Tuesday, November 15, 2011

Lelaki Pecinta Bulan

Bismillah...



Muhammad Penggenggam Hujan! Itulah awal yang terbuncah dipikiranku, ketika aku menemukan blog Man and The Moon Mas Kahfi… Siapa dia? Tentu baru-baru ini ku kenal. Ok, mungkin lancang bagiku ketika harus mendeskripsikan biodata orang yang aku sendiri baru mengenalnya satu dua hari ini. 

Dan entahlah, kenapa ada pikiran yang menyeretku untuk langsung teringat pada buku Muhammad Penggenggam Hujan. Emmm, mungkin karena background blog-nya yang persis seperti cover buku Muhammad Penggenggam Hujan nya Tasaro GK? Ya, mungkin… karenanya, kesan pertama begitu menggoda bagiku. Selanjutnya? Ketagihan untuk membaca postingan-postingan mas Kahfi ini. Subhanallah ya jika dibandingkan dengan blogku rasa-rasanya seperti 1 berbanding 100. Mas kahfi dengan piawainya menuliskan tentang alam dan kehidupan, tidak seperti blogku yang isinya tentang curcolan, huhu… Denting hatiku ketika membaca postingan demi postingan yang kau punyai, mas Kahfi.

Al-Kahfi. Namamu mengingatkan ku pada Ashabul Kahfi. 7 pemuda beriman serta anjing yang dijanjikan syurga. Yang tercatat dalam sejarah, melarikan diri kedalam gua demi menyelamatkan iman,. tattazala qudratullah... 'ala fityatimin ashabul kahfi.. Laysa fil kawni muhalun 'alaiyh... idza aamanaa wattaqayna… Izinkan aku bernyanyi ya…

Disangka tidur hanya sehari
Rupanya 309 tahun
Zaman bertukar beberapa kurun
Di bumi bersejarah Urdhu

Begitulah kuasa Ilahi
Kepada ashabhul kahfi
Tiada mustahil di dunia ini
Jika kita beriman dan bertakwa

Lengkapnya bisa dilihat disini

Terinspirasi dari Ashabul Kahfi ya Mas namanya? Jika mereka melarikan diri ke dalam gua untuk menyelamatkan iman. Kalau mas Kahfi mungkin melarikan diri kedalam gua bernama blog Man and the moon, ckckck… Bukankah mas sering bilang jika apa yang ada dipikiran tak terbuncahkan maka rasanya otak hendak meledak? Begitu kan? Hehe…

Aku suka awan dan pecinta langit. Dan tak ada alasan bagiku untuk tak jatuh cinta. Pada terik matahari yg bersinar gagah, pada siraman warna di langit senja, pada malam yang disetiap malamnya selalu ku gunakan untuk mengintip bulan dan bintang bercengkrama. Ah, betapa indahnya. Karena semua akan menunjukan sebuah konklusi : Tuhan itu ada dengan segala keajaiban-Nya. 

Katanya nama asli mas ini Amri ya? Lulusan arsitektur dan kini berkecimpung di bidang itu? Aku juga suka arsitektur meski aku bukan kuliah dibidang itu. Aku lihat design-design yang mas rancang bagus-bagus ya? Dan minimalis. Menunjukkan betapa sederhananya orang yang merancangnya. Menggunakan auto cad ya pasti? Ehm, ujung-ujungnya pengen minta diajarin, hehe… Becanda ya mas.

Pernah baca buku Diorama Sepasang Al-Banna nya mba Ari Nur, mas? Nah, pertama kali aku suka dunia arsitek ketika membaca buku itu. Dan ketika melihat postingan mas yang berisi design-design mas, aku jadi semakin suka. Bukankah prinsip arsitektur itu membangun ya mas? Bukan memusnahkan? Setuju ga dengan pendapat ini? Make a wish : semoga jadi arsitektur yang sholeh ya mas (senyuuum)

Aku baca postingan mas yg label tentang Aku. Disana menunjukan bahwa mas kahfi ini orangnya mellow ya? Meskipun memiliki tampang sangar, ckckck… Ga denk bukan sangar tapi maskulin, ehm… Jadi cowok jangan cemen! Gitu kan kata teman mas itu? Bukan hanya cowok yg ga boleh cemen, cewek juga ga boleh cemen dunk, terutama aku yang mengaku sebagai perempuan. 

Postingan yang aku suka? Hampir semua sih. Tapi yang teristimewa dihatiku adalah postingan berjudul, tadaaa Kecoa yang Malang. Heh? Kenapa kecoa yang malang? Iya, karena dari postingan mas Kahfi itu aku belajar suatu hal yaitu tentang perspektif! Yang sering kali kita kaku terhadap pandangan pada umumnya. Tidak melihat sisi positif dari apa yang nampaknya negative. Dan aku juga baru tahu, kalau kecoa itu ternyata memiliki mesin pembersih. Subhanallah, benarlah apa yang difirmakan Allah bahwa : 

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yg berakal, yaitu orang-orang yg mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Wahai Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”" (QS. Al-Imran : 190-191)

Tidak ada yang sia-sia yang Allah ciptakan dimuka bumi ini. Ya, serangga sekalipun layaknya kecoa yang sering kita remehkan dan bahkan berusaha membasminya habis-habisan karena kesan negative pada umumnya. bukankah orang bodoh itu adalah orang yang tak mau mengubah prinsipnya setelah ia tahu bahwa prinsip-nya itu salah? Nah, aku belajar dari situ. Aku ternganga-nganga, membenarkan apa yang mas posting, mengangguk-angguk bahkan alam bawah sadarku meloncat-loncat kegirangan membaca kebenaran itu. Dari sanalah aku belajar membenahi perspektif yang selama ini sering menjudge apa yg nampak. 

“… Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216)

Lagi-lagi aku mendapatkan pelajaran atas kesimpulan postingan mas itu adalah berprasangka baiklah dan Don’t judge everything from the cover. 

***
Postingan ini diikut sertakan dalam Give away Al kahfi (Man and the moon)
Wallahu'alam... Jika ada yg salah maaf yo mas, kan kita baru berteman beberapa hari, ampuuun mas, aku jangan digimana-gimanain, huhu... hiiikssss T.T

20 comments:

  1. Wah saingan kita. *micingin mata*

    Wahhh itu kok di tulisannya adaaaa... ga jadi ah lalalala~

    Semoga menang yaaa...

    ReplyDelete
  2. Apa sih Undeeeem? ada apaaaaa???

    Yaeyalaaah, bukannya dari dulu kita juga saingan, ahahaha :P

    ReplyDelete
  3. hayoo ada maksudnya ada apa toh ,:) oh ya mbak shine ini desainer juga kah,, desainer interior kah atau desainer apa nih,,penasaran.com juga,,,oh ya trims yo mbak sdh ikutan di jam2 terakhir,,hehe gak nyangka loh,,di jam terakhir setelah mas cek2 eh ada ..mbak shine,,:)

    ReplyDelete
  4. Ehm, apa ya? RA-HA-SI-A *Pake logatnya Syahrini, ckckck*

    aku basicly bukan designer mas, cuma suka z jadi komentator,ckckck... Soalnya novel yg aku ceritain diatas, novel ngarsitektur gt dech mas :)

    iya, Alhamdulillah... untung ga telat coz walaupun ga yakin bakal menang, setidaknya udah mengenal mas adalah suatu kebahagiaan tersendiri buatku, ckckck :D

    ReplyDelete
  5. wah saingan... *ikut micingin mata

    :P :P

    tulisannya bagus Shine :)

    ReplyDelete
  6. micingin mata juga dech klo gitu ~_^
    kenapa sih kalian bersekongkol mempermainkan perasaanku? :D

    Bagus? ah yg beneeer? Alhamdulillah dech klo gitu...

    ReplyDelete
  7. kalo kamu gak menang, si pecinta bulan bakal tak jitak. hahaha..soalnya bagussssss. aku menjagokan kamu juga nih. banyak yg bagus lho. jadi minder deh gue. hiks....

    ReplyDelete
  8. cieee 'mengenal mas adalah kebahagiaan tersendiri; eheem..ehemm..tuing tuing kedap kedip melet melet. hahaha...

    btw, centilnya itu gaya bahasanya itu lho kalo nulis. kayaknya ceriwis, centil, rame, nano nano deh..hehehee

    ReplyDelete
  9. ya ampyuuun, SE-SU-A-TU bangeeet mba faniii bilang gitu, ckckck...

    mas kahfiii niiiih dengerin apa kata mba faniii tuuuh :P *ahahaha, ngarep*

    eh mba fani jgn bikin gosiiip, ga usah pake cie2, tar ada the moon-nya z aku yg rempong mba, huhu...

    nano2? rame rasanya duuunk ya mba? ahaha, asyeeek rame euy, makasih2 *jadi terhura*

    ReplyDelete
  10. kalau mau kenal lebih dalam al - kafhi bisa tuh kapan2 ketemuan,buat lebih lengkap nyusun give away'a,heheheh

    ReplyDelete
  11. Good idea :D

    Hayuuuk, kapan mau pada kopdar???bolehlah diajak, asal jangan jauh2 yaaa, skitaran jakarta z :P

    ReplyDelete
  12. hayoo saya dengerin sambil intip2 loh,,hehe:)

    ReplyDelete
  13. kalao kopdar di jakarta mas bisa nih ikutan nimbrung,,:)

    ReplyDelete
  14. wuaaah, mas andiii, ada orangnya tuuuh datang... hayuuuk kita ngumpeeet maaas, ahahaha :P

    iya mas kahfi hayoook, kapan mau ngadain kopdar di Jakarta? aku jg mau ikutlaaah, klo masih sekitaran Jakarta mah, ckckck ;)

    ReplyDelete
  15. momen liburan panjang kali ya,, menjelang thn baru,, :) insyaallah,, gak janji dgn pasti ya,,

    ReplyDelete
  16. man and the moon tu buku ttg apa ya?

    ReplyDelete
  17. ahahahaha.. bukan bukuuu mba, tapi situs, klik z dech link-nya yg warna biru... nanti mba akan tahu, cekidot ya ;)

    ReplyDelete
  18. kamu sudah pernah baca bukunya tasaro yg itu? ah aku pengeeen tapi gak pernah ketemu rasanya

    ReplyDelete
  19. udah mba, Alhamdulillah... aku punya bukunya mba.

    Banyak kok mba di Gramed. Klo ga di toko buku gunung agung atau mizzan gt dech :)

    ReplyDelete
  20. Memandang lazuardi kala malam atau menatap laut biru yang menghampar adalah 'wisata' hati tersendiri.... Saat saya masih sekolah duluuu, kalau malam sering menikmati pemandangan langit yang berhias bntang dan awan-awan bak salju. Pernah pula sekali menyaksikan gerhana bulan dari start awal hingga kembali penuh...Lhoh kok malah curhat di sini ya. Oke, salam kenal dan congrats...POstinganya layak masuk nominasi *tunjuk jidat jadi juri*..

    ReplyDelete