Friday, October 21, 2016

Tips Tidak Kalap Belanja Saat Diskon

Sumber lihat.co.id

Berbelanja dan diskon adalah dua jenis godaan terbesar untuk ibu rumah tangga. Apalagi jika yang didiskon adalah benda yang sudah jadi incaran sejak lama, tetapi belum sempat dibeli karena harganya yang masih ‘galak’ di kantong. Makanya, pas waktu diskon tiba, maka ibu-ibu akan langsung menarik gas untuk pergi ke mall dan memborong. It’s blanja time!

Tapi walaupun berbelanja di musim diskon itu berarti dapat banyak potongan harga, tetap saja harus waspada dengan pengeluaran lho. Ingat pepatah “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”? nah, itulah yang akan terjadi dengan pengeluaran saat musim diskon telah datang. Belanja satu atau dua barang dengan harga diskon masih oke, masih hemat dan bujet jatah belanja aman, tetapi kalau sudah memborong satu etalase? Wah, sebaiknya harus dipikirkan ulang deh berbelanja di musim diskon.


Lalu solusinya gimana? Ingin tetap belanja hemat, tapi jangan sampai lapar mata dan membeli barang-barang yang tak bermanfaat. Yuk dicoba tips belanja saat diskon di bawah ini :

- Buat daftar belanja. Karena biasanya pada musim diskon semua jenis produk akan didiskon, maka sebaiknya susun daftar belanjaan saja, supaya tidak serampangan membeli barang. Pastikan kita hanya membeli barang-barang yang penting dan dibutuhkan.

- Bawa uang pas. Pastikan dari rumah kita sudah menjatah bujet belanja, misalnya hari ini akan belanja keperluan rumah tangga dengan bujet 500 ribu Rupiah, maka jangan bawa uang tunai lebih dari jumlah tersebut, sehingga secara otomatis kita akan menahan keinginan untuk belanja gila-gilaan karena mengingat jumlah uang yang pas di dompet.

- Bandingkan harga. Nah, yang satu ini harus dilakukan jika tempat yang sedang promo diskon lebih dari satu, sebab diskon bukan berarti semua harga di setiap tempat belanja dapat diskon yang sama, maka dengan membandingkan antara satu toko dengan toko yang lain maka kita bisa mendapatkan harga yang paling hemat, untung kan?

- Teliti sebelum membeli. Namanya barang diskonan alias obralan, semua stok di gudang dikeluarkan dan dipajang supaya bisa dibeli. Tak ada sortir kualitas produk untuk barang sale, maka kita yang punya tugas untuk menyeleksi barang yang akan dibeli.

- Belanja sesuai ukuran. Barang diskon yang paling diincar oleh kaum wanita adalah pakaian dan pakaian dalam. Apalagi jika underwear bermerk seperti Victoria’s Secret , saat ada diskon spesial pasti langsung dibawa pulang. Tapi jangan paksa membeli barang yang ukurannya tak sesuai dengan ukuran tubuh kita, harga diskon akan sia-sia jika barang yang dibeli itu terlalu kecil atau terlalu besar. Mubazir!

Nah, itulah dia tips belanja saat musim diskon tiba, sebaiknya siapkan daftar belanjaan dari sekarang sebab sebentar lagi Harbolnas  akan tiba! Hari belanja online nasional di akhir tahun nanti akan mempersembahkan pesta diskon gila-gilaan hingga 90% untuk semua produk yang dijual di seluruh e-commerce Indonesia. Brace yourself, pesta diskon di depan mata!

No comments:

Post a Comment