Thursday, November 3, 2011

Kalsium


Akhir-akhir ini badan ngilu dan kaki sering keseleo. Apakah benar terlalu banyak aktivitas bisa mengakibatkan anggota badan kita lumpuh? ah, justru aku berpikir sebaliknya. 

Apatah lagi, aktivitas keseharianku kerja dan kuliah yang benar-benar menguras energi. Aku sering berlari menaiki tangga-tangga kampus yang tingginya naudzubillah (ya, karena sering terlambat).
Dan banyak temanku sering mengataiku "Ya ampun Shine, kamu baterenya full banget, ga ada matinya!" Sambil geleng-geleng kepala, menatapku heran! 
 
"Iya, dia pake batere alkalin kali ya?"

"Bukan alkalin lagi tapi energizer!" 

Hmmm, emangnya aku robot apa yang pake batere? huhu...

Akhirnya ketika aku beristirahat untuk tertidur, tulang-tulangku berasa geser dan nyut-nyutan disekujur tubuh. 

"Hati-hati lho, nanti kamu esteophorosis."

Wuih, Naudzubillah... Jangan sampai dech.
Dan ketika aku menanyakan pada ahli keperawatan, katanya yang penting rajin-rajin ajah minum susu... Ehm, itu jawaban yang aku suka... 

InsyaAllah mulai dari sekarang, aku ga akan alfa setiap hari minum susu. Susu baik lho untuk tulang, tinggal lihat kadar gizinya saja, pasti terdapat nilai kandungan kalsium kan? Nah yang kadar kalsiumnya tinggi yang harus dipilih untuk kekuatan tulang dan gigi... 

Biasanya aku minum susu dancow, karena bosen, akhirnya aku berpindah pada milo...

Hayooo, jangan takut dicap "bocah!" Tubuh kita perlu lho untuk asupan gizi yang ada pada susu...

Yuk ah, biasakan minum susu tiap hari! :P

Fakta :
"Kalsium merupakan mineral yang memiliki peran sangat penting dalam tubuh. Begitu pentingnya kalsium sehingga jika tidak dikonsumsi dalam dosis yang cukup, fungsi tubuh bisa terganggu.

Selain fungsi utamanya untuk membangun dan mempertahankan kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga berguna untuk membantu mengatur detak jantung, pertumbuhan otot, membantu transmisi impuls, serta mempertahankan penyerapan zat-zat gizi ke tulang dan gigi.

Menurut dr.Elida Ilyas, Sp.RM, kebutuhan kalsium orang dewasa setidaknya 1.000 miligram per hari. Kebutuhan kaslium makin meningkat pada wanita hamil dan menyusui dan orang lanjut usia, yakni sebesar 1.200 mg/hari."

4 comments:

  1. Aku bermasalah sama tulang mbak tapi gak pernah minum susu, lalalala~ soalnya perutku gak kuat susu x_x

    ReplyDelete
  2. Dasaaar mbandel :P
    Kok ada ya orang kayak dirimu? ga kuat minum susu? aneh aku! ahahahaha :P

    ReplyDelete
  3. mesti banyak olahraga juga dan sering kena sinar matahari pagi.

    ReplyDelete
  4. wah, itu dia mba aku jarang banget olahraga, klo matahari pagi, tiap hari, hehe... mungkin iya x ya mba kurang olahraga, hmmm...

    ReplyDelete