Thursday, February 25, 2016

Menjadi Dokter Di Rumah Sendiri #Part1

Bismillah...
 
Wueh judulnya :D, dokter-dokteran lebih tepatnya :D

Apa yg kita lakukan ketika sakit? Berobat? Ke Rumah sakit? Iyup, pada umumnya begitu.

Namun saya memiliki pengalaman yg menurut saya penting. Seberapa penting? Sepenting kesehatan menurut pandangan masing-masing :P

Setelah menikah, saya mengalami gaya hidup yg beda drastis. Pasalnya suami menganut paham herbal nabawi. Yaitu pengobatan berdasar pada sunah-sunah Rasul. Dari mulai makan yg diatur sampai obat-obatan yg kita konsumsi. Ia pastikan tak ada campur tangan kimiawi. Lantas bagaimana saya memulai hidup? Tersiksa? Tentu saja! :D

Jajan mie ayam ga boleh, bakso ga boleh, ciki ga bagus, mie instan apalagi. Padahal itu semua makanan sehari-hari saya ketika single dan jadi anak kosan.

Jadi bolehnya makan apa saja? Ya macam kurma, madu dan makanan-makanan alami lainnya seperti rebus-rebusan sayur, buah-buahan, dll. Derita bangeeet :D

Tapi it's oke, saya paham, suami ingin memberikan yg terbaik untuk kita. Ia selalu berdalih, Segala penyakit terdapat pada makanan dan lebah selalu memakan yg baik-baik,mencontoh kebaikan adalah keharusan.

Nah, dimanakah letak dokternya? Tunggu, sabar! :P 
Ada pada pengobatan. Kalau dulu, pusing dikit beli obat warung atau apotek.

Sekarang pakenya nyetok obat-obatan herbal.

Apa saja sih obat herbal yg penting dimiliki di Rumah?

Ini dia...

Stok di Rumah :)

1. Habbatusauda
 
Si Jintan hitam yg tersabda dari hadist Rasul. "Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”
 
Habbatusauda biasa saya pakai ketika kepala pusing, capek, badan rasanya berat *bantingtimbangan, dan segala macam penyakit berkenaan imunitas dan stamina tubuh. Jika pusing melanda (apalagi ketika mabok hamil) langsung saya telan 2 kapsul si jintan hitam ini sebelum tidur, Alhamdulillah tokcer sih. Perlu bukti? Buktikan sendiri saja yaa :P

2. Madu
Siapa yg tak kenal madu? Sari hasil lebah yg kegunaanya banyaak banget untuk kesehatan. Selintas, apa sih yg ga bakal lahir dari sebuah kebaikan selain kebaikan itu sendiri? Iyup, lebah ini kan hinggap pada bunga yg baik-baik,yg dikeluarkannya pun tentu menghasilkan kebaikan kan. Lantas apa saja kegunaan madu ini?
- Meningkatkan stamina tubuh
- Mengobati sariawan, panas dalam,bibir pecah-pecah dan sejenisnya
- Memperbaiki sistem pencernaan
- Mengobati ganguan pernafasan seperti bengek alias asma.
 
Nah biasanya suami membeli madu yg sudah paket komplit dengan bahan-bahan mujarab lainnya. Dan ini menjadi andalan obat bagi para krucil, apalagi Fathan yg sudah ngerti. Kalau merasa sakit pasti dia minta madu. "Mi, mau minum madu, kepala aa pusing ini.." hihi..
“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

3. Minyak Butbut (Herbal Jawi)
 
Butbut? Apaan tuh? Itu lho minyak yg berasal dari burung but-but. Entah burungnya seperti apa yg jelas sejarah mencatat dulu para tetua jika ada yg patah tulang dikasih minyak dari burung but-but ini dan ampuh, Alhamdulillah.

