Sunday, June 26, 2016

Blibli Friends MeetUp : Cooking And Video Blogging Workshop

Sebagai Ibu rumah tangga, mau tidak mau, suka tidak suka, kita dituntut untuk bisa memasak. Ya, meskipun memasak tidak lagi identik dengan perempuan namun faktanya Ibu harus mampu menyuguhkan hidangan enak dan bergizi untuk keluarga.

Untuk bisa menginspirasi dan berbagi tentu kita harus mau belajar lebih pada yg expert.

Pada 17 Juni 2016 kemaren, saya menghadiri acara Blibli.com Friends Meet Up yg berlokasi di Modena Experience, Kuningan. Acaranya bertema "Cooking and Video Blogging Workshop."
Bersama Para Blogger

Acara ini digelar sebagai ajang silaturahim yg bukan hanya ngumpul namun bersama, bareng-bareng menuju kebaikan. Tutur Mba Lina dari pihak Blibli.

Dari pihak Modena pun mengungkapkan bahwa Memasak bukan hanya sekedar masak namun juga mutu yg diperhatikan! Dan ini menjadi semacam reminder banget buat saya.
Salah satu tim kokikutv

Tak lama, workshop yg ditunggu-tunggu pun dimulai. Menghadirkan para expert dari KokikuTv. Kokikutv sendiri berdiri dari pasangan suami istri yg hobi sekali dengan masak-memasak. Awalnya hanya sekedar berbagi namun lama-lama kok menjadikan masak sebagai passion yg digeluti. Hingga lahirlah sebuah chanel bernama kokikutv.com. Yg merupakan program nge-hits masak memasak. Saya sendiri tahu kokikutv dari suami, ketika pulang dari kantor ia langsung mengasongkan Flashdisk ke saya. "Buka ya Ay, yg di folder 'untuk Shine'." Katanya sambil senyum merekah.

Tak sabar menunggu, saya pun bergegas membuka file dalam folder tersebut. Dan voila, yg ditemukan adalah kumpulan video kokikutv yg ia download. "Ahahaha, disuruh masak ini mah 😅" Teriak saya. 

"Ya, biar ada peningkatan." Pak suamipun langsung senyum-senyum merdeka.

Semenjak itulah saya suka mengakses chanel kokikutv. Dan Alhamdulillah diberi kesempatan oleh blibli untuk belajar langsung pada para master chef.

And here we gooo, Let's discover The Chef in You! 

Untuk berbagi dan menginspirasi, kita membutuhkan media! Media yg dipilih bisa berbagai macam, silahkan tentukan mediamu. Untuk Blogger bisa dengan Blog atapun Youtube. Kedua hal tersebut menjadi primadona dan menjadi pilihan kokikutv untuk berbagi.

Jika telah memiliki media, mari kita customize!

Alat Yang digunakan untuk nge-shoot bisa berbagai macam, diantaranya : 
1. Digi Camera
2. DSLR
3. Handphone

Serius, hp? Iya, jadi utuk kamu yg tidak memiliki digi camera atau DSLR jangan khawatir, bisa juga nge-shoot lewat handphone.. Namun, perhatikan memory-nya! Jika untuk investasi, bolehlah menyisihkan untuk membeli kamera canggih ituu..

Alat pelengkap juga perlu ni, terutama jika kita memasaknya sendiri dan men-shoot sendiri pula. Yaitu :

1. Tongsis
2. Tripod
3. Lazypod

Sudah siap nge-shoot, mulailah dengan memperhatikan hal-hal penting ini :
1. Lightening yg baik. Pencahayaan berefek pada tampilan video hasil yg kita shoot.
2. Storage ponsel yg cukup untuk shoot dan edit.
3. Hard disk dan USB untuk penyimpanan video yg sudah jadi.

Chef Lucki Beraksi

Setelah semuanya sudah siap, mari kits action!
Dan pada saat itu hadir Chef kondang kita Chef Lucki yg memasak Semur Daging.

Menurutnya sebuah opening untuk membuka video masak adalah dengan menyapa penonton atau memperlihatkan bumbu-bumbu terlebih dahulu. Metode manapun bisa dipakai asal terencana dengan baik.

Lalu jika memasak sendiri, sebaiknya gunakan pop up text atau caption. 

Dan ternyata dibalik pembuatan video memasak itu banyak tricky-nya lho. Bagaimana masakan terlihat mempesona padahal masih belum matang, misalnya. 

Tips Mendatangkan Subscriber atau follower : 
1. Thumbnail
2. Interactive
3. Quality
4. Quantity
5. Consistent

Kelima hal tersebut merupakan tips ampuh yg dilakukan kokikutv selama ini. Dimana kesemuanya itu sukses mengundang perhatian penonton.
This is it. Hasil kreasi semur daginh saya dan mba Fika
Selain itu, peralatan memasak juga penting lho. Saya tak henti-hentinya memandangi setiap item Modena Experience. Yg dimana kita boleh, berexperience trial error untuk melihat sebermutu apa kualitas yg disuguhkannya...

Pulang dari acara ini, saya langsung update status BBM bahwa "Kalau dapurnya kayak gini sih, sepertinya memasak jadi lebih semangat! Ehm, #kodekeras." Tulis saya dengan dilengkapi change DP berlatar Modena. Dan pak suamipu  berhasil terpancing dengan membalas : "aamii aamiin, insya Allah segera ya, Ay!" Hehe...

Doakan saya biar bisa #belanjakebaikan di Blibli.com yaa 😄. Yup, perkakas Modena tersedia di blibli.com, lho.

Memasak istimewa, memasak dengan Modena 😄

Practice Make Perfect. Dan berikut merupakan hasil kreasi video slide show selama acara. Menggunakan software editing, KineMaster, sesuai rekomendasi dari Para Expert.  Yuk, tonton!

video



1 comment:

  1. Aku naksir banget sama dapurnya... kalau punya dapur macam itu, betah banget ya di dapur. Semoga keinginan buat punya dapur cantik itu terwujud yaaa :)

    ReplyDelete