@copy right : Shine Fikri. Powered by Blogger.

All About Deface

Deface/Defacing atau cyber grafity adalah aktifitas merubah tampilan suatu halaman web dengan kalimat, gambar atau pranala tertentu yang tidak ada sangkut pautnya dengan misi web tersebut. Biasanya Hacker men-deface suatu halaman web dengan maksud supaya eksistensinya diketahui oleh khalayak ramai.

Dari penjelasan singkat diatas dapat kita simpulkan bahwa website adalah satu-satunya target aktivitas deface. dan jika dikaitkan dengan salah satu fungsi sebuah website yaitu sebagai penyedia informasi di internet, maka aktifitas ini dapat menimbulkan kesalahan pada tujuan informasi yang mrnjadi misi suatu website yang menjadi korban deface. untuk itu, pengetahuan tentang deface dan sedikit tips penanggulangannya akan saya jelaskan dibawah ini.

Pertama-tama kita bahas sedikit bagaimana cara seorang hacker melakukan deface,

DEFACE HALAMAN WEB DENGAN MENGGUNAKAN
WEB FOLDER

Mungkin anda pernah dengar atau pernah mengunjungi suatu web yang terkena deface
seperti :
www.bandaaceh.go.id
www.pertamina.co.id
www.transtv.co.id
www.setkab.go.id
www.pom.go.id
www.usni.ac.id

Ternyata apabila kita perhatikan target target tersebut dengan seksama , para target
mempunyai kesamaan yaitu server web tersebut berjalan di Operating System Windows
2000 dan servernya adalah IIS 5.0/6.0.
Mungkin anda beranggapan bahwa deface server server web tersebut adalah hal yang
susah dan perlu waktu yang lama untuk menyusup ke server tersebut , ternyata hal
tersebut adalah mudah semudah copy dan paste , silahkan ikuti langkah langkah berikut ,
dalam hal ini penulis menggunakan contoh penggunaan web folder pada Windows 98

1. Buatlah suatu halaman web seperti dibawah ini atau terserah anda dengan
menggunakan tool/software terserah anda seperti Frontpage , Macromedia , Note
pad dan lain lain




2. Beri nama halaman web tersebut dengan index.html / index.asp / default.html /
default.asp atau nama lain tergantung nama file halaman pertama suatu web
terbuka atau nama terserah anda apabila hanya mau menyimpan file tersebut di
suatu web

3. Buka My computer pada desktop dan lihat icon web folder

4. Klik 2 kali pada icon web folder tersebut

5. klik 2 kali pada icon add web folder

6. Isikan URL target di popup yang muncul misalkan target kita adalah
www.pertamina.co.id maka isikan URL tersebut

7. klik next lalu finish

8. Klik 2 kali pada folder yang terbentuk dan anda akan melihat isi folder tersebut
dengan file file yang akan tampil pada halaman web apabila kita mengunjungi
web tersebut

9. rubah nama file pembuka web tersebut (biasanya nama file index.html atau
index.asp) dengan nama file lain seperti index_old.asp atau terserah anda ,
biasakan hal ini anda lakukan karena kita tidak bermaksud untuk merusak isi web
milik orang lain , hanya mengingatkan.

10. Copy dan paste-kan halaman web yang anda buat tadi di folder web folder yang
telah kita buat

11. Save di komputer anda.

12. Proses Deface selesai.defacer bisa mengobok-obok isi server.
Tapi tidak adil kiranya jika hanya sharing tentang teknik deface web. Maka untuk pengelola situs harus waspada, karena deface bisa jadi bencana yang sangat merepotkan. Pekerjaan menata ulang dan memperbaiki bagian yang rusak, bukan pekerjaan yang mudah. Karena itu sebelum situs anda digerayangi seyogyanya melakukan langkah-langkah preventif sebagai berikut :
1. Rutin melakukan update, upgrade dan patch pada sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang dipakai.
2. Memeriksa ulang dan memperbaiki konfigurasi pada sistem operasi, web server dan aplikasi lainnya.
3. Menganalisa kembali service-service yang aktif, matikan jika tidak perlu.
4. Mengatur jadwal untuk melakukan backup data penting, file konfigurasi sistem, database, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi deface, anda tinggal menggunakan data backup.
5. Melindungi server dengan firewall dan IDS. Kedua tools ini ampuh untuk mengatasi serangan denial of service(DoS) attack.
6. Selalu memperhatikan hal-hal yang mencurigakan pada server, baca log system operasi, log web server ataupun log aplikasi.
7. Melakukan vulnerability scanning secara rutin, juga melakukan private security test.
Demikian beberapa trik, baik melakukan deface (meskipun tak secara detail/teknis) maupun menangkal deface. Semoga website anda aman dari serangan para hacker






