Tuesday, February 7, 2017

Bermain Seru Di Taman Kaulinan


Minggu pagi, saya buru-buru dari rumah untuk satu tujuan. Saya membangunkan anak-anak pagi-pagi dengan perjuangan dan penuh drama. Lho, memangnya ada apa sih? Sampe ngebangunin anak-anak begitu? Demi-demian buat menghadiri Grand Launching Taman Kaulinan,hehe... Iya, karena manfaatnya akan kembali pada anak-anak juga lho.

Setelah sukses membangunkan mereka, membujuk mereka untuk mandi. Berhasil mandiin Fathan namun tak berhasil dengan Nusaiba. Ia keburu lihat uminya pake jilbab, jadi minta buru-buru langsung ganti baju, hadeuh :D


Sesampainya di Bogor, kondisi macet parah. Setelah saya tanya penumpang lain, ternyata ga biasanya semacet ini. Mungkin karena ada peresmian di Lapangan Sempur itulah yang membuat warga Bogor berbondong-bondong tumpah ruah ingin menyaksikan keseruannya.
Benar saja, setelah sesampainya di Lokasi acara, para pejalan kaki itu memang meniatkan diri untuk menyaksikan keseruan Launching Taman Kaulinan sekaligus olahraga pagi.



Apa Itu Taman Kaulinan?

Lalu, Taman Kaulinan sendiri apa? Dalam bahasa sunda Taman Kaulinan artinya  Tempat Permainan. Dalam hal ini tentu dikhususkannya untuk anak-anak. Untuk standard keamanannya sudah barang tentu terjamin dan memiliki kelayakan dalam hal keselematan dan kenyamanannya.

Taman ini dikhususkan untuk masyarakat Bogor sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan masyarakat pelanggan Alafmart yang menyisihkan uang kembaliannya pada kasir. Dan semua itu bekerjasama dengan #YayasanBerani yang mewujudkan donasi Anda dalam bentuk pembangunan kota seperti Taman Kaulinan Ini.


Wow, keren ya? Recehan yang kita donasikan dapat berbuah sesuatu yang manfaatnya jauh sekali dari nilai receh. Jadi kalau selama ini kita sering ragu mendonasikan recehan kita di kasir Alfa, coba pikir lagi, manfaatnya tentu berimbas pada kita sendiri dan bahkan jangkauannya dalam lingkup besar. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Nah, jika ingin termasuk kategori manusia terbaik, jangan lupa donasikan uang (yang menurut kamu tak seberapa) pada yayasan-yayasan terpercaya seperti Yayasan Berani Bhakti Bangsa ini.



Peresmian Taman Kaulinan

Hari minggu, 5 Februari 2017 itu pula menjadi hari diresmikannya Taman Kaulinan ini. Dihadiri dan diresmikan oleh Walikota Bogor, Bapak Bima Arya. Selain meresmikan Taman Kaulinan, beliau pula mencoba berbagai macam fasilitas permainan yang ada disini.
Seruunya melihat Pak Bima Arya main jadi mengingatkan akan masa kecil dulu. Betapa bahagiannya dapat bermain dengan berbagai kreatifitas dan alam.


 
Waktu pengerjaan taman ini bersamaan dengan revitalisasi Lapangan Sempur per 25 Juli tahun lalu. Taman seluas 600meter persegi ini selesai pada Januari 2017 dan saat ini sudah bisa dioperasikan lengkap dengan beragam permainan tradisional. Jelas Solihin selaku Corporate Affairs SAT.
“Pembangunan taman-taman kota tidak hanya dipandang sebagai penambahan ruang terbuka hijau. Tetapi, pada saat yang sama, sebagai tempat membangun karakter warga. Taman adalah oksigen jiwa. Mimpi kita menjadikan Kota Bogor sebagai kota untuk keluarga.”  Jelas Bapak Bima Arya. 

Fasilitas Taman Kaulinan

Taman ini berlokasi di Lapangan Sempur, persis disamping Sungai kota Bogor yang mengalir. Suara alam menyatu dengan keindahan hijaunya taman. Permainan yang ada disini pun merupakan Taman yang dirancang secara modern namun tak melepaskan permainan generasi 90an seperti kita dulu. Dan hal itu mengangkat lokalitas tradisional yang tentunya bermanfaat sekali untuk merangsang motorik anak. Selain seru, Taman Kaulinan ini pun bisa menjadi tempat untuk Family Time. Karena dapat meningkatkan bonding antar sesama keluarga. Jadi bye bye dulu deh dengan gadget dan barang elektronik kebanggaanmu, hehe...

Lalu apa saja fasilitas yang disuguhkan di Taman Kaulinan ini? Ini dia...

Perosotan

Siapa yang tak suka dengan perosotan? Emak-emak seperti saya juga masih tertarik dengan permainan perosotan ini. Selain menantang, arena permainan ini juga dapat melatih keberanian dan keseimbangan tubuh kita. Nah, jika kesini, jangan ragu untuk meluncur menikmati permainan ini yaa..

