam mendukung si Kecil. Ditandai dengan bonding telapak jari tangan yang ditempelkan di wajah anak. Anak jadi tumbuh rasa percaya dirinya. Dan melakukan segala rangkaian kegiatan lomba dengan penuh semangat dan keceriaan khas anak-anak.

Karena Morinaga percaya bahwa pola asuh (nurture) yang baik, interaksi positif antara orangtua dengan anak, serta asupan nutrisi yang tepat, merupakan landasan agar si Kecil bisa berkembang menjadi pribadi yang sadar akan potensinya.

Seminar Edukasi Allergy Week Platinum Kids Olympics
Setelah kegiatan lomba, diadakan kegiatan seminar edukasi mengenai alergi yang menghadirkan 3 narasumber : Dewi Angraeni, DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), Dr. Rose Mini A.Prianto.


“Penyakit alergi seperti asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik serta alergi protein susu sapi merupakan kasus alergi yang paling banyak diderita. Faktor risiko berkembangnya alergi dapat berasal dari faktor genetik yakni keluarga dengan riwayat positif alergi.”DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) selaku konsultan Alergi Imunologi Anak.

Selain faktor genetik atau keturunan, yang menjadi faktor pencetusnya alergi yaitu faktor lingkungan. Dimana faktor genetik memiliki persentase lebih tinggi timbulnya gejala alergi dibandingkan yang tidak memiliki riwayat keturunan alergi.

Anak yang tidak diberikan ASI pun bisa mengalami gejala alergi terhadap susu sapi.. Oleh karena itu, penting untuk kita sebagai orangtua untuk cepat tanggap dalam menanganinya sedini mungkin.

Pengenalan tentang alergi dan segala hal yang terkait dengannya dijelaskan. Pentingnya pengedukasian terhadap masyarakat tentang alergi dikarenakan masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai penanganan alergi yang baik pada si Kecil. Hal tersebut yang terus mendorong dan menjadi motivasi Morinaga untuk menjalankan kampanye tahunan Semua Dari Ingin Tahu.

Dari Seminar Edukasi ini dapat disimpulkan mengenai 3 langkah penting dalam penanganan alergi si Kecil :

Langkah 1 : TAU - Melalui Morinaga Allergy Week Platinum Kids Olympics 2017
Kunci utama mengatasi alergi tentu dari mengenali gejala dan pencetusnya. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengakses segala informasi mengenai alergi di situs www.cekalergi.com. Selain informasi tentang alergi yang dapat diakses secara digital, live chat dengan dokter, Morinaga juga menyediakan Coaching Clinic atau layanan konsultasi di seluruh gerai KalCare di Indonesia. Yang dapat dihubungi dan dikunjungi saat jam kerja.

 


Selanjutnya, dengan adanya Platinum Kids Olympics 2017, masyarakat dapat melek mengenai alergi bahkan anak alergi pun dapat terus berprestasi melalui program ini. 



“Program Platinum Kids Olympics persembahan Morinaga Allergy Week ini mendukung Si Kecil yang alergi, untuk tetap bisa berprestasi. Antara lain, melalui aktivitas stimulasi untuk mengasah kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasan yang menyangkut banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari, seperti kecerdasan kinestetik, visual spasial, logika matematika, interpersonal, intrapersonal, musik, linguistik, naturalis, serta kecerdasan moral.” jelas Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku Psikolog dan Konsultan Multiple Intelligence



Langkah 2 : CEGAH & ATASI - Melalui Morinaga Allergy Total Solution
Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Tentu saja sudah melekat dibenak kita kata bijak tersebut. Termasuk Alergi, kita dapat mencegahnya sedini mungkin dengan mengetahui pencetusnya. Lalu jika sudah terkena alergi, apakah alergi bisa diatasi? Ternyata Bisa! Selama kita memiliki pengetahuan tentang alergi dan solusinya.
Morinaga memiliki program tetap yaitu Morinaga Allergy Total Solution yang merupakan solusi total alergi si Kecil melalui sinergi nutrisi yang tepat. Dikembangkan oleh PT Kalbe Nutritionals bersama Morinaga Research Centre Jepang.

Apa saja keunggulannya? Pertama sebagai pencegaha alergi dan tata laksana terhadap alergi susu sapi. Kedua, tersedianya susu alergi dari anak baru lahir hingga usia 12 tahun. Ketiga sebagai sinergi nutrisi yang tepat dalam mendukung Brain Care, Body Defense dan Body Growth. 