Beberapa hal yang membuat website/blog yang kita kelolah bisa dideface
  • Penggunaan free CMS dan opensource tanpa adanya modification. Keseluruhan konfigurasi menggunakan default konfigurasi, akan memudahkan para defacer untuk menemukan informasi file, directory, source, database, user, connection, dsb. Bagi para blogger apalagi yang masih nubie (seperti saya) melakukan modifikasi konfigurasi engine blog bukanlah merupakan hal yang mudah. Namun tak ada salahnya kita meluangkan waktu mencari berbagai pedoman dan mungkin bisa juga dengan melakukan instalasi plugin untuk kemanan wordpress seperti wp firewall, login lock down, stealth login, dan plugin lainnya untuk keamanan blog.
  • Tidak updatenya source atau tidak menggunakan versi terakhir dari CMS. Hal ini sangat rentan, karena security issue terus berkembang seiring masuknya laporan dan bugtrack terhadap source, kebanyakan hal inilah yang menjadi sebab website mudah dideface. Oleh karena hal ini maka beberapa saat yang lalu saya memutuskan untuk melakukan upgrade pada blog ini.
  • Tidak pernah ada research yang mendalam dan detail mengenai CMS sebelum digunakan & di implementasikan. Sehingga pemahaman dan pengetahuan dari webmaster hanya dari sisi administrasinya saja, tidak sampai ke level pemahaman sourcecode.
  • Tidak adanya audit trail atau log yang memberikan informasi lengkap mengenai penambahan, pengurangan, perubahan yang terjadi di website baik source, file, directory, dsb. Sehingga kesulitan untuk menemukan, memperbaiki dan menghapus backdoor yang sudah masuk di website.
  • Jarang melakukan pengecekan terhadap security update, jarang mengunjungi dan mengikuti perkembangan yang ada di situs-situs security jagad maya. Sehingga website sudah keduluan di deface oleh defacer sebelum dilakukan update dan patch oleh webmaster.
  • Kurangnya security awareness dari masing-masing personel webmaster & administrator. Sehingga kewaspadaan terhadap celah-celah keamanan cukup minim, kadangkala setelah website terinstall dibiarkan begitu saja. Kurangnya training dan kesadaran akan keamanan website seperti ini akan menjadikan website layaknya sebuah istana yang tak punya benteng.
Untuk menangulangi hal ini, maka sebagai administrator website/blog hendaknya juga kita mengikuti memperhatikan hal-hal berikut ini :
  • Wajib untuk mengikuti perkembangan source dari source website yang digunakan, backuplah website dan database sebelum dilakukan update. Beberapa saat yang lalu ketika melakukan update ke engine terbaru saya tidak membackup website dan database padahal ada beberapa script yang saya pasang. Butul orang bilang, manyasala itu pasti muncul kablakang (manado mode ON)
  • Kebanyakan defacer telah memasang backdoor ketika telah berhasil melakukan deface website, hal ini dimungkinkan agar dapat melakukan deface ulang terhadap website. Wajib untuk memeriksa perubahan folder, file, database dan source terakhir dari website.
  • Pelajarilah lebih dalam mengenai dasar-dasar hacking dan antisipasinya (RFI, LFI, CSRF, SQL Injection, XSS, Exploit, Dsb) karena artikel ini sudah banyak bertebaran di Internet. Semakin banyak tahu & mengerti tentang sebuah kelemahan website dari dasar-dasar hacking, maka akan semakin banyak tahu pula bagaimana cara mengatasinya.
  • Sering-seringlah berdiskusi di forum dan milist yang berkaitan dengan perangkat serta aplikasi yang mensupport website anda, baik dari sisi operating system, tempat hosting, bugtrack milist, developer milist, dsb. Hal ini bertujuan agar informasi vulnerability dapat dipatch lebih cepat sebelum defacer beraksi. Forum jasakom yang merupakan “markasnya para hacker di Indonesia” adalah salah satu tempat saya mencari informasi mengenai dunia hacking