Ayunan

Ingin merasakan seperti melayang-layang di udara? Coba deh permainan yang satu ini. Bisa ganti-gantian bersama teman untuk menikmati permainan ini. Siapa berani? Wajib mencoba permainan yang satu ini. Jangan lupa seimbangkan tubuhmu ya...

Engrang

Mau mencoba permaian yang rada rumit? Coba ini saja. Eit, walaupun gampang-gampang susah. Permainan ini banyak sekali manfaatnya. Diantaranya kamu dapat melatih keseimbangan berat badanmu, motorik, keberanian dan tentu saja memecahkan masalah itu sendiri.


Panjat Tali

Permainanan ini dapat melatih kerja otot kita.  Bermain dan berolahraga dapat dikerjakan dalam sekali waktu. Siap-siap berkeringat ya...

Flying Fox

Meluncurlah di udara, yihaaa... Kamu dapat menguji adrenalinmu dengan permainan ini. Keberanianmu akan meningkat dengan mencoba permainan ini. Selain itu, akan ada kepuasan batin setelah berteriak-teriak di udara, hihi, asyik ya...

Galah Asin

Nah, generasi 90an pasti familiar sekali dengan Galah Asin. Kini saatnya untuk perkenalkan pada anak kita tentang permainan yang satu ini. Bermain dengan tim tentu akan melatih kekompakan dalam bersosialisasi dan ketangkasan anak.

Engklek

Permainan satu ini memang terbilang mudah, kamu hanya menyeimbangkan badanmu dengan kaki di angkat sembari mengikuti alur yang sudah di gambar di taman ini. Jadi, tak perlu repot lagi untuk menggambar alurnya.

Ular Tangga

Kalau biasanya kita main ular tangga di kertas, berbeda dengan permainan satu ini. Kita dapat mempraktekannya langsung di arena yang sudah tersedia. Kocokannya menggunakan roda putar. Kamu dapat meraih menaiki tangga atau merosot karena bertemu ular. Tentu saja ini akan lebih menyenangkan dibanding hanya memainkan tanganmu di atas kertas. Betul kan?


Rumah Pohon

Saatnya untuk menikmati pemandangan dengan menaiki arena permainan Rumah Pohon. Bermain dan bergeraklah sesukamu. Dan munculkan imajinasimu.


Gazebo

Lelah bermain dengan segala fasilitas yang ada? Yuk merapat ke Gazebo. Disini kita dapat berleyeh-leyeh, santai sejenak dan berbagi cerita dengan keluarga tentang permainan yang telah kamu coba.

Nah, bagaimana? Seru sekali ya fasilitas yang disediakan di Taman Kaulinan? Dan terlepas dari semua itu. Warga Bogor dapat menikmatinya dengan gratis, cuma-Cuma. Wiiih, asyik kan?


Yuk, ajak anak-anak kita ke Taman Kaulinan.. Bukankah masa anak-anak adalah masanya bermain? 


See?

Jadi sudah jelas sekali kan, bagaimana recehan yang kita donasikan di Alfamart atau Alfamidi dapat membangun kota? Selain itu Yayasan Berani Bhakti Bangsa juga sedang menghimpun donasi masyarakat lewat DonasiKu seperti Bright Eyes Bright Future (BEBF) yang menyalurkan kacamata gratis bagi anak-anak yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Selain itu, Khitanan massal, Penyaluran Alat Bantu Disabilitas serta pembangunan Rumah Singgah bagi anak-anak yang menderita kanker. 


Penasaran dengan programnya, yuk cari tahu lebih lanjut tentang #YayasanBerani!


Twitter : @YayasanBerani 
IG : @YayasanBerani
Fb : Yayasan Berani Bhakti Bangsa
 

*Sumber Foto :
Dokumen Pribadi
Prasetyaastrid
Winny Widyawati 

11 comments:

  1. Asikk hohoho... malah emaknya yg seneng main yaks

    ReplyDelete
  2. wow, kreatif sekali taman dan ide permainannya ya

    ReplyDelete
  3. Asyiiiiik
    Arena permainannya bikin nostalgia deh

    ReplyDelete
  4. wah asyik, jadi ada tempat anak-anak bermain dan bergaul dengan sebayanya

    ReplyDelete
  5. pengen lagi main di sana, kmrn blm puas karena terlalu ramai, hehe..

    salut deh buat pemda Bogor, alfamart, dan Yayasan Berani, bisa membangun taman untuk masyarakat umum

    ReplyDelete
  6. Kapan2 mau ke sini lagi ah, pasti puas mainnya.

    ReplyDelete
  7. hebatt bumil bisa berjuang pagi2 bawa pasukan naek kereta buat ke taman kaulinan. lanjutkan! hehehe

    ReplyDelete
  8. Waw bumil semangat nya kerenn... mudah2an saya ikutan ketularan semangatnya juga!

    ReplyDelete
  9. Seru yaa bawa anak-anak ke sini, permainannya banyak...

    ReplyDelete