MoriCare+Prodiges yang merupakan inovasi pada produk Morinaga Allergy Total Solution yang mengandung probiotik baik dengan manfaat membantu menurunkan timbulnya gejala alergi serta membantu penyerapan di saluran pencernaan yang sehat. Hal itu menjadikan tumbuh kembang si Kecil optimal.

Langkah 3 : SEBAR - Melalui Ambassador Morinaga Allergy Week

Sharing is Caring. Begitupun tentang edukasi alergi. Menyebarkannya merupakan langkah terakhir setelah kita TAU-CEGAH&ATASI. Hal ini agar sedini mungkin para orangtua melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat pada alergi si Kecil.

Hal tersebut sejalan dengan adanya program Morinaga yang mengadakan Seminar Edukasi dalam skala nasional untuk awam dan medis sepanjang tahun 2017 ini. Tujuannya untuk mengedukasi partisipan umum lewat Hospital Seminar dan kalangan medis dari seluruh Indonesia.

Morinaga sendiri memilih menyebarkannya, salah satunya melalui Ambassador Morinaga Allergy Week yaitu Astrid Tiar dan anaknya, Anabel. Alasannya sesuai yang diungkapkan oleh Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals :


“Tahun ini, Morinaga juga memperkenalkan Brand Ambassador untuk Morinaga Specialties, yaitu Astrid Tiar dan anaknya Anabel yang termasuk anak alergi. Sebagai figur publik yang telah dikenal masyarakat luas, kami berharap kesadaran mengenai pentingnya pemahaman akan alergi Si Kecil, bisa lebih terdengar. Tujuannya agar edukasi yang kami komunikasikan bisa dipahami dan bermanfaat bagilebih banyak lagi Bunda di Indonesia, karena kami meyakini bahwa anak alergi juga bisa berprestasi.”


Sementara Astrid Tiar sendiri bercerita tentang pengalamannya dalam mengasuh Anabel, anaknya yang alergi susu sapi :



“Dalam kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi mengenai pengalaman saya dalam mengasuh Anabel yang alergi terhadap susu sapi. Sebagaimana yang diketahui rekan-rekan media dan blogger di sini, alergi susu sapi memang merupakan alergi yang paling umum ditemui. Tapi pada masa pertumbuhan anak, terutama selama 1000 hari pertamanya, anak sangat membutuhkan asupan nutrisi dalam susu. Sehingga alergi terhadap susu sapi seringkali menimbulkan kebingungan bagi para orangtua seperti saya. Perkenalan antara saya dengan brand Morinaga, telah memberikan saya banyak sekali wawasan mengenai nutrisi dan penanganan alergi. Oleh karena itu, besar harapan kami dari keluarga besar Morinaga, agar program Platinum Kids Olympics dan dukungan dari rekan-rekan media dan blogger hari ini, bisa membantu membangkitkan sportifitas dan penyebaran informasi yang tepat mengenai alergi Si Kecil. Agar kita semua bisa mendukung Si Kecil yang alergi, untuk tetap bisa berprestasi dan alerginya tidak menghambat tumbuh kembang optimalnya. Karena semua anak adalah pemenang.”

Anabel dan Astrid Tiar
Dengan membantu ikut menyebarkan maka kita berperan besar terhadap masyarakat Indonesia yang lebih baik.

"Harapannya, dukungan media bisa membantu penyebaran Kampanye Semua dari Ingin Tau melalui program Platinum Kids Olympics for Morinaga Allergy Week, karena tujuan kami adalah mengedukasi masyarakat luas mengenaipentingnya pemahaman mengenai alergi Si kecil. Dimana hal ini sejalan dengan tanggung jawab sosial Kalbe yaitu untuk mewujudkan Indonesia sehat menuju kehidupan yang lebih baik.” demikian ungkap Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Kids Kalbe Nutritionals.




Jadi sudah tidak ada cerita lagi anak alergi menghambat prestasi. Dukung terus Si Kecil dengan lakukan stimulasi dan cari tahu potensinya.


Dari rangkaian acara Platinum Kids Olympics tersebut saya jadi tahu bagaimana langkah sederhana untuk tanggap terhadap alergi si kecil. Semoga kedepannya makin banyak para orangtua yang aware akan alergi si kecil.

Yuk tanggap alergi dengan TAU-CEGAH & ATASI-SEBAR. Dengan tidak lupa untuk follow media sosialnya Morinaga ya, untuk informasi terkini mengenai event, nutrisi dan tumbuh kembang si Kecil :


Facebook : Morinaga Platinum
Instagram : @Morinagaplatinum
Twitter : @MorinagaID
Youtube : MorinagaPlatinum

No comments:

Post a Comment