Sekarang ada inovasi baru, kita tak perlu repotlah ya cari-cari burung but-but, tinggal ke toko herbal, sebut saja Minyak Herbal Jawi, beres deh. Ini minyak beneran mujarab (atas izin Allah),minyak andalan banget. Ketika pegel-pegel oleskan saja minyak ini, memang ga kerasa anget atau rasa-rasa lainnya tapi efeknya beuh seketika si pegel langsung minggat. Dan minyak butbut pun sering saya gunakan untuk krucil ketika kejedot, jatoh berdarah, atau hal-hal berbau tulang, mesti saya oleskan minyak ini. Cepet kempesnya ketika benjol dan cepet keringnya ketika berdarah. Eh iya ketika masuk angin pun saya biasa mengoleskan ini pada anak-anak. Dahsyat emang, rekomended banget deh! *saya ga dibayar lho :P

4. Minyak Zaitun
 
Nah kalau ini pasti semua sudah pada tahu. Selain untuk diurut/pijat, untuk kecantikan juga bisa lho. Biar apa? Biar kinclong, wkwkwk, iyalah namanya minyak jika dioleskan ke muka pasti kinclong kan? :D :P. Ga gitu juga sih, ya kalau saya biasa untuk kaki yg suka pecah belah,lantas rapat lagi gitu? ya mendinganlah daripada retak :P

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 11]

5. Propolis
 
Obat ampuh untuk segala penyakit luar ataupun dalam. Mengobati korengan, sariawan, demam, ketika cacarpun saya menggunakan ini lho, cepet sembuhnya, Alhamdulillah. Banyak banget sih kegunaannya. Usut punya usut, katanya propolis ini dihasilkan dari (entah ludah entah lidah) lebah. Ya panteslah ya walaupun kecil harganya mahal. Selain susah ngambilin lidah lebah,khasiatnya pun teruji pake banget. Cukup setetes dan rasakan khasiatnya..

6. Kurma
 
Kalau ini sih, obat lapar, ahaha... Gimana ga, makan 3 saja sudah kenyang, yakin Shine? Emmm *mikir. Pernah tahu kan tentang cerita Maryam yg hendak melahirkan Nabi Isa? 

"Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu” [QS.Maryam: 25]

Betapa kandungannya memberika energi yg sangat kuat untuk seorang wanita dititik puncak kepayahan sekalipun. Nah, bagi yg sedang hamil dan yg akan lahiran sepertinya ini makanan wajib deh untuk kamu, apalagi yg sedang puasa, beuh recharge banget deh :)

Bagimana? Semoga pengalaman ini ada manfaatnya ya.

Dan dari kesemua obat-obatan ini, menganut asas halal, herbal dan alami yg artinya bisa dikonsumsi untuk siapa saja tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping.

Sekian, lanjut di #part2 ya,insya Allah :)

10 comments:

  1. Keluarga saya paling sering mengonsumsi yang nomor 1. Habbatussauda.. Manjur obatnya dan sudah terbukti.

    ReplyDelete
  2. alami banget itu mbak shine.
    aku juga suka madu, hehheee
    propolis pernah dikonsumsi ma'e hehee
    habbatus sauda juga , hhee
    mkasih utk sharingnya ya mbak :D

    ReplyDelete
  3. serius neee? makan daging tahu tempe enggak gituu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga segitu lebaynyalah mba, ahaha...
      masih masih kok.. tempe tahu mah tiap hari malah :D :P

      Delete
  4. yakiinn gak dibayar?? eehh malah dirimu yaah yg bayar :D

    Mama jg minum itu si Jintan hitam,, saya jg dulu pernah minum, pernah pake butbut itu juga. Fathan pintar yaahh, udah ngerti minta madu ;)

    sehat slalu yaahh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyaa ibu2 yak, masalah bayar2 membayar :D

      iya kan udah 3 tahun tante, aamiin, doa yg sama untuk tante sekeluarga :*

      Delete
  5. Yang pasti, di rumah selalu sedia kurma. Lainnya gak ada :D

    ReplyDelete