Tuesday, August 23, 2016

Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Ala Prita HW

Bismillah..

"Sebai-baik manusia adalah orang yang bermanfaat untuk sesama." -Hadist.


Dulu saya merasa heran, kenapa orang bisa begitu menyukai buku. Dulu saya pun heran, apa asyiknya buku hingga orang bela-belain nabung untuk buku favoritnya. Bukankah membaca buku bisa bikin kepala nyut-nyutan? 😅

Ehm, tapi itu dulu. Dulu sekali ketika saya SMP. Makanya otaknya bebal, wkwkwk *upss... Bagaimana tidak? Lha wong di kampung saya, yang ada hanya buku-buku pelajaran. Sorenya paling ngaji. Itu pun jika yang rajin. Tak ada penanaman cinta buku sedari dini. Ga macam era kekinian zaman sekarang, yang jauh lebih maju dalam hal positif maupun negatifnya.

Dan tak mau terulang menjadi orangtua yang buta ilmu, akhirnya saya memaksakan untuk rajin berkunjung ke perpusatakaan dan toko buku. Jujur sih dengan latar belakang saya, saya tumbuh menjadi orang yang tak suka baca. Bukan berarti saya menyalahkan pola asuh orangtua, namun lebih kepada proses perbaikan generasi *uhuks. 

Nah, berbicara soal buku, perpusatakaan, pustakawan. Saya memiliki kawan yang sungguh inspiring.

Kebermanfaatan ditentukan dari seberapa besar kontribusi seseorang untuk lingkungannya, kan?

Adalah Prita HW yang saya kenal baik tentangnya berkat buku Antologi kami berjudul Mengejar Mimpi. Beliau yang mempromotori atau penanggung jawab dari terbitnya buku ini.

Saya kagum dengannya bukan hanya karena tulisannya, lebih dari itu, ia telah membuktikan bahwa kemuslimannya terlihat dari kerja nyata untuk sesama.

Dengan latar belakang kegerahannya terhadap kondisi lingkungannya. Ia merasa resah melihat anak-anak di lingkungannya maen ga jelas juntrungannya. Rata-rata orangtuanya pekerja menengah ke bawah seperti buruh cuci, ART, jualan, dll. Sehingga mengakibatkan anaknya ga keurus.

Kecintaannya terhadap buku karena kebiasaan yang ditanamkan oleh Eyangnya. Neneknya pernah berkata bahw setiap informasi itu berharga. Selain itu, Mba Prita yang lulusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan di Unair gregetan melihat data minat baca yang rendah.

Akhirnya, ia membuat Insan Baca tahun 2007 dan Pondok Baca Bocah Rumah Susun Penjaringan Sari Surabaya di Tahun 2008.
Dan kini dipercaya untuk mengelola Rumah Baca Hostjokroaminoto di Jati Asih, Bekasi.



Kontribusinya dalam bidang pustaka telah mendapat penghargaan sebagai Pembaharu Sosial dalam SOCIAL AWARD Penggung Inspirasi 2012 Oleh Forum Lintas Pembaharu dan Dinas Sosial Surabaya.

Kereeen...

Pantas saja blog dan tulisannya enak dibaca. Mba Prita juga orangnya ceria dan asyik diajak ngobrol. Dunianya bener-bener penuh gairah. Membagi informasi tak pandang orang. Ketika bertemu mba Prita seolah bertemu kawan lama yang sudah lama tak bertemu. Rasanya berbunga-bunga *ini apa sih?* 😅

Saya dan Mba Prita yang penuh ceria 😄

Dan berikut merupakan Tips menumbuhkan minat baca pada anak Ala Prita HW : 

1. Contohkan keteladanan dari orangtua. Jadikan membaca sebagai habit dan bagian dari gaya hidup. 

2. Sebarkan buku dimana saja. Bisa di ruang tamu, ruang santai keluarga, kamar, dll. Jadikan buku sebagai sandingan Tv dan gadget.

3. Ciptakan aktivitas menarik utk merangsang minat baca. Kegiatan yang sumbernya dari bacaan. Seperti mainan, membuat handycraft, mencari tema dari buku dalam bentuk video di internet.

Karena buku adalah jendela dunia, jadi tak ada kata terlambat untuk mencintainya...

Nah, gimana Temans?
Mau konsultasi mengenai perpustakaan?
Langsung bisa kontak Mba Prita dibawah ini ya...

www.pritahw.com
prita.hw@gmail.com
Fb : Prita Hw
Twitter : @pritahw

5 comments:

  1. Tips yang bermanfaat. Makasih, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Tips yang bermanfaat. Makasih, Mbak.

    ReplyDelete
  3. hahaha mb Shineee, foto kita jadi juga yah *emangnya kamera roll film* .Mbak,bukan Jati Asih, aku di Setia Asih, Kab.Bekasi, hihihi.. Iya aku kl ketemu dirimu, udah ngerasa kenal lama ajaaaa..*adi kangen miyosi* loh apa hubungannya, hahaha

    ReplyDelete