  • Hardening website dan source wajib dilakukan, misalkan jangan menggunakan “default configuration”, aturlah sedemikian rupa “configuration website” dengan memperhatikan: permission, access level, indexing, database connection, database configuration, password dan user management.
  • Gunakanlah tambahan plugin / component yang tepat, sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kegiatan defacing dari thirdparty. Pastikan hasil review & ranking plugin bereputasi baik dan sudah di verified oleh penyedia CMS yang bersangkutan.
  • Lakukanlah penetration testing terhadap website, baik secara lokal maupun langsung di website. Banyak tools penetration testing yang bisa digunakan: Nexus, Acunetix, dsb. Tapi yang paling bagus dan lebih cepat adalah, copy source dan database website, Install di local computer, kemudian lakukanlah penetration testing. Updatelah website bila ditemukan vulnerability.
  • Backdoor, baik (php, asp, perl, phyton) dikenali dengan baik oleh beberapa Antivirus, ada bisa cleaning dengan melakukan scanning terhadap source website secara local. Apabila tidak dikenali, terpaksa anda harus mencari secara manual.
Jika website yang bro kelolah sudah dideface, langkah-langkah berikut ini mungkin bisa membantu
  • Download source & database yang ada di website untuk backup. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila langkah yang kita lakukan gagal, tetapi apabila konfigurasi & file benar dan lengkap dijamin 100% berhasil, terkecuali ada sesuatu yang terlewatkan.
  • Download source CMS versi terbaru dari website penyedia CMS, misalkan: www.drupal.org, www.joomla.org, www.wordpress.org, dsb.
  • Lakukanlah perbaikan database secara lokal, berjaga-jaga apabila backdoor ada di database. Biasanya didalam database ada access user tidak dikenal yang akses levelnya sama dengan Administrator.
  • Install CMS yang tadi sudah di download di web hosting. Kemudian lakukanlah konfigurasi: database, file permission, directory permission. Jangan menggunakan default configuration, modifikasilah konfigurasi-konfigurasi yang ada agar lebih powerfull.
  • Kemudian instalasi component: Themes, Plugin, Component, dsb. Gunakanlah yang paling update, atau source baru dari komponen yang akan di Install (Fresh Install Component).
  • Kemudian update database, dengan login ke Database Control Panel (phpMyAdmin, DB Admin, cPanel Database, dsb). Setelah anda melakukan login, maka importlah database.
  • Gantilah username Administrator & Password menggunakan nama yang lebih Unik, jangan menggunakan user (admin, administrator, adm1n, dsb) gunakanlah yang lebih powerful dan susah untuk di tebak untuk menghindari bruteforce, gunakanlah alias untuk menampilkan username administrator di web content.

1. Dari sisi Server , pastikan PHP version dan sql nya adalah last dan stable..
2. Dari sisi coding, pastikan module/component yg digunakan baik buatan sendiri di penetration tester dahulu.
3. Sedikit lebih aman kalau dibangun sendiri dari nol, kalau menggunakan PHP CMS ya rajin2 review
4. Pakai HTML

Untuk pembelajaran silahkan anda cari web site yang masih vurn dengan menggunakan
google searching ketikan keyword dengan kunci “allinurl:*.asp” atau apabila mau
mencari situs pemerintah ketikan keyword “web: .go.id”

Dari Berbagai Sumber

12.5F.04
Nama Kelompok :

  1. Nuraeni (18094800)
  2. Muhammad Taufik (18094781)
  3. Imam (18094845)
  4. Heri Purnomo (18094802)
  5. Hadhi Nugroho (18094839)
  6. Daniel Yuditama (18094834)
  7. Dwi Wala (18094826)
  8. Melisa Arfiani (18094824)
  9. Iis Afriani (18094821)
  10. Monalisa Tambunan (18094819)

5 comments